Pencari Karir Pencari Kandidat

Merintis Karir Sebagai Account Executive, Keahlian Ini Wajib Dimiliki

24 Maret 2021 20:03 3662 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Jika kamu cermati, beberapa tahun belakangan ini tren dunia kerja semakin berubah mengikuti perkembangan industri. Mulai dari sistem perekrutan, tren pencari kerja, sistem kerja perusahaan, sampai bidang profesi yang tersedia. Account Executive adalah salah satu pekerjaan yang baru-baru ini jadi yang paling dicari perusahaan. Popularitas profesi ini di kalangan anak muda menjadikannya semakin diminati. Secara garis besar, Account Executive bertugas sebagai jembatan antara perusahaan dengan klien, sampai menghasilkan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Seorang AE bertanggung jawab membuat perencanaan, brainstorming, meeting, hingga budgeting. Tapi, sebelum kamu melamar pekerjaan sebagai seorang AE, cermati dulu 7 keahlian yang harus banget kamu punya di bawah ini.

 

 

  • Mampu melihat peluang besar bagi perusahaan

 

Seorang Account Executive harus bisa melihat potensi dari setiap situasi yang dihadapi. Ia dituntut untuk bisa memutuskan sebuah strategi yang berdampak besar bagi perusahaan saat ini dan kedepannya. Kalau kamu bisa menyeimbangkan kebutuhan klien dan perusahaan kamu sudah bisa dikatakan sukses jadi seorang AE.

 

 

  • Percaya diri dan public speaking yang baik

 

Jadi AE kamu bakal banyak kerja di luar kantor. Bertemu dengan klien sudah jadi “santapan” tiap hari, untuk itu diperlukan rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu kamu juga dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan karakteristik klien yang berbeda-beda. Kemampuan berkomunikasi juga penting banget kamu kuasai. Perusahaan akan semakin mudah menjalin kerjasama melalui mantra berupa kata-kata yang bisa bikin klien percaya. Sebaiknya asah kemampuan public speaking kamu dari sekarang karena hal ini juga berguna untuk banyak pekerjaan.

 

 

  • Kemampuan persuasi dan negosiasi yang mumpuni

 

Rutinitas kerja seorang AE salah satunya adalah presentasi di depan klien. Dalam perjalanan karirmu sebagai AE meyakinkan klien untuk bekerjasama atau tertarik dengan produk perusahaanmu bukanlah tugas yang mudah, apalagi di tengah kompetitor produk serupa. Bukan AE namanya kalau gak lihai membujuk klien. Klien akan sangat teliti sebelum memutuskan kerjasama. Kamu harus pintar negosiasi dan teliti untuk menimbang setiap poin kerjasama agar perusahaan nggak merugi.

 

 

  • Bijak dalam mengontrol emosi

 

Semakin jauh jejak karir seorang AE tentu semakin berat juga tantangannya. Komplain dari klien bukan hanya datang sekali dua kali. Kamu harus sabar mengontrol emosi. Di hadapan klien kamu harus bertindak profesional meski banyak tipikal klien yang “ngeyel” dan banyak permintaan. Senyumin aja, dengan begitu tantangan ini bisa mengubah pribadi kamu menjadi lebih kuat.

 

Pekerjaan apapun memiliki tantangannya tersendiri. Untuk itu keterampilan tertentu perlu kamu kuasai. Dengan mengikuti perkembangan tren profesi dan mengasah keterampilan, kamu bisa menyesuaikan diri dengan berbagai profesi populer saat ini. Intinya keterbukaan terhadap informasi dan keinginan untuk terus belajar akan membawa kamu pada karir yang tinggi.  Lowongan Account Executive terbaru di TopKarir bisa kamu temukan disini. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Ini Alasan Pentingnya Pengalaman Kerja untuk Kemajuan Karir

Ini Alasan Pentingnya Pengalaman Kerja untuk Kemajuan Karir

Kenapa sih harus ada syarat pengalaman kerja sekian tahun dalam melamar pekerjaan? Mungkin itu beberapa unek-unek para pencari kerja yang baru saja akan menginjakkan kakinya di dunia kerja.Sebenarnya apa sih pentingnya pengalaman kerja? Nah berikut ulasan pentingnya pengalam kerja buat kamu. Simak ya!   Mengetahui seluk beluk bidang pekerjaan yang kamu tekuni  Kamu yang pernah mencicipi dunia kerja yang selaras dengan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar dinilai telah banyak mengetahui seluk beluk dalam bidang tersebut. Kamu tahu apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, sehingga dianggap tidak akan terlalu merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri pada perusahaan yang dituju.   Memiliki soft skill  Soft skill merupakan salah satu yang juga penting dalam dunia kerja. Calon pegawai yang pernah bekerja sebelumnya pasti setidaknya telah memiliki soft skill yang dibutuhkan, seperti public speaking, bekerja sama dalam tim, berfikir kreatif, dan sebagainya.   Membuktikan kompetensi Kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja dianggap telah memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai aturan yang ditetapkan.   Menunjukkan komitmen kamu untuk berkarier di bidang tersebut Jika kamu melamar pekerjaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan kamu sebelumnya dan juga memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai, maka kamu telah menunjukkan komitmen kamu dalam berkarier di bidang tersebut.   Mudah memecahkan masalah Karena telah bergelut di bidang tersebut pasti kamu telah banyak menghadapi berbagai masalah dan dipercaya akan mudah dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaiknya jika sewaktu-waktu masalah tersebut muncul lagi.   Itu dia alasannya kenapa pengalaman kerja begitu penting. Yuk simak tips seputar karir lainnya di TopKarir, download aplikasinya ya!
Komentar