Pencari Karir Pencari Kandidat

Trik Sukses Wawancara Virtual di Tengah Wabah Pandemi Corona

24 Maret 2021 20:03 3068 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Menurut data Kementerian Kesehatan hingga Jumat (20/03/2020) penderita Covid-19 atau virus Corona di Indonesia terhitung sebanyak 309 orang, 15 orang masih dalam dinyatakan sembuh dan 25 orang meninggal dunia. Meningkatnya jumlah kasus Corona di Indonesia semakin memperketat ruang gerak masyarakat. Kini banyak perusahaan yang turut andil mengurangi penyebaran virus dengan memberlakukan sistem kerja di rumah (work from home). Hal ini juga mempengaruhi proses rekrutmen perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Alternatif yang yang paling efektif dipilih yakni wawancara virtual. Berdasarkan Informasi yang dimuat DetikFinance, dilansir CNBC, Manajer Komunitas Glassdoor, Jo Cresswell, mengatakan proses wawancara secara virtual ini dalam upaya mengurangi dampak penularan dari Covid-19 dan mempertahankan kelangsungan bisnis perusahaan.

 

Berdasarkan informasi yang dimuat DetikFinance, dilansir CNBC, Jo Cresswell dan Petter Baskin membagikan tips wawancara untuk calon karyawan yang akan melakukan interview secara virtual sebagai berikut :

 

Cek koneksi internet internet di rumahmu, pastikan berjalan lancar

Sebelum memulai wawancara kerja, pastikan koneksi internet di rumah kamu berjalan baik ya. Jangan lupa mengecek fungsi konferensi video mu juga, supaya nggak ada kendala saat proses wawancara berlangsung.

 

Berpenampilan rapi layaknya interview langsung

Perlu diingat, proses wawancara tetap berjalan seperti pada umumnya ya, hanya saja saat ini harus melalui media penghubung jarak jauh. Penampilan yang rapi akan menjadi penilaian di mata HRD lho, jadi jangan sepelekan hal ini meski kamu melakukan interview dari rumah. Pastikan juga keadaan ruang di sekitarmu rapi ya!

 

Siapkan diri menghadapi pertanyaan wawancara

Sebelum wawancara, pastikan kamu sudah berlatih menjawab pertanyaan dan punya gambaran umum tentang perusahaan tempatmu melamar. Siapkan juga beberapa pertanyaan yang mau kamu ajukan ke HRD ya.

 

Tunjukkan sikap dan kepribadian yang baik

Seperti wawancara pada umumnya, sikap kamu saat menjawab pertanyaan dan bahasa tubuhmu juga akan dinilai oleh HRD lho, jadi tunjukkan semua itu dengan baik. Lakukan body language yang menunjukkan kalau kamu serius dan antusias bekerja di perusahaan tersebut. Seperti tatapan mata, senyuman, sikap berdiri sampai gerakan tangan. Jadilah pendengar dan penyampai pesan yang baik.

 

Meminimalisir terjadinya gangguan

Sebelum wawancara dimulai, kamu harus menghilangkan segala hal yang bisa mengganggu proses interview, yakni ponsel maupun keberadaan keluarga di rumah. Lebih baik lakukan interview di kamar, kunci pintu dan sebelumnya beritahu semua anggota keluarga di rumah kalau kamu akan melakukan interview kerja, jadi mereka tidak akan mengganggu.

 

Berikan pesan terima kasih

Ketika wawancara selesai, jangan lupa mengirim pesan follow up dengan berterima kasih untuk waktu yang diberikan, nggak ketinggalan harapanmu untuk bisa diterima bekerja di sana.

 

Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan kita keluar rumah dan ngantor, ada alternatif seru untuk menambah penghasilan kamu dengan bekerja remote lho, yakni bekerja Freelance. Bekerja freelance nggak menuntut kamu untuk bertemu dan mengerjakan tugas di kantor, semua bisa dilakukan di rumah dan dalam jangka waktu project yang lebih pendek. Yuk temukan lowongan kerja freelance yang kamu banget di TopKarir Freelance #CariTahu tips-tips dan informasi karir lainnya yang bermanfaat buat kamu di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Mengejar Peluang Karir di Masa Pandemi lewat Virtual Job Fair

Mengejar Peluang Karir di Masa Pandemi lewat Virtual Job Fair

Seperti kita ketahui, pandemi Covid-19 mendorong kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Langkah ini terpaksa diambil oleh pengusaha demi mempertahankan perusahaan agar tidak gulung tikar. Alhasil, tingkat pengangguran pun melonjak tajam.   Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat per Februari 2020, angka pengangguran mencapai 6.88 juta orang. Saat krisis ekonomi seperti saat ini, mencari pekerjaan tentu akan lebih sulit, terlebih untuk fresh graduate yang harus bersaing dengan para profesional.   Menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat, sebagai pencari kerja kita membutuhkan persiapan dan bekal yang matang. Kompetensi dan kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan industri saat ini penting dimiliki untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.   Melihat kebutuhan generasi muda untuk bisa mengembangkan diri dan meraih kesempatan karir, TopKarir bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia mempersiapkan program berbasis online yang bisa kamu ikuti.       View this post on Instagram     Dampak pandemik COVID-19 bukan cuma mempegaruhi kesehatan, tetapi juga berdampak ke pasar kerja yang menjadi semakin kompetitif. Khawatir boleh, tapi kamu juga harus cari solusi, salah satunya dengan inovasi ya Sahabat TopKarir? Tungguin ya kejutan dari @planindonesia , @kitakerja.id dan TopKarir, tetap semangat karena ada kita yang siap bantu karir kamu. Penasaran? Kira-kira bakalan ada kejutan seru apa sih, tebak yuk!???? A post shared by Portal Karir Anak Muda (@topkaririndonesia) on Aug 5, 2020 at 4:21am PDT Program ini akan terdiri dari rangkaian webinar pelatihan yang diisi oleh pembicara profesional dan berpengalaman sampai e-job fair yang mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan impian. Jangan lewatkan keseruan rangkaian program bertajuk E-Karir Festival dari awal sampai akhir ya! Ikuti terus perkembangan informasinya di Instagram TopKarir @topkaririndonesia  
Komentar