KANDIDAT PERUSAHAAN

Sikap yang Tanpa Disadari Bisa Menghancurkan Karir

29 Juni 2021 11:06 17356 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 16 KALI DIBAGIKAN

Ketika kita sudah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan, tahap selanjutnya yang kita lalui yakni bekerja untuk mencapai masa depan karir yang cemerlang. Namun, perjalanan karir nggak semudah yang kita bayangkan.

 

Selain harus punya kompetensi yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja, kita juga harus memiliki attitude yang baik untuk mendukung setiap langkah karir.

  

Attitude / sikap yang baik sejatinya nggak cuma harus diterapkan di lingkungan kerja, namun di setiap aktivitas kehidupan kita bersama orang lain.

 

Tanpa sikap yang baik, kehidupan karir akan menemui kesulitan bahkan diambang kehancuran. Sikap apa aja sih yang bisa bikin karir seseorang hancur? Yuk simak ulasan lengkapnya.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Serang? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Selalu cepat puas dengan setiap pencapaian

Menjadi orang yang cepat berpuas diri akan menghambat bahkan menghancurkan karir. Ketika kita menjadi orang yang cepat puas, kita akan berhenti untuk belajar dan berkembang.

 

Menjadi orang yang tahu kapan merasa cukup, memang dibutuhkan. Tapi, kamu juga harus tahu bedanya antara benar-benar merasa cukup dan cepat berpuas diri.

 

Mereka yang merasa cukup tidak akan berhenti berkembang dan belajar, justru mereka akan dengan senang hati berbagi ilmunya agar bermanfaat bagi banyak orang. Sedangkan orang yang cepat merasa puas akan berhenti untuk berkembang dan menutup diri akan ilmu-ilmu baru selain yang ia tahu.

 

2. Sombong, merasa paling tau/punya segalanya

Siapa sih yang suka berada dekat dengan orang sombong? Biasanya mereka yang menjadi sombong sudah merasa memiliki apapun yang lebih dibanding orang lain.

 

Sikap sombong ini bisa jadi level selanjutnya setelah cepat merasa puas. Dengan pencapaian yang ia miliki, perasaan sombong kerap menjadi-jadi. Mereka lupa kalau posisi/kondisi yang diraihnya nggak terlepas dari bantuan banyak orang.

 

Cara agar terhindar dari sikap ini yakni dengan selalu bersyukur dan menganggap kalau semua yang kita miliki di dunia hanya titipan Tuhan semata. Hargai semua orang yang sudah membantu kehidupan kamu dan selalu merasa kalau di atas langit selalu ada langit, agar sifat rendah hati tertanam di dalam diri.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Cirebon? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Seringkali menunda-nunda pekerjaan

Orang yang suka menunda-nunda pekerjaan dengan berbagai alasan yang sepele pastinya nggak akan pernah mendapatkan respek dari atasan juga rekan kerja. Apa yang terjadi kalau kita kehilangan respek dari orang lain? Yang pasti akan menghambat perkembangan karir kita nantinya.

 

Kamu nggak akan dipercaya untuk mengerjakan hal-hal yang besar, seperti project, naik jabatan atau bahkan bertahan di pekerjaan sekarang. Karena dengan menunda-nunda pekerjaan, tugasmu sulit terselesaikan, kamu akan kesulitan mengatur waktu karena pekerjaan yang terlanjur menumpuk. Alhasil, kinerjamu tidak maksimal.

 

4. Nggak mau bekerja dalam tim, jadi sosok yang egois dan individualis

Jadi sosok pekerja yang egois dan individualis juga sikap yang bisa membawamu pada kehancuran karir. Yang namanya bekerja itu pasti kita dikelilingi dan membutuhkan orang lain, keegoisan hanya membawa kita pada kehancuran.

 

Jika kamu hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, memaksakan kehendak dan menutup telinga untuk setiap kritik dan pendapat, siap-siap karirmu akan terjun bebas.

 

Dibanding menjadi sosok yang egois dan individualis untuk mencapai kesuksesan karir lebih baik, menjadi pekerja yang optimis dan profesional serta mampu bersaing secara sehat tanpa berusaha menjatuhkan juga merugikan orang lain.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Magelang? Temukan selengkapnya di sini.

 

Itu tadi empat sikap yang sering disepelekan tapi ternyata bisa menghancurkan karir seseorang. Keempatnya harus kamu hindari ya, biar karir berjalan mulus dan membahagiakan kamu juga pada akhirnya. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Komentar