Webinar Seluk Beluk Ragam Jalur Distribusi Produk Tekstil | TopKarir.com

Webinar Seluk Beluk Ragam Jalur Distribusi Produk Tekstil

10 SEP 2020 09:39 PEMBEKALAN KARIR 1403 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

APINDO & BPJS Ketenagakerjaan Mempersembahkan ”APINDO UMKM AKADEMI” Webinar Seri Industri Fashion dengan judul Seluk Beluk Ragam Jalur Distribusi Produk Tekstil. Saat ini industri fashion paling berpotensi di dalam bisnis, karena itu untuk anda yang punya bisnis di industri fashion dalam webinar ini akan ada banyak insight menarik untuk meningkatkan usaha anda. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk anda yang punya usaha diluar industri fashion, karena insight yang diberikan dari narasumber bisa jadi ide segar untuk meningkatkan usaha anda juga.

 

Dalam Seri webinar untuk UMKM dapat berbagi cerita dan mendapatkan masukan mengenai peluang pasar untuk UMKM dari para mentor dan ahli di bidangnya. Untuk Aanda yang ingin bertanya bisa mendapatkan kesempatan untuk bertanya secara Live kepada narasumber yang hadir.

 

Narasumber:


ANNE PATRICIA SUTANTO
Vice CEO PT. Pan Brothers Tbk

 

EUIS SAEDAH
Ketua Umum Dewan Serat Indonesia (DSI)
& Ketua Komite Pengembangan Jaringan Usaha APINDO

 

JEMI NIKOLAUS R
Founder & Designer SAPARO

 

GERRY LUCMALLENDRO
Owner Pagerkaos

 

Hosted By:


BAYU JANITRA W.
CEO TopKarir Indonesia

 

_


SAVE THE DATE

  • Hari, Tanggal: Rabu, 9 September 2020
  • Pukul: 15.00-17.00 WIB
  • Live on Zoom & TopKarir

 

Link Registration
https://bit.ly/daftarUMKM-akademi

 

GRATIS!!!

 

Benefit:
E-Certificate
Ilmu
Relasi

 

Pertanyaan Webinar Minggu Lalu (Peluang Industri Fesyen Dan Strategi Penjualannya)

 

Q: Bagaimana cara seleksi reseller untuk membantu distribusi produk? Karena banyak juga reseller yang kurang berkomitmen?

A: 

  • Minta portfolio, mereka sudah pernah jadi reseller apa saja?
  • Reseller biasa dimotivasi oleh 2 hal: passion dan profit. Kalau produk Anda tidak menyentuh passion mereka atau ekspektasi profit pasti mereka tidak terlalu commit
  • Reseller kadang coba2 dan tidak tahu apa yg mereka harus lakukan. Baiknya dari kita yg membekali dan membimbing. Baiknya ada SOP manajemen reseller.

 

Q: Saat masuk retail pasti banyak pilihan produk lain termasuk yang namanya sudah besar. Bagaimana strategi agar produk kita dipilih, calon konsumen yakin dengan produk kita dan memenangkan pasar?

A: Kompetisi bisa dilakukan dari segi: 

Waktu/Timing - produk kita mengikuti trend, sesuai kebutuhan… (justru karena kita lebih kecil maka bisa lebih gesit menyesuaikan dengan timing)

Know How/Keahlian - produk kita memiliki nilai unggul yang datang dari keterampilan/pengetahuan khusus … 

Cost & Quality - harga dan kualitas produk/jasanya seimbang tidak?

Stronghold/Dominasi Segmen - kita kuatnya di segment pasar mana? Nama besar yg jadi kompetitor kita segmentnya apa? Maka kita pun harus manuver strategi kita

 

Q: Apa plus minus konsinyasi dengan retail? Apa yg harus disiapkan untuk meminimalisir resiko dari konsinyasi dengan retail? Apakah perlakuan retail terhadap UMKM berbeda dari perlakuan ke perusahaan besar?

A: 

Plus:

Bisa mendapatkan pasar lebih banyak

Awareness brand lebih luas

 

Minus:

Modal kerja harus lebih banyak

Retur kalau tifak laku 

Kontrol stok retailer

Kadang retailer nakal

 

Harus dipersiapkan:

Stok

Kontrak direview dengan jeli. Pahami SEMUA syarat/prasyaratnya dulu termasuk ketentuan promo, harga sale, dll. Kalau tidak paham bisa minta opini konsultan retailer. 

 

Perlakuan retailer:

Tergantung retailernya. Biasanya kl perusahaan besar mau konsinyasi mereka sudah punya standar perjanjian.

 

Untuk direnungkan: sebagai usaha yang mau maju dan berkembang kita harus bisa kompetitif tanpa adanya perlakuan khusus. Itu jiwa kewirausahaannya terasah. Karena toh ketika besar nanti perlakuannya akan mengikuti standar kan?

 

Q: Boleh berbagi tips dan triknya tentang bagaimana menjaga kesinambungan vendor bahan-baku?

A: Berkontrak dengan supplier.

Bangun hubungan komunikasi yg transparan antara kebutuhan Anda dan apa yg bisa mereka supply termasuk kualitas dan harga.

 

Q: Saya punya usaha catering, untuk usaha saya selama ini masih melayani pemesanan yang sering saya dapatkan adalah nasi box/snack box, gimana caranya kita bisa memperluas pasar supaya omset kita naik? Saya juga pingin banget menjalin kemitraan dengan suatu instansi, bagaimana caranya kita menjalin kemitraan dengan suatu instansi?

A: Perluasan pasar:

Menu harus jelas, harga stabil, keistimewaan katering Anda apa? Buat Business Model Canvasnya.

Biasanya catering juga perlu sering ada sesi tasting/sample dengan calon target pasarnya.

 

Cara menjalin kemitraan dengan instansi:

Tiap instansi persyaratannya beda. Cari tahu. Diskusi dengan bidang pengadaannya. 

 

Q: Saya ada kerja sama dengan store di marketplace, sistem konsinyasi, awal saya sangat seneng karena merasa terbantu marketingnya, di store mereka itu harga didisc sampai 80%, padahal mereka bayar ke saya tetep harga normal, jadi penjualan disana rame banget, baru baru ini saya merasa bingung , karena reseller saya yang mau jualan di marketplace jadi mundur karena mereka cek harga di sana hancur, apa yang harus lakukan?

A: Anda perlu memiliki strategi pricing/harga yang lengkap. 

Di sesi minggu lalu sempat dibahas contoh dqn cara membuat struktur pricing reseller, bisa ditonton ulang. 

Sesi lain pernah bahas juga di sesi fashion dengan Mbak Lila Cokronagoro dan Lishia Erza tentang bantingan harga di marketplace. Bisa ditonton ulang di sini ya

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.