Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Anti Gundah Berkarir Diluar Jurusan Kuliah

24 Maret 2021 20:03 2226 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Menentukan jurusan pendidikan pasti memerlukan banyak pertimbangan, kadang perlu waktu yang gak sebentar. Tapi setelah lulus kuliah, banyak yang berkarir gak sesuai jurusan yang diambil. Tapi jangan jadikan itu sebagai halangan, melainkan tantangan, karena zaman yang semakin berkembang menuntut kamu menguasai berbagai bidang. Banyak orang yang bisa sukses berkarir meski harus memulai dari nol lagi, gimana caranya? Yuk simak tips-tips berikut ini.

 

 

  • Tingkatkan soft skills kamu

 

Di era sekarang ini, perusahaan menuntut karyawannya untuk bisa menguasai berbagai bidang. Dilansir Kumparan, studi yang dilakukan Asosiasi Kampus Amerika 93% perusahaan lebih fokus pada kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah dibanding latar belakang jurusan pendidikan.

 

 

  • Perbanyak koneksi dan relasi

 

Memperluas lingkup pertemanan akan membawamu pada luasnya relasi. Terlepas dari apapun jurusan kuliahmu, bersosialisasi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

 

 

  • Selalu ingin tahu dan aktif

 

Singkirkan pemikiran kalau kamu tahu segalanya, hal itu akan menghalangi kamu berkembang. Jangan ragu memulai dan belajar hal baru, tingkatkan rasa ingin tahu, karena selalu ada hal yang bisa kamu kembangkan.

 

 

  • Percaya gak ada ilmu yang sia-sia

 

Apapun yang kamu pelajari, akan menjadi bekal untuk perjalanan karirmu nanti, jadi jangan berpikiran kalau ilmu yang kamu punya sia-sia ya, pasti akan berguna.

 

Itulah 4 hal yang perlu kamu terapkan agar sukses berkarir meski gak sesuai jurusan kuliah. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Karir Millenial Yang Hobi Kecantikan

Tips Karir Millenial Yang Hobi Kecantikan

Punya minat atau passion di bidang kecantikan? Jangan cuma dijadikan sebatas hobi! Dewasa ini, profesi di bidang kecantikan semakin banyak. Apalagi didukung perkembangan teknologi yang semakin pesat, karier di bidang ini mulai bermunculan dan bersaing. Berikut ini 5 karier di bidang kecantikan yang bisa kamu coba! 1. Makeup artistKamu yang ingin menjalani karier ini, dapat mengambil atau kursus pendidikan tata rias. Selain itu, kamu engga boleh berhenti belajar dan mengembangkan kreativitas karena tren makeup akan selalu berganti. 2. Nail technicianKarier ini bisa dimulai dengan kursus yang memberikan sertifikat resmi. Semasa pendidikan, teori dan latihan seputar perawatan tangan dan kaki akan diberikan sesuai kemampuan. Dalam jangka waktu setahun, kamu sudah bisa terjun jadi nail technician. 3. Product managerModal seorang product manager adalah pengetahuan akan dunia kecantikan. Product manager bertugas untuk mentransfer ilmu soal produk kecantikan kepada beautician, sebelum mereka mentransfer hal tersebut pada konsumen. Seorang product manager bisa mendapatkan kesempatan ke luar negeri untuk pendidikan soal produk kecantikan, lho! 4. Beauty vloggerKamu yang ingin menjadi beauty vlogger, harus punya minat besar dengan dunia kecantikan, mampu menyajikan informasi tentang tren kecantikan terkini, dan mengikuti tren teknologi. Banyak-banyak membaca buku, majalah, dan melihat sumber inspirasi lainnya pun diperlukan. 5. Beauty therapistBeauty therapist bertugas menganalisa kondisi kulit melakukan jenis perawatan yang diperlukan dengan menyesuaikan jenis dan problem kulit. Beauty therapist harus memiliki pengetahuan meliputi teknik treatment, anatomi kulit, dan kosmetik yang sesuai lebih mumpuni. Profesi ini bisa kamu jalani setelah menuntut pendidikan di pusat pendidikan kecantikan. Nah, apakah kamu tertarik untuk menjajaki salah satu karier di atas? Yuk temukan impian karirmu di TopKarir, install aplikasinya karena ada banyak karir impian mu di TopKarir. Semangat Sahabat TopKarir!
Komentar