Pencari Karir Pencari Kandidat

Nggak Bisa Mudik, Begini Cara Menikmati Lebaran Buat Anak Kos-an

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 1686 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Lebaran tahun ini mungkin akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi pandemi covid-19 yang belum juga reda membuat semua orang harus beraktivitas di rumah aja. Termasuk juga buat para perantau yang tinggal di kos-kosan / kontrakan. Rasa rindu semakin menggebu, tapi apa daya pemerintah juga sudah mengeluarkan larangan untuk tidak mudik ke kampung halaman.

 

Tapi jangan dibuat sedih, Idul Fitri adalah momen kemenangan bagi umat Islam yang telah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, semua harus merayakannya dengan suka cita. Meski mudik harus ditunda, kamu bisa tetap menikmati kehangatannya dengan cara sederhana.

 

Video call keluarga

Alternatif menjalin silaturahmi dengan keluarga yang berada jauh adalah dengan bantuan teknologi, salah satunya lewat video call. Kamu bisa bermaaf-maafan dengan keluarga dan sanak saudara yang ada di kampung halaman. Jangan ketinggalan selfie bersama untuk mengabadikan momen lebaran dan mengunggahnya di media sosial.

 

Berkirim kue/masakan khas lebaran

Sebagai perantau, pasti kangen masakan rumah bikinan keluarga. Kamu dan Ibumu bisa saling berbagi panganan lebaran, kamu memberi bingkisan parcel / hamper dan orangtuamu bisa mengirimkanmu masakan khas lebaran. Kamu bisa menyantapnya bersama lewat video call sambil bercerita.

 

Membelikan baju lebaran

Lebaran identik dengan baju baru, jika di lebaran tahun-tahun sebelumnya mall dipadati pengunjung yang ingin membeli baju, tahun ini kamu bisa membelinya secara online. Kamu bisa merasakan nuansa lebaran dengan mengenakan pakaian baru sebagai simbol kesucian diri memulai kehidupan yang baru dan lebih baik lagi.

 

Membelikan orang tua dan keluarga baju baru bisa membahagiakan mereka di kampung halaman. Hitung-hitung sebagai permintaan maaf karena tidak bisa mudik di lebaran tahun ini.

 

Merayakan bersama penghuni kos lain

Karena kesibukan masing-masing penghuni kos biasanya jarang sekali berkomunikasi. Nah, saat pandemi seperti ini interaksi yang dilakukan bisa lebih intens karena sama-sama merasakan kesendirian sebagai anak rantau.

 

Karena bernasib sama, nggak bisa mudik, kamu dan teman-teman kos lain bisa merayakan Idul Fitri bersama-sama, berbagi dan menyantap makanan yang dipunya, jangan lupa ajak Ibu/Bapak kos juga ya. Dalam kondisi seperti ini semua saling menguatkan, kamu bisa bertemu keluarga baru yang membuat hari-harimu di kos-an lebih berwarna.

 

Berzakat dan bersedekah

Yang terakhir, jangan lupa untuk melakukan zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dilakukan sekali dalam setahun yaitu saat bulan Ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah harus diberikan sebelum shalat Idul Fitri. Hal tersebut yang membedakan zakat fitrah dengan zakat lainnya.

 

Zakat fitrah hukumnya adalah wajib bagi setiap Muslim yang mampu. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan yakni satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

 

Sedangkan sedekah bisa kamu lakukan kapan saja, bentuk dan besarannya juga bebas. Sedekah nggak sekedar menyumbangkan harta aja lho, sedekah mencakup segala amal dan perbuatan baik yang kita lakukan.

 

Itu tadi lima cara menikmati dan merayakan lebaran buat kamu anak kos-an yang nggak bisa mudik tahun ini. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Untuk Pelajar yang Gak Mudik Saat Lebaran

Tips Untuk Pelajar yang Gak Mudik Saat Lebaran

Mudik sudah membudaya bagi semua kalangan, termasuk pelajar atau mahasiswa yang masih belajar di luar kampung halaman. Karena berbagai kesibukan, beberapa dari mereka tidak berkesempatan untuk berkumpul dengan keluarga di Hari Raya. Untuk mengurangi rasa rindu saat berkumpul dengan keluarga di hari yang suci, berikut tips bagi kalian yang berlebaran di tanah rantau. Simak ya.   Membantu penduduk sekitar Gotong royong bersama warga di sekeliling kos akan memberikan pengalaman yang berbeda. Selain mengisi waktu, bergaul dengan penduduk sekitar juga menambah pengetahuanmu tentang merayakan Idul Fitri di tempat lain. Bukan tidak mungkin jika suatu saat sedang butuh bantuan, para warga tidak segan akan membalas budi.   Merayakan bersama teman senasib Sebagai mahasiswa atau pelajar rantau, kalian pasti punya teman yang bukan berasal dari kota dimana kampus kalian berada. Apabila di antara mereka ada yang gak pulang kampung, ajaklah untuk mengadakan acara bersama di Hari Raya. Sebagai contoh, kalian mengadakan janji untuk salat Id bersama yang dilanjutkan masak dan makan bareng. Selain mengobati rindu, kalian juga jadi bertambah akrab. Atau, kalian juga bisa traveling bersama ke destinasi yang sama-sama belum pernah dikunjungi.   Berbisnis kue lebaran Bagi kalian yang punya kemampuan membuat kue, ada baiknya keahlian itu digunakan untuk berbisnis. Menjelang Idul Fitri, banyak keluarga yang akan mencari sajian untuk tamu yang akan datang saat Hari Raya. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan menjual kue yang kamu buat. Gak hanya keuntungan finansial, kamu juga akan mengasah pengalaman menjalankan bisnis. Ke depannya, pengalaman itu bisa digunakan untuk pekerjaan sampingan.   Telepon keluarga Opsi terakhir apabila kamu gak dapat menahan susahnya merayakan Hari Raya sendiri, telpon saja keluarga di rumah. Bahkan bisa menggunakan fitur video call yang sekarang sudah ada. Selain mendengar suara, juga bisa bertatap muka dengan sanak saudara.   Jangan berkecil hati ya, kamu bisa mencoba tips yang sudah dijelaskan di atas. Semangat ya Sahabat TopKarir! yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir.
Komentar