7 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja agar Cepat Naik Jabatan | TopKarir.com

7 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja agar Cepat Naik Jabatan

7 Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja agar Cepat Naik Jabatan | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 TINGKATKAN KARIRMU 883 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Memiliki produktivitas kerja yang baik tentu menjadi nilai lebih bagi seorang karyawan. Bukan hanya akan disenangi atasan, kinerja yang baik tersebut juga akan mendatangkan banyak keuntungan salah satunya naik jabatan.

 

Seorang karyawan dengan produktivitas kerja yang tinggi biasanya akan selalu bersemangat dalam bekerja dan punya totalitas. Kerja keras tersebut tentunya akan memberikan hasil yang baik untuk perusahaan yang menjadikan karyawan dengan produktivitas tinggi sebagai aset yang berharga.

 

Nah, jika Anda juga ingin memiliki produktivitas kerja yang baik, dikutip dari berbagai sumber berikut adalah 7 cara yang bisa dicoba.

 

1. Hitung dan Porsikan Berapa Lama Waktu Untuk Bekerja

 

Anda mungkin mengira cukup pandai untuk mengukur berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berbagai tugas. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya sekitar 17 persen orang yang dapat memperkirakan waktu bekerja tersebut secara akurat. 

 

Ada baiknya Anda mulai mencatat dan membuat pengingat untuk berapa banyak waktu yang dihabiskan buat mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari, termasuk media sosial, email, rapat, dan lainnya. 

 

Baca juga: Ciri-Ciri Bos Yang Ingin Memberikan Promosi Jabatan

 

2. Tetapkan Tenggat Waktu Untuk Setiap Pekerjaan

 

Untuk tugas atau proyek tertentu, cobalah memberi diri Anda tenggat waktu, lalu patuhi. Jangan biarkan setiap pekerjaan melewati batas tenggat waktu tersebut hingga membuat Anda tidak efisien dalam bekerja.

 

Jika Anda memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan dalam satu hari, ada baiknya memiliki skala prioritas dan memberikan tenggat waktu untuk setiap bagian pekerjaan tersebut.

 

3. Ikuti "Aturan Dua Menit"

 

Pernahkah Anda mendengar metode penerapan "aturan dua menit" dalam bekerja?. Ini adalah metode seperti jika Anda melihat tugas atau pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam dua menit atau kurang, lakukan segera. Menurut peneliti seperti dikutip dari Inc, menyelesaikan tugas dengan segera sebenarnya membutuhkan waktu lebih sedikit daripada jika Anda menundanya.

 

Baca juga: Sikap yang Tanpa Disadari Bisa Menghancurkan Karir

 

4. Menghadiri Rapat Yang Efektif

 

Jika Anda benar-benar harus mengadakan rapat, pastikan rapat yang diikuti memang membutuhkan kehadiran Anda sebagai pemapar materi atau pemberi laporan. Untuk saat-saat ketika rapat tidak dapat dihindari, cobalah untuk tetap menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu rapat datang dan jangan habiskan waktu terlalu lama dalam pertemuan tersebut tanpa adanya kegiatan aktif yang membawa benefit untuk pekerjaan Anda.

 

5. Berhenti Multitasking

 

Meskipun kita cenderung menganggap kemampuan untuk melakukan banyak tugas sebagai keterampilan penting untuk meningkatkan efisiensi, namun ternyata ini bukanlah hal yang baik. Psikolog telah menemukan bahwa mencoba melakukan beberapa tugas sekaligus dapat mengakibatkan hilangnya waktu dan produktivitas. Sebaliknya, biasakan berkomitmen pada satu tugas sebelum melanjutkan ke pekerjaan berikutnya.

 

Baca juga: 4 Tanda Kamu Sudah Bekerja Di Perusahaan Yang Tepat

 

6. Menyerah Pada Kesempurnaan Kerja

 

Sangat umum bagi karyawan untuk terpaku pada upaya melakukan semua pekerjaan dengan sempurna.Daripada membuang-buang waktu mengejar hal ini, sebaiknya selesaikan tugas Anda dengan kemampuan terbaik yang dan lanjutkan pekerjaan lain yang menunggu. Lebih baik menyelesaikan tugas dan memindahkannya dari daftar pekerjaan, jika perlu, Anda selalu dapat kembali dan menyesuaikan atau meningkatkannya nanti.

 

7. Bersikaplah Proaktif, Bukan Reaktif

 

Bekerja yang produktif bukan berarti Anda hanya terpaku pada pekerjaan dan mengabaikan tugas lain. Tetaplah menjawab telepon, menyampaikan laporan yang dibutuhkan hingga membalas email agar komunikasi tetap berjalan baik.

Luangkan waktu juga untuk memberikan masukan dan membantu pekerjaan yang diperlukan agar tugas dalam tim bisa tetap berjalan lancar.

 

Selain produktivitas kerja, cek tips karier lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.





  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.