Baru Memulai Usaha Kecil? Begini Cara Mudah Mengatur Keuangannya

14 MAY 2020 12:01 TINGKATKAN KARIRMU 174 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Baru Memulai Usaha Kecil? Begini Cara Mudah Mengatur Keuangannya | TopKarir.com

Sekarang ini, sudah banyak orang-orang yang terjun ke dunia usaha untuk menambah penghasilan. Apalagi di tengah krisis pandemi dewasa ini, perusahaan menutup proses rekrutmen, banyaknya karyawan yang di-PHK, pengurangan gaji membuat mereka memilih membuka usaha online untuk bisa menambah penghasilan. Tapi sayangnya banyak pelaku usaha baru yang belum menyadari pentingnya mengatur keuangan dengan baik untuk kesehatan usahanya.

 

Terkadang, mereka masih sering mencampur keuangan pribadi dan keuangan usaha. Akibatnya bisa fatal, keuangan usaha akan sulit dikembangkan. Strategi dalam mengatur keuangan menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan demi menjaga stabilitas dan mengembangkan usaha kecil menjadi lebih baik lagi.

 

Nah, buat kamu yang baru memulai usaha kecil dan bermasalah dalam mengatur keuangan, TopKarir punya cara mudah mengaturnya, yuk disimak!

 

Buat perencanaan general

Kalau kamu baru terjun ke dunia usaha, mulailah dengan perencanaan general terlebih dulu. Apa aja sih program dan rencana usaha dalam satu periode, kemudian bagi rencana tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan.

 

Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program usaha tersebut. Tentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli peralatan pendukung usaha, membeli bahan baku atau membeli produk dari supplier.

 

Setelah itu kamu bisa menentukan persentase keuntungan / target yang ingin dicapai dalam periode bulanan, triwulan, persemester atau pertahun.

 

Buat pembukuan usaha

Selanjutnya kamu harus melakukan pembukuan atau pencatatan lengkap semua transaksi berupa pemasukan, pengeluaran, serta utang dan aset yang dimiliki.

 

Dengan begitu kamu bisa tahu apakah bisnis kamu mengalami kerugian atau keuntungan. Hal ini juga berguna sebagai bahan evaluasi terhadap bisnis yang dijalankan.

 

Jangan lupa juga, kumpulkan semua bukti transaksi seperti invoice, faktur, kwitansi sebagai bukti pembayaran yang sah. Selain berguna untuk pencatatan akuntansi juga untuk mengantisipasi kesalahan dengan cara menyatakan transaksi dalam bentuk tertulis.

 

Bayar tagihan tepat waktu

Lakukan pembayaran kartu kredit, cicilan, tagihan listrik, air maupun internet dengan tepat waktu. Kalau terlambat membayar, kamu bisa rugi sendiri karena akan terkena sanksi berupa denda sesuai tanggungan.

 

Kamu juga harus paham dengan banyaknya utang yang harus dibayar maka akan menambah beban usaha dan membuatmu tidak tenang dalam menjalankan usaha.

 

Tentukan budget rutin

Mengatur budget adalah salah satu bagian terpenting dari cara mengatur keuangan usaha. Budgeting bermanfaat sebagai batasan untuk menilai kinerja dan efisiensi sebuah usaha. Dengan menyusun budgeting, kamu bisa membatasi pengeluaran sesuai estimasi yang sudah disusun sebelumnya.

 

Jika sudah menyusun anggaran dalam satu periode, lakukan budgeting secara berkesinambungan. Sesuaikan setiap budget dengan kondisi usaha di setiap periode. Ulas kembali budgeting dari periode sebelumnya, untuk menentukan budget yang tepat di periode selanjutnya.

 

Bedakan keuangan pribadi dan usaha

Nah, poin ini seringkali disepelekan oleh pengusaha pemula, padahal perannya sangat krusial dalam keberlangsungan usaha. Pisahkan anggaran pribadi dan anggaran bisnis, jangan menyentuh keuangan bisnis jika memang tidak ada urgensi kepentingan pribadi.

 

Misalnya menggunakan anggaran bisnis untuk berbelanja online, hal ini akan membuat kamu tidak merasakan keuntungan usaha yang sebenarnya. Apalagi jika tidak dilakukan pembukuan, kamu akan selalu merasa rugi, padahal anggaran usaha dipakai untuk keperluan pribadi.

 

Manfaatkan laba untuk mengembangkan usaha

Yang membedakan pengusaha sukses dan gagal terletak pada kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya. Kamu memang berhak menikmati keuntungan usaha sebagai reward dari kerja kerasmu selama ini, tapi bukan berarti harus dihabiskan begitu saja.

 

Langkah bijak yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan uang dari keuntungan untuk mengembangkan usaha dan mengarahkan investasi dengan menambah armada dagang atau menambah stok dagang untuk dijual ke pasar yang lebih luas. Kalau kamu bisa melakukan hal ini maka kamu punya kesempatan besar menikmati kesuksesan sebagai seorang pengusaha.

 

Itu tadi 6 cara mudah mengatur keuangan usaha, buat kamu yang baru memulai bisnis.  Semoga tips di atas bisa menginspirasi Sahabat TopKarir yang membaca di rumah ya. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.