Mengenal Etika Profesi dan Profesionalisme di Tempat Kerja | TopKarir.com

Mengenal Etika Profesi dan Profesionalisme di Tempat Kerja

Mengenal Etika Profesi dan Profesionalisme di Tempat Kerja | TopKarir.com
26 APR 2021 11:44 TINGKATKAN KARIRMU 344 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Di tempat kerja, etika profesi adalah kode hukum dan moral yang memandu perilaku karyawan di tempat kerja. Menjadi seorang profesional membutuhkan lebih dari sekedar mengenakan setelan pakaian yang bagus. Ini membutuhkan perilaku etis yang mendorong interaksi dengan karyawan lain, pelanggan, dan atasan. 

 

Etika profesi juga memandu bagaimana seseorang melakukan pekerjaannya. Seperti contohnya, memandu apakah seseorang akan melakukan pelanggaran kecil jika dia merasa tidak ada yang memperhatikan. 

 

Pemimpin bisnis perlu menerapkan pedoman yang jelas untuk etika profesi di tempat kerja dan secara konsisten melatih karyawan untuk bekerja sesuai dengan harapan tersebut.

 

Menentukan etika profesi di tempat kerja

Profesionalisme dan etika di tempat kerja adalah prinsip panduan yang ditetapkan oleh individu atau perusahaan. 

 

Umumnya, sebuah perusahaan menetapkan standar etika dan harapan, meskipun ada karyawan yang mungkin memiliki perangkat etika pribadi yang lebih tinggi. Mereka yang tidak mengikuti aturan etika di tempat kerja akan dikenai tindakan disipliner, bahkan mungkin dipecat.

 

Seperti semua pedoman etika, aturan ini, di tempat kerja mempertimbangkan apa yang terbaik untuk semua stakeholder yang terlibat. Itu termasuk pemberi kerja, karyawan, rekan kerja, dan publik.

 

Pentingnya etika di lingkungan kerja

Perilaku etis di tempat kerja penting karena berbagai alasan. Orang dan pelanggan merasa aman saat bekerja dengan perusahaan jika mereka tahu orang-orang mengikuti pedoman yang baik secara moral.

 

Banyak profesional tidak akan bertahan dalam bisnis jika publik tidak merasa bahwa orang atau perusahaan tersebut beroperasi secara etis. Bank, perwakilan keuangan, pengacara semuanya harus mengikuti standar etika yang tinggi. 

 

Pedoman etika juga mengatur cara perusahaan menangani konflik. Ketika pelanggan mengeluh atau jika rekan kerja menuduh orang lain melakukan kesalahan, perusahaan yang etis dapat membuka buku pegangan karyawannya dan mengikuti prosedur adil yang ditetapkan untuk mendapatkan penyelesaian.

 

Contoh perilaku profesional

Komunikasi etika di tempat kerja adalah area lain yang yang perlu dipahami oleh karyawan. Contoh pedoman perilaku profesional yang perlu dipahami, misalnya, seorang karyawan yang marah dengan klien atau rekan kerja tidak seharusnya membongkar kerahasiaan dan menyebarkan atau meneruskan email atau gosip. 

 

Karyawan akan mengikuti arahan manajer jika tidak ada standar yang ditetapkan. Jika atasan masuk dan mengolok-olok pelanggan atau karyawan lain, staf akan berpikir bahwa ini tidak masalah. 

 

Standar etika harus dipenuhi untuk mencegah potensi intimidasi dan diskriminasi, yang mengarah pada pergantian karyawan yang tinggi, kecemasan yang tinggi, dan produktivitas yang rendah.

 

Etika melampaui masalah benar atau salah. Seorang karyawan yang teliti prihatin tentang melakukan pekerjaannya dengan kemampuan terbaiknya. Karyawan ini tidak akan menutup toko dua menit lebih awal. Dia akan terlambat 10 menit, jika seseorang membutuhkan bantuan. 

 

Karyawan yang memiliki standar etika tinggi secara proaktif membantu menyelesaikan masalah dengan rekan kerja atau pelanggan. Mereka tidak memberikan tanggung jawab atau menuding orang lain.

 

Mereka yang berperilaku profesional akan bertanggung jawab. Meskipun sifat-sifat ini tidak sepenuhnya menunjukkan etika seseorang, sifat-sifat ini berfungsi sebagai indikator dasar bagi pemberi kerja untuk menilai kepribadian dan moral mereka.


Nah, agar sukses di dunia kerja, selain harus bersikap etis dan profesional, yuk cari tahu informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.