Pencari Karir Pencari Kandidat

Membangun Komunikasi yang Baik Terhadap Senior atau Atasan

24 Maret 2021 20:03 33089 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 12 KALI DIBAGIKAN

Ketika bekerja di tempat magang, terkadang ada konflik dan masalah yang timbul diantara senior atau atasan di tempat kita bekerja, baik masalah sepele maupun besar, hal itu dapat kita antisipasi dengan membangun komunikasi yang baik terhadap senior atau atasan ditempat kita magang.

 

Atasan atau senior adalah orang yang disegani ditempat kerja, dan mereka akan senang jika kita menghormatinya. Inilah beberapa cara membangun komunikasi yang baik dengan atasan dan senior :

 

Mendengarkan

 

Mendengar merupakan salah satu komunikasi yang efektif, mendengarkan setiap pembicaraan atasan/senior secara seksama dapat menunjukkan keseriusan dan antusiasme kamu, dalam menerima informasi maupun instruksi dari atasan. Seseorang akan merasa tidak dihargai jika lawan bicaranya sibuk sendiri dan tidak memperhatikan apa yang dibicarakan.

 

Berani Bertanya dan Memberikan Tanggapan

 

Jangan malu saat bertanya dengan atasan, sebagai bawahan ada baiknya kita melakukan pekerjaa sesuai instruksi dari atasan. Tanyakan apa yang belum kamu mengerti. Ketika ada masukkan atau tanggapan kita perlu memberikan ide terhadap atasan, berikanlah tanggapan yang sopan dan harus tahu waktu yang tepat agar atasan mau mendengarkan tanggapan kita.

 

Menggunakan Bahasa dan Kalimat yang Efektif

 

Jika kita sedang berkomunikasi pada senior atau atasan, hindarilah kata yang memicu konflik, intonasi tinggi dan argumentative. Juga hal yang harus diingat, jangan pernah menggunakan bahasa atau istilah-istilah yang terlalu tinggi. Komunikasi yang baik bukan dinilai seberapa tinggi bahasa yang digunakan, tapi seberapa mudah dan nyaman yang dapat dipahami lawan bicara.

 

Bahasa Tubuh

 

Gunakan bahasa tubuh yang “minimal” saat berkomunikasi, gerakan tubuh yang tiba-tiba atau memakan banyak ruang dapat membuat lawan bicara merasa tidak nyaman ketika menjalin komunikasi dengan kamu, dan hindari juga ekspresi raut muka yang negatif terhadap senior atau atasan.

 

Jangan Menggurui

 

Ketika berkomunikasi, tetaplah pada posisi kamu sebagai pendengar. Walaupun kamu mempunyai saran yang akan diutarakan kepada atasan, ucapkanlah dengan hati-hati menggunakan kalimat yang tidak menyinggung ego-nya.

 

 

Komentar