Sebelum Berolahraga di Bulan Ramadan, Ikuti Dulu Tips Pentingnya

12 MAY 2020 09:22 RAMADAN 159 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Sebelum Berolahraga di Bulan Ramadan, Ikuti Dulu Tips Pentingnya | TopKarir.com

Tak terasa, umat Muslim sudah melewati pertengahan bulan puasa. Ibadah puasa bagi umat Muslim selama sebulan penuh ini pastinya mengubah rutinitas harian yang biasanya dilakukan. Ditambah lagi, Ramadan kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya oleh sebab wabah Covid-19.

 

Tapi, hal itu bukanlah alasan untuk tidak mengkondisikan tubuh agar tetap bugar meski cuma di rumah aja. Demi menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, kamu juga harus mengatur pola tidur, makan dan rajin berolahraga.

 

Nah, berikut beberapa tips penting sebelum melakukan olahraga di bulan Ramadan menurut laman Portal Jember, agar tubuh tetap sehat dan bugar.

 

Temukan waktu yang tepat untuk berolahraga

Dikutip Portal Jember dari Mashable, 5 Mei 2020, Ahli diet senior dari Pantai Hospital Penang mengatakan olahraga paling tepat dilakukan 30 menit sebelum berbuka puasa atau satu jam setelah makan.

 

Berolahraga berat di siang hari sangat tidak dianjurkan karena bisa mengakibatkan dehidrasi atau bahkan membuat pingsan.

 

Oleh karena itu, berolahraga di sekitar waktu sahur atau makan malam setelah berbuka lebih dianjurkan.

 

Jangan lupa, lakukan pemanasan

Selanjutnya lakukan pemanasan, pemanasan sangat penting dilakukan agar tubuh siap mengeksekusi setiap gerakan olahraga.

 

Pemanasan bisa berupa merenggangkan otot leher, kedua lengan, punggung, selangkangan hingga ke kedua telapak kaki.

 

Berusahalah untuk merenggangkan hingga otot tubuh mulai "terasa" supaya pemanasan lebih maksimal.

 

Mulailah dari sekarang!

Meski sudah dua pekan sejak hari pertama Ramadan, nggak ada tuh kata terlambat untuk mulai olahraga.Mulailah merencanakan waktu untuk hari ini dan pemanasan sebagaimana yang sudah dipaparkan sebelumnya.

 

Awalnya memang akan terasa berat apalagi buat kamu yang sudah terbiasa rebahan akibat harus di rumah aja, tapi seiring waktu, tubuh akan terbiasa kok dengan persiapan dan rutinitas olahraga setiap harinya.

 

Itu tadi beberapa tips sebelum memulai olahraga di bulan Ramadan. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.