KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Kegiatan Positif untuk Mengusir Gabut Selama di Rumah

24 Maret 2021 20:03 25321 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Selama social distancing kita diharuskan berdiam diri di rumah dan membatasi aktifitas di luar dan bertemu banyak orang. Tapi nggak bisa dipungkiri, rasa gabut atau bosan semakin hari nggak tertahankan. Dikutip laman Bisnis.com Sheryl penulis Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara mengatakan dampak negatif dari social distance diantaranya memicu stress pada diri sendiri, membuat diri merasa terisolasi dari lingkungan sosial, merasa kesepian, atau bahkan kehilangan motivasi bekerja. Oleh sebab itu itu, penting bagi kita untuk mencari aktivitas positif. 

 

Gimana ya biar hari-hari bisa terus berwarna seklaigus produktif meski cuma di rumah aja? Berikut TopKarir bagi referensi kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengusir gabut selama di rumah.

 

Menjaga badan tetap fit dengan berolahraga

Kalau hari biasa kesibukan kerja, sekolah atau kuliah jadi alasan kamu melupakan olahraga, dengan adanya social distance kamu jadi punya lebih banyak waktu luang untuk dimanfaatkan. Gunakan waktu setidaknya 30 menit di pagi hari dengan berolahraga, kegiatan ini juga berguna untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh kamu agar terhindar dari segala jenis penyakit. Lakukan olahraga ringan di rumah seperti lari di tempat, push up, sit up, yoga dan sebagainya. 

 

Selain itu kamu juga bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, efektifnya pada pukul jam 10:00 - 15:00. Kandungan vitamin D yang terbentuk akibat paparan sinar matahari dapat mencegah infeksi dan melawan penyakit seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, beberapa jenis penyakit autoimun dan kanker, serta flu.

 

Jadi Chef dadakan dengan memasak

Beberapa ide kreasi masakan bisa kamu coba bareng keluarga. Selain bisa mengasah kemampuan memasak, kamu jadi lebih hemat, makanan juga lebih terjamin kehigienisan dan kesehatannya. Nggak perlu masakan yang rumit, manfaatkan bahan yang tersedia di rumah untuk berkreasi. Ajak anggota keluarga lain untuk merasakan keseruannya.

 

Merapikan / menata ulang perlengkapan rumah

Alternatif kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selama di rumah adalah merapikan rumah. Ajak anggota keluarga lain untuk membantu, bersihkan seluruh ruangan dari debu dan kotoran biar kamu dan keluarga bisa tinggal lebih nyaman. Atau tata ulang penempatan perabotan dan barang-barang di beberapa ruangan sesuai kreasi kamu, supaya nggak bosan dengan suasana rumah yang gitu-gitu aja.

 

Berbagi cerita bersama keluarga

Momen di rumah aja bisa kamu manfaatkan juga dengan sharing dan cerita-cerita bareng anggota keluarga. Kamu bisa bercerita soal pekerjaan atau kehidupan pribadi kamu dengan orangtua, beri kesempatan mereka berbagi sudut pandangnya. Jadikan momen di rumah aja untuk quality time dan menjalin keintiman dengan keluarga. Kapan lagi kan punya waktu banyak di rumah? Biasanya sibuk seharian sama pekerjaan dan kegiatan di luar rumah lainnya.

 

Tetap produktif dengan Belajar online 

Hal positif selanjutnya yang bisa kamu lakukan dibanding gabut seharian adalah belajar. Yap, belajar bisa dari mana aja dan kapan aja, kamu bisa melakukanya di rumah dengan membaca buku, membaca artikel di web atau yang sekarang lagi kekinian belajar lewat video online. Sekarang belajar semakin mudah dengan adanya kelas online yang bisa kamu akses langsung dari ponsel kamu. Selama di rumah kamu tetap bisa menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan.

 

Itu tadi beberapa kegiatan positif yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengusir gabut. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar