Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Sukses Menjadi Web Developer

24 Maret 2021 20:03 1605 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Dengan semakin berkembanganya Internet, profesi Web Developer juga telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah. Selain membuat aplikasi berbasis web, profesi satu ini juga punya sejumlah tanggung jawab lain yang diemban. Nah jika ingin menjadi seorang Web Developer yang sukses, yuk ikuti tips berikut ini.

 

  • Memahami HTTP

Pahamilah proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client. Salah satunya yaitu Salah satu komponen mendasar dalam dunia web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP).

 

  • Memahami HTML & CSS

Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kamu dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.

 

  • Memahami Javascript

Dengan menggunakan Javascript, web yang kita buat bisa menjadi lebih interaktif. Kita bisa membuat popup window, autocomplete, datepicker, dan banyak hal lainnya dengan menggunakan Javascript.

 

  • Pemrograman server side

Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, mulai dari bahasa yang sudah lama beredar seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. Saat ini PHP masih merupakan bahasa yang terpopuler karena mudah dipelajari dan diimplementasikan serta banyak referensi dan komunitas seputar PHP yang tersedia di internet.

 

  • Database SQL

Kamu bisa belajar  program database populer yang bisa Anda pelajari diantaranya MySQL, PostgreSQL dan MariaDB yang bersifat Open Source atau Oracle dan Microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar.

 

  • Web server

Web server juga merupakan komponen yang penting. Tanpa web server, aplikasi web yang Anda buat tidak akan bisa berjalan. Web server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx. Pelajarilah konfigurasi dasar web server untuk mendukung skill Anda sebagai web developer. Manfaat menguasai konfigurasi dasar tersebut diantaranya Anda bisa membuat link website Anda lebih SEO (Seach Engine Optimization) Friendly.



  • Web Hacking

Pelajarilah trik-trik web hacking seperti SQL Injection dan Cross Site Scripting (XSS). Mengapa perlu? Dengan memahami hal tersebut maka kita bisa mencegah serangan-serangan hacker ke website kita bukan. Menguasai hal-hal diatas dengan baik akan memberikan bekal awal yang berguna bagi Anda untuk bisa membangun sebuah website dengan baik.




itulah tips untuk kamu yang ingin menjadi Web Developer. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Sukses Bisnis Event Organizer Untuk Kaum Millenial

Tips Sukses Bisnis Event Organizer Untuk Kaum Millenial

  Saat ini, begitu banyak acara yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan seperti acara ulang tahun, lamaran, bridal shower, baby shower, dan sebagainya. Kalau kamu punya ide-ide kreatif mengemas suatu acara dan membuatnya semakin meriah, mungkin kamu cocok berbisnis di bidang Event Organizer.  Berikut ini tips sukses buat kamu yang ingin membuka bisnis Event Organizer. Langsung simak yuk!   Pelajari terlebih dahulu Sebelum terjun ke dunia Event Organizer, kamu wajib mengetahui hal detailnya terlebih dahulu, sekaligus lingkup kerjanya. Kamu bisa mencari tahu hal ini secara online atau langsung bertanya kepada orang lain lebih dulu yang membuka bisnis EO (Event Organizer).   Sering datang ke berbagai acara Agar mengetahui apa saja yang wajib dilakukan dalam sebuah acara, kamu harus rajin hadir di setiap acara. Mulai dari seminar, acara launching produk baru, pameran, dan lain-lain. Semakin beragam acara yang kamu hadiri, semakin luas pengetahuanmu.   Jadi freelance di sebuah EO Banyak sekali EO yang mencari pekerja freelance untuk event-event besar. Manfaatkan hal tersebut untuk menimba ilmu. Kamu bisa belajar sedikit demi sedikit seluk beluk dunia EO, sekaligus pekerjaan lengkapnya. Jika suatu saat jadi bos, kamu bisa mengatur karyawan dan bisnismu dengan sangat baik.   Mencari informasi cara membuka EO Lebih tepatnya, apa saja yang wajib kamu persiapkan. Kamu bisa mulai memasarkan bisnismu dengan cara endorse acara keluargamu. Persiapan modal, alat-alat yang harus dimiliki, tim kreatif, dan lain sebagainya juga harus dipikir secara matang.   Bentuk marketmu sendiri Kamu mengambil segmen event organizer secara konvensional, bisa juga menetapkan sebuah target market sendiri. Misalnya, khusus menangani acara ulang tahun, anniversary, hingga perayaan tertentu. Bisa juga EO khusus seminar dan workshop. Kalau segmen pasar sudah ditentukan, kamu bisa fokus mengembangkan bisnisnya.   Itu dia tips yang bisa kamu terapkan ya. Temukan tips lainnya di aplikasi  Topkarir & download aplikasinya ya!
Komentar