Pencari Karir Pencari Kandidat

Metode Belanja Hemat Agar Gaji Kamu Tidak Cepat Habis

24 Maret 2021 20:03 2420 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Para pekerja sering sekali boros dengan membelanjakan uangnya atau gajinya untuk budget fashion dan beauty. Sering kali ini menguras gaji kamu, nah untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran kamu harus melakukan menghemat uang belanja, nah berikut ini tips agar belanja hemat agar gaji kamu tidak cepat habis, simak ya!

 

  • Jangan terfokus pada merek

Jangan tergoda, bandingkan dengan merek lain yang lebih murah. Syukur syukur kalau kamu bisa membeli produk yang tidak bermerek namun punya fungsi sama.

 

  • Catat rencana belanja

Dengan cara mencatat daftar belanja yang ingin kamu beli, bisa berhemat & mengatur prioritas barang yang ingin kamu beli. 

 

  • Simpan nota pembelian

Supaya pengeluaran terkontrol simpanlah bon belanja. Tujuan menyimpan bon ini adalah agar kamu bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Dengan cara seperti itu kamu bisa tahu saat harga sedang murah dan tempat beli produk murah tersebut.

 

  • Berburu diskon 

Coba amati tiap hari dan carilah promo atau diskon-diskon yang menguntungkan buat kamu yang biasanya banyak terdapat di supermarket besar. Pastikan produk yang kamu beli tidak kadaluarsa dan memang betul-betul kamu butuhkan ya.

 

Itu dia tipsnya Sahabat TopKarir, yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Ampuh Biar Cepat Naik Gaji

Tips Ampuh Biar Cepat Naik Gaji

Apa kamu mulai merasa gajimu sudah nggak sesuai sama beban kerja yang kamu tanggung? Mungkin saatnya untuk kamu minta naik gaji nih. Emang sih bukan perkara mudah untuk bisa naik gaji, karena kamu harus paham seberapa besar kapasitas, kontribusi dan jam terbang kamu di perusahaan tempat kamu kerja. Tapi bukan berarti hal yang mustahil juga lho kamu bisa naik gaji. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar gajimu bisa lebih baik dari sekarang nih. Yuk simak tips & trik nya!   Lakukan riset Sebelum minta kenaikan gaji, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau berapa rata-rata gaji untuk posisimu saat ini. Nggak perlu bingung, tinggal browsing aja di banyak situs yang memuat standar gaji sesuai posisi dan bidang kerjamu. Kamu harus tahu batas normal kenaikan gaji itu berapa yang bisa diterima si Bos, jangan sampai kamu nego di atas batas wajar.  Jangan ragu bertanya pada rekan kerjamu yang lain, yang punya jabatan setara atau bahkan lebih tinggi. Kepoin nominal gaji temanmu yang kerja di perusahaan lain juga bisa tuh. Mungkin topik gaji akan sangat sensitif bagi beberapa orang, untuk itu coba cari tahu dari rekan terdekat dulu ya!   Meningkatkan kompetensi Nggak mungkin kan Boss dengan mudah menaikkan gaji kamu tanpa ada perkembangan dan kemajuan dari sisi kinerja dan hasil. Gaji itu memang penting, tapi selama bekerja kamu harus fokus untuk memaksimalkan diri di setiap tugas yang kamu emban, jangan hanya memikirkan gaji aja. Karena hasil nggak akan mengkhianati proses kok. Kalau dirasa butuh lebih banyak ilmu, kamu bisa ikut beragam pelatihan dan sertifikasi yang menunjang kompetensimu. Perlu diingat jika besarnya gaji itu setara dengan besarnya tanggung jawab yang kamu pegang. Kalau mau gaji yang besar tentu tugasmu juga semakin berat.   Beri tahu kontribusi kamu dan rencana ke depan Komunikasikan pada Bos kamu, kontribusi dan kesuksesan apa aja sih yang pernah kamu raih di perusahaan. Apa yang membuat kamu layak mendapatkan gaji yang lebih besar? Jangan lupa juga kamu harus menjelaskan apa rencana dan gambaran strategi yang kamu punya untuk kemajuan perusahaan nantinya. Hal ini akan meningkatkan “nilai jual” kamu di mata Bos lho.    Pahami situasi dan cara menyampaikannya Yang terakhir kamu harus cari momen yang pas. Jangan meminta kenaikan gaji disaat situasi perusahaan sedang tidak baik, momen yang tepat semakin mempermulus jalanmu menuju kenaikan gaji nih. Misal saat perusahaan sudah mencapai target revenue, saat mood Bos lagi baik, atau saat kamu sudah berhasil menyelesaikan tugas dan target tertentu. Nggak mungkin kan saat perusahaan sedang nggak baik kamu minta naik gaji. Persiapkan juga bagaimana penyampaian pesan kamu ke Bos, usir gugup dan sampaikan dengan sopan, percaya diri, tegas dan jelas. Gestur tubuhmu juga harus diperhatikan ya! Itulah empat cara yang bisa kamu terapkan untuk dapat kenaikan gaji. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!
Komentar