Webinar Membentuk Keunikan Produk - APINDO UMKM AKADEMI | TopKarir.com

Peluang Bisnis Bakso Ikan dan Cara Pembuatannya

Peluang Bisnis Bakso Ikan dan Cara Pembuatannya | TopKarir.com
29 MAY 2020 10:49 PEMBEKALAN KARIR 243 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bakso merupakan kuliner khas Indonesia yang keberadaanya sangat mudah dijumpai dimana-mana. Penggemarnya berasal dari berbagai usia dan kalangan, bisa dibilang bakso jadi santapan yang bisa diterima dan dicari-cari oleh siapapun, nggak heran usaha bakso begitu menjanjikan. Umumnya bakso terbuat dari daging sapi atau ayam, tapi seiring perkembangan bisnis kuliner, kemunculan bakso ikan kini mulai tersebar luas di pasaran.

 

Bakso ikan bisa jadi alternatif dan pilihan baru konsumen selain bakso daging sapi. Terlebih daging ikan punya keunggulan dibanding daging sapi, ikan mengandung nutrisi DHA serta lemak tak jenuh. Asam dokosaheksaenoat atau DHA adalah nutrisi penting untuk semua usia. Untuk ibu hamil, asupan makanan yang mengandung DHA membuat pertumbuhan dan perkembangan otak dan mata pada janin di dalam kandungan jadi lebih sehat. Sedangkan, pada anak dan orang dewasa, adanya DHA membantu menjaga kesehatan jantung. Banyak bukan kelebihan daging ikan?

 

Di negara kepulauan seperti Indonesia keberadaan pasokan ikan pastinya sangat berlimpah. Hal ini harus bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis sekaligus membantu ekosistem nelayan di Indonesia.

 

Saat ini bakso ikan yang dikemas beku juga banyak dipilih masyarakat. Produk makanan beku / frozen food bisa bertahan untuk beberapa hari di dalam kulkas. Bagi ibu rumah tangga produk ini bisa dikreasikan untuk berbagai jenis masakan seperti sayur sop, sayur bayam, pelengkap nasi goreng, bihun rebus dan masih banyak lagi.

 

Melihat peluang tersebut, bakso ikan frozen menawarkan potensi yang besar buat kamu yang baru mau memulai usaha. Bisnis makanan beku juga lebih mudah dipasarkan lewat media sosial, produknya juga lebih mudah dikirim ke berbagai daerah.

 

Gimana? Tertarik memulai usaha bakso ikan? Tapi sebelumnya kamu harus bereksperimen dan tahu cara membuat bakso ikan yang nikmat sebelum terjun ke pasaran. Salah satu jenis ikan yang mudah diolah dan punya kandungan gizi tinggi adalah ikan tuna. Berikut resep dasar membuat bakso ikan tuna yang enak dan berkualitas.

 

  1. Pilih ikan tuna yang segar untuk memastikan kualitas rasa dari bakso ikan.
  2. Hancurkan daging ikan tuna hingga halus dan lepaskan duri-durinya.
  3. Campur daging ikan tuna yang telah dihaluskan beserta dengan tepung terigu dan aduk hingga tercampur rata. Kamu juga bisa menambahkannya dengan kentang rebus yang telah dikupas dan ditumbuk halus agar bentuk bakso lebih bulat sempurna. Bahan lain yang bisa kamu tambahkan seperti keju parut atau susu bubuk.
  4. Taburi adonan dengan bumbu seperti garam, merica bubuk, bubuk kaldu dan rempah lainnya. Kreasikan bumbu sesuai selera kamu.
  5. Bentuk adonan menjadi bulat menggunakan tangan kemudian taruh ke dalam wadah berisi air dingin.
  6. Rebus bakso ikan di dalam air yang mendidih, tunggu sampai mengapung kemudian angkat dan tiriskan.

 

Resep bakso ikan diatas hanyalah resep dasar yang bisa kamu kreasikan dan explore lebih dalam lagi untuk menghasilkan produk bakso yang nikmat dan dicintai banyak orang.

 

Bisnis makanan akan selalu jadi buruan, seiring kebutuhan manusia akan pangan. Namun tidak semua produk makanan bisa dipilih oleh konsumen, untuk itu produkmu harus bisa menyuguhkan cita rasa yang berbeda dan keunggulan lain yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Bisnis bakso ikan bisa dijadikan ide brilian disaat masyarakat kini semakin mementingkan gizi dalam setiap asupan makanan yang dikonsumsi. Apalagi bahan dasar ikan sangat mudah dan murah ditemukan di tengah sumber daya alam Indonesia yang melimpah.

 

Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.