Kegiatan Seru Di Rumah Aja Menyambut Lebaran Bersama Keluarga

14 MAY 2020 11:52 RAMADAN 205 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Kegiatan Seru Di Rumah Aja Menyambut Lebaran Bersama Keluarga | TopKarir.com

Mendekati Idul Fitri 1441 H pandemi corona belum juga reda, kasusnya di Indonesia terus bertambah. Namun kewajiban ibadah puasa Ramadan bagi umat Muslim tetap berjalan dengan lancar meski harus membatasi diri untuk tidak keluar rumah dan ibadah berjamaah.

 

Suasana Ramadan tahun ini memang berbeda, nggak ada acara buka bersama, nggak ada acara kajian, kegiatan Nuzulul Quran, tarawih berjamaah, itikaf di masjid, bahkan jika pandemi ini masih merajalela, shalat Idul Fitri tahun ini bisa ditiadakan. Pastinya kamu merindukan suasana Ramadan dan lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya, apalagi mudik juga sudah dilarang Pemerintah, mau nggak mau kita harus bertahan di rumah dan menunda mudik ke kampung halaman sampai keadaan benar-benar aman.

 

Untuk mengusir rasa bosan sekaligus menambah pahala puasa, banyak lho kegiatan yang bisa dilakukan bareng keluarga. Berikut kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bersama untuk mempersiapkan hari lebaran, yuk disimak.

 

Tadarus Al-Quran bersama keluarga

Ramadan di tengah pandemi bisa jadi kesempatan berkumpul bareng keluarga di rumah. Tadarus bisa dilakukan bersama semua anggota keluarga, bukan hanya membaca saja tapi juga memahami dan mempelajari Al-Quran bersama-sama. Dilansir INews, Cendekiawan Muslim, Quraish Shihab mencontohkan zaman dahulu sahabat Nabi Muhammad SAW berkumpul dan berdiskusi serta tadarus sampai memahami isi kandungan ayat Al-Quran. Menurutnya para sahabat tak membahas ayat lain sebelum paham betul. Menurutnya hal tersebut jauh lebih baik daripada sekadar membaca dan menamatkan Al-Quran di masjid

 

Membuat kue dan camilan khas lebaran

Kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama dengan anggota keluarga di rumah lainnya adalah membuat kue dan camilan lebaran. Selain bisa dikonsumsi untuk keluarga sendiri dan dibagikan untuk saudara, kue / camilan lebaran yang kamu buat bisa jadi bisnis yang menguntungkan lho.

 

Berbagi makanan dengan tetangga

Berbagi di bulan Ramadan adalah kegiatan yang punya banyak manfaat dan pahala. Apalagi saat kondisi krisis seperti sekarang ini dimana semua orang sedang mengalami kesulitan. Jika punya rezeki dan bisa menghidangkan makanan lebih, bagikan untuk tetangga di sekitar rumah.

 

Bahkan menurut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dikutip dari laman Sonora.id kebiasaan saling memberi, berbagi makanan antar tetangga adalah modal kekuatan sosial kita yang bisa menjadi senjata ampuh untuk survive dari situasi sulit seperti ini.

 

Menyapa sanak saudara

Terpisah jarak akibat corona, membuat kita tak dapat bertemu saat Idul Fitri. Hal tersebut pasti membuat sebagian orang sedih, apalagi buat mereka yang tinggal sendirian dan harus merayakan Idul Fitri tanpa sanak saudara di dekatnya.

 

Tetapi, beruntunglah kita hidup di zaman teknologi yang canggih seperti saat ini, kalian bisa melakukan video call bersama keluarga yang jauh demi melepas rindu menjelang dan saat Idul Fitri. Tentu hal ini sangat baik dilakukan demi menjaga silaturahmi sekaligus menjaga kesehatan kita dan keluarga di kampung agar terhindar dari infeksi virus.

 

Mendekor rumah

Kegiatan lainnya adalah mendekor rumah, biasanya menjelang Ramadan. Banyak orang yang mengecat ulang rumahnya untuk menyambut datangnya hari fitri sekaligus menyambut kedatangan tamu dan saudara. Walaupun Ramadan tahun ini nggak akan banyak saudara dan rekan yang berkunjung, nggak ada salahnya mendekor ulang rumah agar terlihat baru dan nggak membosankan apalagi sudah berdiam diri lama di rumah. Suasana rumah yang baru bisa memberi semangat kamu dan keluarga untuk menjalani kehidupan lebih baik lagi kedepannya.

 

Itu tadi 5 rekomendasi kegiatan di rumah aja bareng keluarga untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.