KANDIDAT PERUSAHAAN

Kesalahan Fatal Anak Kos dalam Mengatur Keuangan

24 Maret 2021 20:03 6905 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menjadi anak kos dituntut untuk bisa mandiri, mengurus kehidupan sehari-hari, memenuhi kebutuhan sendiri, sampai mengatur finansial sendiri. Memang awalnya akan terasa berat, tinggal jauh dan masih mengandalkan uang bulanan dari orangtua. Buat kamu yang sudah punya penghasilan sendiri maupun yang belum, harus bisa ngatur keuangan nih. Jangan sampai melakukan 5 kesalahan fatal ini.

 

Belanja bulanan lebih dari sekali

Kalau kamu melakukan belanja bulanan lebih dari satu kali, hal itu bisa bikin kamu makin boros. Karena itu buat list belanjaanmu setiap bulan supaya kamu tau apa yang benar-benar kamu butuhkan selama satu bulan, prioritaskan kebutuhan kamu sehari-hari ya

 

Tidak menyusun anggaran bulanan

Kalau kamu tidak punya anggaran keuangan, pengeluaranmu akan berantakan. Sebaiknya  alokasikan uang bulananmu dengan skema 50-30-20 dengan membagi pendapatan menjadi beberapa bagian. Bagian 50% kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti biaya kost, makan, dan transportasi. 30% disisihkan untuk menabung atau investasi. 20% sisanya bisa kamu pakai untuk hiburan dan membeli keinginan pribadi.

 

Menunda pembayaran kos untuk pengeluaran lain

Misalnya biaya kos harus dibayar setiap tanggal 30, tapi kamu menunda pembayarannya. Alhasil uang yang seharusnya dialokasikan untuk membayar kos malah habis terpakai untuk hal-hal lain. Biasakan membayar tagihan tepat waktu ya, jangan ditunda-tunda yang ada tagihanmu semakin menumpuk setiap bulannya.

 

Ikut-ikutan gaya hidup orang lain

Buat kamu yang ngekos di kota-kota besar, kehidupan mewah jadi hal yang wajar. Tapi kamu sebagai anak kos harus ingat, masih ada tanggung jawab dan kebutuhan yang harus kamu penuhi setiap hari. Jangan terpengaruh gaya hidup teman yang kerjaannya hanya menghabiskan dan bersenang-senang dengan belanja barang fancy atau nongkrong di cafe hits.

 

Membawa banyak uang saat bepergian

Bawa banyak uang saat bepergian bisa menambah godaan untuk belanja lho. Sebaiknya kamu membawa uang secukupnya, untuk makan, transportasi, dan beberapa untuk berjaga-jaga. Hindari juga membawa kartu ATM, hal itu bisa bikin kamu tambah boros.


Itu tadi 5 kesalahan fatal anak kos yang bisa merugikan kamu dari sisi finansial. Dengan menghindari hal-hal tersebut kamu bisa lebih bijak mengatur keuangan ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Komentar