Pencari Karir Pencari Kandidat

Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance

24 Maret 2021 20:03 3118 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Berbeda dengan pekerja full time / part time yang punya jam kerja pasti, bekerja freelance punya jadwal yang tidak tentu. Belum lagi penghasilan yang jumlahnya tidak stabil. Banyak tantangan yang harus dihadapi, bisa-bisa kewalahan kalau gak bisa mengatur pekerjaan. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja freelance sebaiknya cermati hal-hal berikut ini.

 

 

  • Pendapatan yang tidak stabil

 

Karena tidak terikat oleh apapun, penghasilan yang didapatkan sebagai freelancer tidak tetap setiap bulannya. Ada saatnya seorang freelancer sepi klien / project. Untuk kamu yang sudah pernah bekerja tetap, hal ini bisa jadi pertimbangan. Jadi kamu harus punya manajemen keuangan yang baik nih, untuk mengantisipasi saat kerjaan sepi.

 

 

  • Kerja di akhir pekan

 

Seorang freelancer tidak punya waktu kerja tetap. Kamu harus siap mengorbankan weekend-mu demi menyelesaikan project-project dadakan. Perusahaan yang merekrutmu terkadang tidak memikirkan jam kerja normal.

 

 

  • Kurang fokus

 

Untuk mendapatkan penghasilan sesuai harapan, kesalahan yang terkadang dilakukan seorang freelancer adalah mengambil banyak project dalam waktu bersamaan. Kalau kamu punya kesulitan membagi konsentrasi, lebih baik hal ini kamu hindari. Ingat ya berbeda dengan karyawan, freelancer bekerja dan memegang tanggung jawab sendirian.

 

 

  • Tanpa tunjangan dan asuransi

 

Karena bekerja secara otonom, atas kemauan sendiri, pekerja freelance gak akan dapat tunjangan hari raya maupun asuransi. Paling kalau beruntung kamu dapat tambahan bonus dari kesepakatan gaji.

 

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai karir sebagai freelancer. Setiap pekerjaan punya plus dan minusnya kok, kalau kamu bisa mengatur segalanya dengan baik, bekerja freelance bisa jadi pilihan yang asyik. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tulis Kelebihanmu Sebelum Interview, Ini Manfaatnya

Tulis Kelebihanmu Sebelum Interview, Ini Manfaatnya

Sesi interview pasti selalu menjumpai pertanyaan untuk mendeskripsikan kelebihanmu dalam dunia kerja. Pertanyaan tersebut memang dibuat untuk mengetahui seberapa besar potensi kamu dan seberapa besar dapat digali lebih dalam. Pasalnya HRD akan menilai seberapa jauh keterlibatan dan peranan penting kamu dalam histori pekerjaan kamu sebelumnya. Untuk itu kamu perlu menuliskan kelebihan kamu sebelum interview.   Untuk Menghindari Keluarnya Kata “umm”   Dalam interview keluarnya kata “umm” memiliki arti bahwa kamu kurang jujur dalam menjawab pertanyaan. Selain itu kamu juga memiliki rasa percaya diri yang kurang. Sehingga hal ini perlu menjadi catatan pribadi kamu untuk berubah dalam rencana pekerjaan kamu selanjut   Mendeskripsikan Diri Apa Adanya   Dengan mendeskripsikan diri kamu secara jujur, maka kamu akan memiliki catatan sendiri akan nilai kejujuran. Selain itu kamu akan mampu mengontrol adanya bentuk kelemahan yang ada di diri kamu.   Menggali Potensi Baru   Dengan menuliskan kelebihan, kamu dapat menemukan serta menggali potensi baru yang ada dalam diri kamu. Potensi baru kamu pasti bisa menjadi soft skill yang terpendam dan menjadikan aset yang berharga untuk karir kamu di kemudian hari.   Menjadi Lebih Mengenali Diri Sendiri   Dalam menulis kelebihan kamu sebelum interview kerja, hal tersebut mampu membuat kamu lebih mengenali diri sendiri. Ini artinya kamu mampu intropeksi dan mengontrol diri kamu agar tidak berlebihan dan memiliki etika bekerja yang baik. Serta mampu menghargai atasan serta rekan kerja kamu tanpa memberikan streotype sebagai pesaing kerja.   Bisa Memulai Membuat Career Plan   Kamu memiliki kesempatan ekstra dan langka dalam menentukan career plan. Seluruh rencana karir ke depannya akan terlihat lebih tertata dan rapih. Kamu juga akan semakin mengerti bagaimana kamu dalam jangka waktu minimal 2 tahun ke depan. Dengan mengetahui seluruh kelebihan kamu maka kamu akan lebih paham kapasitas kamu dalam keterlibatan industri yang sedang kamu geluti ini.   So, Ceritakan dan tulis dengan seksama kelebihan dari diri kamu, karena itu semua adalah potensi emas Sahabat TopKarir.
Komentar