Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Membangun Karir

19 MAY 2020 07:10 TINGKATKAN KARIRMU 95 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Membangun Karir | TopKarir.com

Media sosial bukan lagi sesuatu yang awam di kalangan anak muda, setiap harinya mereka nggak pernah lepas dari Instagram, Facebook, Twitter atau yang sekarang lagi hype yaitu Tiktok. Media sosial bukan sekedar platform interaksi dan hiburan aja lho, banyak manfaat positif yang bisa kamu dapat seperti manfaat bisnis, sarana belajar, mengembangkan potensi bahkan memaksimalkan karir.

 

Lewat media sosial banyak kesempatan nggak terduga datang termasuk dalam hal karir. Nah, supaya media sosialmu bisa bermanfaat untuk karir kamu kedepannya, lakukan beberapa tips di bawah ini ya!

 

Bangun image yang positif

Untuk bisa membangun karir yang cemerlang lewat media sosial kamu harus menjadi pribadi yang positif. Unggah foto atau status yang tidak mengandung SARA dan perkataan negatif. Jika ada unggahan lama kamu yang berisi hal tersebut segera hapus agar jauh dari penilaian buruk.

 

Biasakan untuk berpikir ulang dalam menyatakan pendapat di media sosial terutama jika dalam keadaan kesal / marah, karena hal tersebut malah akan merugikan image kamu di kemudian hari. Media sosial bisa jadi portofolio kamu di hadapan HR saat proses perekrutan, karena itu bangun image positif. Sebarkan hal-hal yang bermanfaat untuk banyak orang setidaknya untuk diri kamu sendiri.

 

Gunakan nama dan foto asli

Menggunakan nama dan foto asli sebagai profil di media sosial bertujuan agar orang lebih mengenal siapa diri kamu. Gunakan nama yang sama untuk semua akun media sosial kamu, tambahkan alamat email dan link portofolio agar perusahaan bisa melihat potensi dan lebih mudah menghubungi kamu.

 

Unggah prestasi / karya kamu

Manfaatkan media sosial sebagai ruang pameran karya yang pernah kamu buat. Kalau kamu punya kemampuan fotografi, kamu bisa mengunggah hasil foto yang pernah kamu ambil. Hal ini bisa menjadi magnet bagi perusahaan atau klien yang ingin merekrut / bekerja sama dengan kamu.

 

Dengan mengunggah prestasi dan karya yang pernah dibuat, kamu juga bisa menjadi inspirasi untuk orang lain yang melihatmu di media sosial. Hal ini tentu akan membuatmu bersemangat menciptakan karya lain yang lebih keren.

 

Follow akun-akun inspiratif

Saat ini banyak akun-akun media sosial yang memberikan beragam informasi dan wawasan untuk dipelajari. Akan sangat bermanfaat jika kamu mengikuti akun mereka dan belajar dari karya-karyanya. Beberapa tokoh di bidang bisnis dan karir profesional yang punya banyak pengalaman juga bisa kamu ikuti untuk menambah motivasi dan inspirasi kamu dalam mengembangkan karir.

 

Beberapa komunitas dan organisasi yang sering membahas beragam topik menarik dan mengadakan kegiatan positif juga bisa kamu ikuti untuk menambah wawasan dan pengalaman kamu.

 

Perluas jaringan dan aktif berinteraksi

Kamu bisa mulai dengan meninggalkan pesan di kolom komentar seseorang untuk membangun koneksi. Sekedar mengapresiasi karya / postingan yang mereka unggah bisa menjadi pintu masuk menuju relasi yang lebih luas lho. Di Facebook kamu bisa bergabung dengan grup dan aktif berdiskusi, atau mencari grup lowongan pekerjaan yang menyediakan beragam informasi lowker. Ingat ya, kesempatan karir bisa datang dari mana saja, termasuk dari media sosial jadi bangun koneksi seluas-luasnya ya!

 

Itu tadi 5 tips memanfaatkan media sosial untuk karir kamu. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.