Pencari Karir Pencari Kandidat

Menjaga Kesehatan untuk Cegah Virus Corona di Lingkungan Kerja

24 Maret 2021 20:03 3379 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Akhir-akhir ini dunia sedang gempar karena kemunculan Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang kita kenal dengan corona. Semua warga berbondong-bondong membeli segala perlengkapan kesehatan untuk mencegah terjangkit virus yang menginfeksi sistem pernafasan ini. Dengan kemunculan virus corona, kita dipaksa untuk lebih awas sama kesehatan kapanpun dan dimanapun kita berada, termasuk di lingkungan kantor tempat kerja kita. Gimanapun juga di lingkungan kerja kita berinteraksi dengan banyak orang. Biar kesehatan dan daya tahan tubuh kita tetap prima dan membentengi diri dari virus corona, berikut 6 tips untuk menjaganya.

 

Cuci tangan dengan sabun

Menggunakan hand sanitizer, desinfektan dan cuci tangan pakai sabun adalah cara untuk melindungi diri dari penularan virus. Tapi jangan terlalu sering mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer ya karena itu akan mengikis kulit sehingga melemahkan kemampuan kulit untuk pelindung dan menjaga kelembapan. Dilansir SUARA.com, juru bicara produsen produk kimia dan konsumen Jepang Kao Corp menganjurkan untuk mencuci tangan selama 30 detik karena lebih efektif ketimbang berkali-kali mencuci tangan.

 

Jika flu dan batuk kenakan masker

Dilansir Tirto.id, WHO menyarankan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus lebih efektif digunakan oleh mereka yang sedang sakit. Kalau kamu punya gangguan pernafasan segera kenakan masker medis di tempat umum ya. Kalau masker kamu sudah lembab segera ganti dengan yang baru, jangan gunakan lagi setelah satu kali pakai. Saat bersin tutup dengan sapu tangan, tisu atau sisi dalam lengan.

 

Istirahatkan mata setelah lama menghadap komputer

Kamu juga harus memperhatikan kesehatan anggota tubuh lain termasuk mata. Matamu juga bisa lelah dan butuh istirahat, hal ini juga bisa berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya. Ketika jam istirahat kantor, beri waktu 10-15 menit untuk memejamkan mata. Pijat ringan kelopak mata kamu selama 1-2 menit, pastikan kamu sudah mencuci tangan ya.

 

Lakukan stretching, jangan terlalu lama duduk

Tubuh kita nggak bisa dipaksa untuk duduk terlalu lama, hal ini bisa mengganggu fungsi organ tubuh termasuk jantung lho. Sempatkan untuk melakukan stretching atau olahraga ringan setiap dua jam sekali karena penting buat tubuh kamu untuk terus aktif bergerak.

 

Perbanyak minum air putih

Saking sibuknya sama kerjaan kadang kita sering lupa kalau tubuh kekurangan cairan, apalagi di dalam ruangan ber-ac. Dikutip dari laman ob-fit.com, kondisi sedentari (tidak banyak bergerak) dan kurang asupan air putih dalam jangka panjang akan menimbulkan gangguan ginjal. Apa aku sudah cukup minum? Cari tau dengan mengecek warna urin kamu, kalau warnanya putih bening sampai kuning muda artinya asupan air putih sudah cukup buat tubuh kamu.

 

Bawa bekal bernutrisi dari rumah

Selain lebih boros, beli makan di luar juga belum terjamin nutrisi dan kehigienisannya. Lebih baik membawa bekal dari rumah dengan mengkombinasi sayuran dan buah.

 

Kementerian Kesehatan RI menghimbau untuk membentengi diri dengan selalu menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, untuk menghindari penularan virus corona. Tetap waspada dan perhatikan kesehatan diri dan keluarga ya Sahabat TopKarir. Cari tau informasi dan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
5 Profesi Kerja Untuk Lulusan Kesehatan Masyarakat

5 Profesi Kerja Untuk Lulusan Kesehatan Masyarakat

Menjadi seorang sarjana kesehatan masyarakat saat ini mungkin bukanlah pilihan bagi para angkatan muda di Indonesia. Alasannya tentu saja karena ilmu kesehatan masyarakat disini masih terbilang belum cukup populer. Nah tapi prospek dari jurusan ini juga sangat bagus lho, mau tau apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini ya!   Administrator Layanan Kesehatan Masyarakat Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai Healthcare Administrator bisa kamu temui di rumah sakit, layanan ambulance, dan institusi pemerintah. Tugasnya yang utama adalah untuk memastikan layanan kesehatan yang disediakan oleh tenaga medis dan petugas sudah efektif dan berkualitas.   Gizi Kesehatan Masyarakat Kalau kamu masih tidak menginginkan dunia klinis, kamu bisa juga lho bekerja sebagai quality control di suatu perusahaan makanan maupun minuman. Bila dokter spesialis gizi kebanyakan menangani orang lain dengan masalah gizinya, maka ahli gizi bertugas untuk misalnya manajemen produk makanan di suatu perusahaan ataupun rumah sakit.   Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Prospek kerja kesehatan masyarakat yang satu ini memang sedikit lebih kompleks dan sifatnya teknis. Tugasnya untuk mendesain sistem dan prosedur agar pekerja terhindar dari penyakit ataupun kejadian bencana selama bekerja.   Epidemiologist Ini salah satu cabang di bidang kesehatan yang berhubungan dengan insiden, penyebaran, dan pengendalian penyakit pada populasi. Profesi ini menuntut keahlian dalam menghasilkan demografi yang akurat, nantinya digunakan untuk meminimalisir resiko atas keadaan dunia kesehatan masyarakat.   Biostatistician Prospek kerja kesehatan masyarakat sebagai Biostatistician nantinya akan berkaitan dengan desain cara mengumpulkan data lapangan, lalu menganalisanya untuk kegiatan pengembangan di bidang kesehatan. Bagi kamu yang suka dengan kerja di laboratorium, menyiapkan waktu panjang untuk proses analisa, maka prospek kerja kesehatan masyarakat ini cocok buat kamu. Itulah beberapa prospek kerja kesehatan masyarakat yang bisa kamu lakukan. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Komentar