Pentingnya Freelancer Menjaga Hubungan Baik dengan Klien | TopKarir.com

Pentingnya Freelancer Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Pentingnya Freelancer Menjaga Hubungan Baik dengan Klien | TopKarir.com
05 OCT 2020 22:37 PEMBEKALAN KARIR 690 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi seorang pekerja freelance, reputasi yang positif menjadi salah satu kunci utama dalam berkarir. Lewat reputasi dan rekam jejak yang baik, peluang mendapatkan project freelance lain yang berskala besar akan terbuka lebar. Untuk mendapatkan hal itu, yang perlu kamu lakukan bukan cuma memaksimalkan kinerja di setiap project, tapi juga menjaga hubungan baik dengan masing-masing klien.

 

Meskipun nggak bekerja sebagai karyawan tetap, kamu harus menunjukkan profesionalitas dan sikap yang positif. Baik selama project berlangsung maupun setelah project selesai. Bagaimanapun juga hubungan yang baik dengan klien menjadi modal utama yang mendukung keberlangsungan karirmu sebagai freelancer.

 

Berikut ini alasan kenapa menjaga hubungan baik dengan klien itu penting bagi seorang freelancer, yuk disimak.

 

Referensi dari klien membantumu mendapat project lain dengan mudah

Bukan hal yang mustahil kalau kamu bisa mendapatkan sebuah project freelance lebih gampang karena referensi yang diberikan klien sebelumnya, banyak freelancer yang sudah merasakannya lho. Klien yang punya hubungan baik dengan kamu, nggak akan ragu untuk mempromosikanmu ke pekerjaan yang lain atau partner bisnis terdekat.

 

Meminimalisir kendala dan konflik

Kamu juga harus mengenal klienmu dengan baik, agar tau bagaimana karakteristik klien, cara berpikirnya, apa yang mereka suka, bagaimana reaksi yang diberikan sehingga kamu akan lebih mudah mengerjakan permintaanya.

 

Rajin juga memberikan update terbaru agar klien tahu sejauh mana progres yang sudah dikerjakan. Ceritakan juga setiap kendala yang terjadi agar klien mengerti dan bisa membantu mencari solusi. Dengan begitu, semua pekerjaan yang kamu lakukan akan berjalan lancar, minim kendala, terhindar dari konflik, miskomunikasi, dan yang terpenting klien puas dengan hasil kerjamu.

 

Kerja sama dapat terus berlanjut

Memelihara relasi yang baik dengan klien juga bermanfaat untuk membangun kerja sama secara berkelanjutan. Nah, saat kamu sudah punya penilaian baik di mata klien, bukan nggak mungkin klien memberimu project lain di kemudian hari ketika ia membutuhkan. Namamu bisa menjadi list teratas untuk direkrut lagi, bahkan tanpa harus melakukan tes dan wawancara ulang.

 

Nggak mudah memang mengambil hati klien dan punya hubungan yang baik. Coba mulai dengan latihan komunikasi, cepat tanggap, menjadi pendengar yang baik, bersikap ramah, sabar dan mencoba mengerti apa yang klien mau.

 

Itu tadi tiga alasan pentingnya menjaga hubungan baik dengan klien buat seorang freelancer. Buat kamu yang lagi cari loker freelance bisa temukan project impianmu di TopKarir Freelance.Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.