Pencari Karir Pencari Kandidat

Strategi Personal Branding Lewat Media Sosial

24 Maret 2021 20:03 3229 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Sebagai makhluk sosial yang hidup ditengah masyarakat, setiap tindakan, sifat, dan kepribadian seseorang bisa dinilai oleh orang lain, disebut juga sebagai citra diri / personal branding. Hadirnya media sosial semakin memudahkan kamu untuk membangun karakter dan personal branding dimata orang lain. Personal branding di media sosial juga bisa membuka jalan karir lho, dari situ perusahan bisa menilai pribadi dan potensi yang kamu miliki. Lalu gimana sih membangun personal branding yang baik di media sosial? Ikuti tips-tipsnya yuk.

 

 

  • Gunakan nama yang sama

 

Deskripsikan diri kamu yang sebenarnya di profile media sosial, pakai nama untuk user name dan foto asli kamu. Penggunaan nama ini berlaku untuk semua media sosial yang kamu punya, supaya orang bisa lebih mudah mencari dan kenal kamu. Dari sini kamu sudah mulai membangun personal branding.

 

 

  • Update sesuai passion

 

Unggah sesuatu yang menjadi minat dan bakat kamu, temukan ciri khas supaya orang lain bisa kenal siapa kamu hanya dari apa yang kamu posting. Dengan membuat konten sesuai passion, kamu akan lebih menikmati proses dalam membangun personal branding yang baik.

 

 

  • Pilih media sosial yang tepat

 

Tiap media sosial punya fitur dan karakter pengguna tersendiri. Kalau passion kamu di fotografi kamu bisa memanfaatkan instagram atau pinterest sebagai media personal branding, kalau kamu suka menulis kamu bisa memilih twitter, blog, atau wattpad.

 

 

  • Konsisten

 

Supaya personal branding kamu bisa tertanam di benak banyak orang, konsistensi adalah kunci utama. Kalau perlu buat jadwal posting rutin dan konten apa saja yang mau kamu update setiap hari. Intinya harus rajin menyajikan konten yang berkarakter supaya makin banyak yang tertarik dan jumlah pengikut kamu juga naik

 

 

  • Bangun relasi lewat komunitas

 

Bergabung dengan komunitas bisa menambah wawasan dan memperluas jaringan yang kamu punya. Usahakan aktif dan gak ragu bertanya agar orang lain bisa mengenal bakat dan personal kamu. Interaksi yang sering kamu lakukan akan menarik seseorang untuk mengunjungi profile kamu, bahkan merekomendasikan kamu ke orang lain.

 

Gimana? sudah siap kembangkan personal branding di media sosial yang kamu punya? Yuk simak tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Pengaruh Sosial Media Untuk Karir Kamu

5 Pengaruh Sosial Media Untuk Karir Kamu

Kalau bicara tentang Kemajuan Teknologi dan Informasi, kurang lengkap ya kalau belum bahas tentang Sosial Media. Sosial Media bisa diibaratkan seperti artis yang lagi ngehits dan naik daun. Semua orang dari orang tua, anak muda, sampai anak kecil sudah “melek” dengan Sosial Media. Bagi sebagian orang, Sosial Media merupakan kebutuhan pokok yang wajib ada, nggak update sehari rasanya kurang gaul.   Sosial Media ada banyak jenisnya, mulai dari yang simple seperti email, sampai yang modern seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat dan masih banyak lagi. Semua jenis Sosial Media punya kecanggihan juga kemudahan untuk sarana komunikasi dan hiburan. Tapi kamu tau nggak kalau Sosial Media bukan cuma untuk ngobrol dan bersenang-senang aja? Seiring waktu, Ternyata sosial media bisa di manfaatkan sebagai penunjang karir. Yuk baca disini!   Promosi Diri Sosial Media bisa di gunakan untuk sarana promosi diri loh Sahabat TopKarir. Tunjukin kemampuan dan bakat yang kamu miliki untuk memancing perhatian banyak orang di Sosial Media. Mempromosikan diri ke masyarakat luar membuka peluang kamu untuk melesatkan karir, sudah terbukti nggak sedikit orang yang sukses dan medapatkan pekerjaan karena sosial media, biasanya karena mereka tertarik dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki.   Menunjang Bisnis Bersenang-senang dan dapat penghasilan kenapa enggak? Sarana bisnis yang praktis dan murah tentu aja ada di Sosial Media. Sosial Media seperti pasar atau mall yang penuh sesak dengan pengunjung, nggak heran sosial media dijadikan sebagian orang untuk membuka “lapak” untuk menjual barang ataupun jasa. Manfaatkan Sosial media sebagai alat pengembang bisnis kamu Sahabat TopKarir, kalau sukses kamu bisa buka lapangan kerja baru untuk orang-orang yang membutuhkan.   Membangun Relasi Kemudahan berkomunikasi lewat Sosial Media bisa menghubungkan kamu dengan teman lama ataupun mendapat teman baru. Dari aktifitas follow mem-follow kamu bisa bangun relasi dengan orang lain Sahabat TopKarir. Kemudian, bergabunglah dengan grup atau komunitas yang ada di Sosial Media, dari situ kamu bisa kenalan dengan banyak orang dan diskusi banyak hal. Bukalah koneksi seluas-luasnya dan jangan malu untuk cari temen baru, karena hal itu bisa jadi peluang karir kamu.   Dapat Ilmu Boleh percaya atau enggak Sosial Media bisa kamu manfaatin untuk jadi sumber ilmu pengetahuan Sahabat TopKarir. Banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dari Sosial Media dengan mudah, nambah ilmu pengetahuan bisa jadi pengaruh positif untuk menunjang karir. Kamu bisa tukar pikiran dan berdiskusi tentang ilmu yang kamu butuhkan dengan orang-orang hebat yang memiliki pengalaman dan kemampuan diatas kamu. Tentu aja itu bisa menjadi pembelajaran dan motivasi untuk meng-upgrade diri kamu ke level yang lebih tinggi, terutama untuk performa karir.   Dampak Buruk Ternyata Sosial Media bisa jadi boomerang untuk karir kamu, kok bisa? Buat kamu yang udah kecanduan Sosial Media harus perhatikan dengan cermat cara penggunaanya jangan sampai merugikan. Lupa waktu karena terlalu fokus dengan Sosial Media bisa nurunin produktivitas dan buat kamu hilang konsentrasi loh. Melakukan hal negatif seperti provokatif, terlalu banyak mengeluh, dan berkata kasar juga bisa jadi boomerang untuk karir kamu, ingat ya banyak perusahaan yang melakukan background check lewat sosial media yang kamu punya.   Ternyata Sosial Media bukan cuma sekedar trend, banyak manfaat positif yang bisa diambil dari Sosial Media terutama untuk karir kamu. Optimalkan Sosial Media dengan hal baik dan gunakan dengan bijak agar tidak menghasilkan dampak yang buruk. Memanfaatkan Sosial Media untuk membangun karirmu kenapa enggak? Selamat update! Eits tapi jangan lupa juga cari kerja, gampang kok tinggal buka www.topkarir.com, ada ribuan info lowongan pekerjaan buat kamu.
Komentar