5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online Pemula | TopKarir.com

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online Pemula

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pebisnis Online Pemula | TopKarir.com
25 MAR 2021 11:39 PEMBEKALAN KARIR 1678 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah, ketika usaha sudah dirintis pun, akan banyak tantangan yang harus dilewati untuk memastikan bisnis tetap berkembang dan menghasilkan keuntungan. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, banyak pengusaha lama maupun pebisnis pemula yang fokus memasarkan produknya melalui sistem online.

 

Berbisnis online memang punya banyak kelebihan dibanding bisnis konvensional. Kamu bisa melakukan pekerjaan secara remote, jangkauan promosi yang lebih luas dan biaya yang jauh lebih terjangkau. Tapi, nyatanya memulai bisnis online nggak semudah yang dibayangkan lho. Buktinya banyak bisnis kecil yang gagal bertahan dan terpaksa mundur di tengah jalan.

 

Oleh karena itu, sebelum mulai merintis sebuah bisnis, kamu perlu memperhatikan hal apa aja sih yang bisa menghalangi kelancaran bisnis online-mu. Berikut 5 kesalahan pebisnis online yang mesti kamu hindari.

 

Tujuan dan rencana yang tidak jelas

Banyak orang yang berpikir cukup dengan mengandalkan modal besar untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan dan menjaga keberlangsungan bisnis. Anggapan itu justru keliru, modal memang hal yang penting untuk membangun sebuah bisnis, tapi yang nggak kalah penting dan wajib dimiliki sebuah bisnis adalah tujuan. Untuk mencapai dan mengukur keberhasilan, kamu perlu menetapkan tujuan bisnis yang jelas.

 

Setelah menemukan tujuan dari bisnis kamu, selanjutnya buat rencana bisnis yang diinginkan. Rencana bisnis akan membantumu dalam menggapai tujuan bisnis yang sudah ditetapkan. Selain itu, tujuan dan rencana bisnis juga dibutuhkan oleh para pebisnis agar menarik para investor yang mau menanamkan modal. 

 

Belum menemukan keunggulan produk

Banyak pebisnis pemula yang gegabah memulai usaha hanya karena tren yang lagi berkembang, padahal belum tentu produknya dibutuhkan pasar. Sebelum menentukan produk usaha yang mau kamu buat, hal pertama yang harus dilakukan yakni melakukan riset, apa yang dibutuhkan oleh pasar. Sebuah produk usaha harus berawal dari permasalahan yang ada di masyarakat, bagaimana produk kamu bisa menjawab permasalahan dan kebutuhan yang ada.

 

Setelah itu, temukan keunggulan produk yang menjadi keunikan dan bisa meningkatkan daya jual. Bisa berupa kemasan, rasa, harga, bahan baku, desain sampai pelayanan konsumen, temukan hal yang membedakan produk kamu dengan produk serupa di pasaran. Kamu bisa belajar bisnis dan mencari keunggulan produk langsung dari para pakar dan pelaku usaha berpengalaman di APINDO UMKM AKADEMI, tonton siaran webinarnya gratis di sini

 

Platform yang tidak tepat

Kesalahan pebisnis online pemula lainnya adalah memilih platform berjualan yang kurang tepat. Banyak jenis platform untuk berjualan online mulai dari blog, forum jual beli, marketplace, aplikasi messenger, media sosial maupun website.

 

Konten pemasaran yang tidak efektif

Banyak pebisnis online yang nggak menjalankan strategi konten dengan baik, sehingga akun usahanya terkesan monoton dan nggak menarik. Mulai dengan memberikan pendekatan melalui media sosial dengan konten-konten yang informatif, inspiratif, menghibur atau sesuaikan dengan kebutuhan audiensmu.

 

Komunikasi satu arah

Komunikasi satu arah juga bisa menyebabkan usaha online kamu nggak dilirik atau bahkan ditinggalkan konsumen. Kalau kamu hanya melakukan komunikasi satu arah maka konten yang disajikan akan terkesan membosankan. Apapun platform berjualan kamu pastikan interaksi yang terjalin antara konsumen dengan brand berjalan baik.

 

Utamakan pelayanan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan terpercaya. Apapun masalah yang dimiliki konsumen terhadap produk kamu, kamu harus bisa membantu menyelesaikannya.

 

Itu tadi lima kesalahan pebisnis online pemula yang harus banget kamu hindari. Yuk baca tips-tips dan info seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.