Pencari Karir Pencari Kandidat

Tanyakan Hal Ini Pada Diri Sendiri Sebelum Menerima Pekerjaan

24 Maret 2021 20:03 3363 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Mencari pekerjaan bukanlah proses yang instan, memerlukan waktu yang tidak sebentar dan persaingan dengan banyak pencari kerja. Mendapat penawaran kerja di perusahaan yang kamu impikan tentu sangat membahagiakan. Namun kamu juga perlu pertimbangan sebelum mengatakan “ya”. Apakah kamu bisa berkembang di perusahaan pilihanmu nanti? Karenanya sebelum menerima tawaran kerja, tanyakan beberapa hal ini dulu pada diri sendiri.

 

 

  • Apakah aku bisa beradaptasi dengan kultur di perusahaan ini?

 

Setiap perusahaan mempunyai budaya kerja dan aturan yang berbeda-beda. Kamu perlu mencari tahu bagaimana budaya kantor di perusahaan tersebut supaya kamu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kerjamu nanti.

 

 

  • Apa saja rutinitas pekerjaanku nanti?

 

Kamu perlu tahu tugas dan tanggung jawab kamu di perusahaan. Kamu perlu mempertimbangkanya dengan melihat aspek kehidupan lain, seperti waktu bersama keluarga, jam istirahat, jarak tempuh, transportasi. Hal ini bertujuan agar kamu punya gambaran keseharianmu selama beberapa tahun kedepan.

 

 

  • Apa keuntungan yang bisa aku dapat dengan bekerja disini?

 

Meskipun kamu berpikiran pengalaman lebih penting dibandingkan materi tetapi saat bekerja kamu juga harus memikirkan gaji selama berkontribusi. Apakah gaji tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhanmu nantinya. Atau kalau kamu sudah pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa bandingkan keuntungan yang kamu peroleh di perusahaan lama dan yang akan kamu terima.

 

 

  • Apakah aku bisa berkembang di perusahaan ini?

 

Sangat penting untuk mempertanyakan hal ini pada diri sendiri. Kamu harus tau apakah kamu punya kesempatan berkembang, dan jenjang karir yang menjanjikan. Tentu kamu tidak mau kan kalau terus-terusan di posisi yang sama saat kamu diterima?

 

 

  • Apakah pekerjaan ini sesuai dengan passionku?

 

Jangan biarkan kamu merasa bosan di tempat kerja nanti, apalagi cuma bertahan beberapa bulan karena kerjaan gak sesuai sama passion kamu. 

 

 

Itu tadi 5 pertanyaan untuk diri sendiri sebelum kamu menerima tawaran pekerjaan. Jadi sebelum menerima tawaran kerja pikirkan dengan matang pekerjaan yang akan kamu terima, karena masa depan karirmu ada di tanganmu sendiri. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga. 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance

Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance

Berbeda dengan pekerja full time / part time yang punya jam kerja pasti, bekerja freelance punya jadwal yang tidak tentu. Belum lagi penghasilan yang jumlahnya tidak stabil. Banyak tantangan yang harus dihadapi, bisa-bisa kewalahan kalau gak bisa mengatur pekerjaan. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja freelance sebaiknya cermati hal-hal berikut ini.     Pendapatan yang tidak stabil   Karena tidak terikat oleh apapun, penghasilan yang didapatkan sebagai freelancer tidak tetap setiap bulannya. Ada saatnya seorang freelancer sepi klien / project. Untuk kamu yang sudah pernah bekerja tetap, hal ini bisa jadi pertimbangan. Jadi kamu harus punya manajemen keuangan yang baik nih, untuk mengantisipasi saat kerjaan sepi.     Kerja di akhir pekan   Seorang freelancer tidak punya waktu kerja tetap. Kamu harus siap mengorbankan weekend-mu demi menyelesaikan project-project dadakan. Perusahaan yang merekrutmu terkadang tidak memikirkan jam kerja normal.     Kurang fokus   Untuk mendapatkan penghasilan sesuai harapan, kesalahan yang terkadang dilakukan seorang freelancer adalah mengambil banyak project dalam waktu bersamaan. Kalau kamu punya kesulitan membagi konsentrasi, lebih baik hal ini kamu hindari. Ingat ya berbeda dengan karyawan, freelancer bekerja dan memegang tanggung jawab sendirian.     Tanpa tunjangan dan asuransi   Karena bekerja secara otonom, atas kemauan sendiri, pekerja freelance gak akan dapat tunjangan hari raya maupun asuransi. Paling kalau beruntung kamu dapat tambahan bonus dari kesepakatan gaji.     Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai karir sebagai freelancer. Setiap pekerjaan punya plus dan minusnya kok, kalau kamu bisa mengatur segalanya dengan baik, bekerja freelance bisa jadi pilihan yang asyik. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.
Komentar