Kena Potongan Gaji karena Dampak Corona? Begini Cara Pintar Mengelolanya

12 MAY 2020 09:45 SEPUTAR KARIR 231 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN
Kena Potongan Gaji karena Dampak Corona? Begini Cara Pintar Mengelolanya | TopKarir.com

Pandemi corona belum juga reda, dampaknya kian terasa oleh masyarakat dunia nggak terkecuali Indonesia. Perusahaan yang sudah tidak sanggup menahan krisis akibat pandemi memilih menutup usahanya dan perusahaan yang masih bertahan harus memutar strategi bisnisnya dengan menerapkan berbagai kebijakan. Salah satunya adalah melakukan efisiensi melalui penyesuaian insentif karyawan untuk menekan angka pengeluaran.

 

Mau tidak mau karyawan harus menerima solusi pengurangan gaji dan pemangkasan tunjangan lain untuk menjaga keberlangsungan perusahaan. Gaji yang berkurang mengharuskan karyawan untuk mengatur ulang keuangannya, menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan finansial yang ada. Agar kondisi keuangan kamu tetap aman walaupun gaji terkena potongan, berikut cara mengelolanya.

 

Membayar utang dan tagihan bulanan

Saat gaji sudah di tangan, sebaiknya kamu langsung membayar utang dan tagihan bulanan. Dahulukan cicilan utang jangka panjang seperti cicilan rumah dan kendaraan. Kemudian lunasi segala tagihan bulanan seperti tagihan listrik, internet dan air.

 

Utamakan kebutuhan pokok

Langkah kedua yakni penuhi kebutuhan pokok yakni makan. Selama social distancing usahakan untuk membuat makanan di rumah. Selain lebih menghemat pengeluaran memasak makanan di rumah juga lebih terjamin kehigienisannya.

 

Sesekali membeli makanan online juga dibolehkan asal nggak terlalu sering, karena hal ini malah bikin pengeluaranmu membengkak. Merencanakan menu makanan seminggu sekali juga bisa dilakukan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol, terlebih buat kamu dan keluarga yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

 

Kurangi pengeluaran konsumtif

Saat gaji menipis, cara untuk menghemat pengeluaran adalah mengurangi biaya konsumtif. Biaya konsumtif ini bisa berupa biaya hiburan atau pengeluaran atas dasar keinginan. Seperti membeli makeup, pakaian, sepatu atau jajan makanan cepat saji.

 

Sebaiknya batasi diri membuka aplikasi online shop / e-commerce yang bisa bikin kamu lapar mata dan akhirnya menghabiskan uang untuk barang-barang konsumtif. Prioritaskan kebutuhan pokok selama pandemi dan kebutuhan untuk menunjang pekerjaan selama di rumah.

 

Menabung atau sisihkan untuk dana darurat

Jangan lupa, sisihkan gajimu untuk ditabung sebagai dana darurat jika suatu saat ada kebutuhan mendadak yang harus dipenuhi. Dengan begitu kamu punya biaya untuk mengantisipasi segala pengeluaran yang sifatnya darurat baik saat kondisi pandemi maupun setelah pandemi selesai.

 

Idealnya besaran dana darurat yang perlu disiapkan jumlahnya minimal 3x pengeluaran bulanan bagi yang masih sendiri, 6x bagi yang sudah menikah dan 12x bagi yang sudah memiliki tanggungan anak.

 

Cari pemasukan tambahan

Tips terakhir adalah mencari penghasilan tambahan saat penghasilan utama kamu menyusut. Jika dirasa gajimu belum mencukupi kebutuhan hidup, carilah pekerjaan sampingan. Sumber penghasilan tambahan bisa dengan mencoba bisnis online atau menjadi pekerja freelance.

 

Pekerjaan freelance sekarang menjadi tren di kalangan anak muda karena sistem kerjanya yang fleksibel dan gak terikat. Platform lowongan kerja freelance yang memudahkan kamu dalam mencari project kini tersedia di aplikasi TopKarir, yakni TopKarir Freelance. Kamu bisa menemukan beragam lowongan freelance sesuai bidang keahlian yang kamu miliki.

 

Itu tadi 5 tips mengelola gaji yang terkena potongan akibat dampak pandemi corona. Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.