Pencari Karir Pencari Kandidat

Mau Sukses Jadi Freelancer? 5 Syarat ini Harus Kamu Penuhi!

24 Maret 2021 20:03 2138 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Tren kerja freelance di tahun 2020 ini semakin banyak diminati generasi muda. Apalagi kalau bukan fleksibilitas yang menjadi alasannya. Yap, tentu karena generasi sekarang lebih nyaman bekerja tanpa harus merasa diatur, mereka ingin bebas mengatur gaya kerjanya. Namun pada dasarnya semua pekerjaan sama-sama mempunyai tanggung jawab dan proses yang nggak instan untuk bisa memenuhi tujuan perusahaan. Selain punya kelebihan, bekerja freelance juga punya banyak tantangan nih, nggak semudah membalikan telapak tangan untuk bisa sukses. Tapi tenang aja, TopKarir punya rahasiannya, yuk disimak!

 

Keterampilan berkomunikasi

Hal pertama yang harus kamu kuasai adalah keterampilan berkomunikasi. Komunikasi bukan hanya penting bagi para pekerja lepas, semua ranah pekerjaan membutuhkan skill berkomunikasi. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan komunikasi semakin dimudahkan. Sebagai freelancer kamu harus responsif dan interaktif dengan klien, hal ini akan jadi gambaran sikap dan reputasimu. Kamu juga harus berdiskusi dengan klien untuk tahu apa yang mereka mau. Jangan ragu menanyakan sesuatu jika dirasa belum yakin, karena lebih baik bertanya dibanding kamu salah mengerjakan tugasnya.

 

Bisa memegang tanggung jawab

Fleksibilitas bisa jadi bumerang buat kamu kalau nggak bisa mengatur diri dengan baik. Bertanggung jawab terhadap klien dan project-mu sudah menjadi kewajiban seorang freelancer juga menyangkut nama baikmu dalam berkarir. Tugasmu adalah memaksimalkan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu dan keinginan klien yang sebelumnya sudah disepakati.

 

Kerja sesuai passion

Sebelum mulai menekuni pekerjaan freelance, kamu harus bertemu dengan passion kamu dulu. Passion akan menentukan bidang keahlian yang tepat, dengan begitu kamu tau project mana yang akan diambil dan fokus mengejar kesuksesan. Menjadi freelancer membutuhkan kemampuan yang spesifik sehingga kamu bisa menguasai suatu bidang dan punya semangat untuk bisa mendalaminya. Ketika dihadapkan pada kesulitan, passion akan membantu kamu untuk bertahan dan berusaha menghadapinya. Kamu jadi punya gairah untuk mengembangkan karir.

 

Kemampuan manajemen

Selanjutnya yang nggak kalah penting adalah kemampuan manajemen yang baik. Jadi freelancer itu kamu harus siap jadi bos untuk diri sendiri. Semua kamu yang ngatur, mulai dari jadwal sampai masalah keuangan. Kamu harus pintar mengorganisir, atur jadwal project agar tidak terbentur dan sesuaikan dengan kemampuanmu. Jangan karena ingin punya banyak penghasilan, manajemen waktu jadi berantakan, pekerjaan jadi susah dikendalikan. Buat jadwal project-mu, atur finansial dengan baik, dan simpan folder dan file pekerjaanmu dengan rapi.

 

Terus belajar dan mengasah skill

Skill memang jadi senjata yang penting sebagai freelancer tapi akan lebih ampuh lagi kalau kamu mau terus belajar dan mengembangkan kemampuan. Jangan gampang puas dengan apa yang sudah kamu kuasai saat ini. Ikuti terus perkembangan informasi dan pengetahuan untuk mendapatkan peluang karir freelance yang lebih besar. Terlebih persaingan di ranah freelance sangat ketat, kamu harus bisa unggul untuk bisa menjadi yang terbaik! Untuk memperluas wawasan dan memperdalam keterampilanmu, kamu bisa ikutan Pelatihan dan Sertifikasi sesuai bidang yang kamu mau di TopKarir.

 

Itu tadi 5 hal yang harus kamu penuhi kalau mau sukses bekerja sebagai freelancer. Temukan lowongan kerja freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu di fitur terbaru TopKarir yakni TopKarir Freelance. Cari tahu tips-tips karir dan fitur menarik lain yang akan membantu karir kamu di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasi TopKarir di App Store dan Play Store, gratis!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Ada Pelatihan Spesial Buat Bantu Karir Kamu Meroket

Ada Pelatihan Spesial Buat Bantu Karir Kamu Meroket

Minggu ini ada beberapa pelatihan pilihan yang bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan diri memulai dan mengembangkan karir. Ikut pelatihan di masa pandemi seperti sekarang bermanfaat supaya kamu bisa jadi kandidat terbaik di tengah ketatnya persaingan kerja. Bahkan bisa menciptakan lapangan kerja baru dengan berwirausaha. Nah, berikut ini beberapa pilihan pelatihan spesial di TopEdu yang bisa kamu pilih.   TOEFL Preparation for General (Online Course) - minGGah Indonesia Dalam pelatihan webinar ini akan dijelaskan mengenai materi dan tips mengerjakan tipe-tipe soal Listening, Reading dan Written expression secara mudah dan cepat dipahami. Buat yang mau tes TOEFL pelatihan ini bisa jadi pilihan terbaik buat kamu ikuti.   Webinar akan dilaksanakan di tanggal 2 - 27 November 2020 pukul 19.15 - 20.45 selama 12 kali pertemuan. Setiap minggu akan ada topik berbeda dengan 3 kali pertemuan yakni di hari Senin, Selasa, Jumat. Pembelajaran secara umum mengenai TOEFL dengan metode daring.   Menjadi Milenial dengan Kepastian - Rei Patera Milenial adalah generasi harapan bangsa yang berperan dalam kemajuan. Course ini membantu kamu, generasi muda agar memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengatur keuangan dan mempersiapkan masa depan yang pasti.   Webinar akan dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan yaitu di tanggal 5, 12, 19, 26 November 2020 pukul 16.00 - 17.00. Kamu akan mempelajari topik topik berikut ini: Milenial dan Bonus Demografi  Ini dia yang perlu dimiliki Milenial! Milenial yang Sehat secara Keuangan Milenial yang Pasti!   Kepercayaan Diri Membangun Karir - Fanny Lara Ambadar Salah satu modal penting dalam membangun karir adalah kepercayaan diri. Percaya diri membuat kamu punya semangat dan gairah untuk berproses. Pelatihan ini berbentuk webinar yang akan dilaksanakan di tanggal 24 Oktober 2020, pukul 10.00 - 12.00. Yang akan dipelajari: 5 Alasan kenapa kamu kurang percaya diri & solusinya Mengenal kekuatan & potensi diri Mengubah mindset untuk berpikir lebih positif Menghilangkan perasaan takut gagal Langkah untuk stop merasa insecure dan stop membandingkan diri dengan orang lain di tempat kerja Membuat goals / tujuan yang jelas & langkah untuk mencapainya 10 Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri di tempat kerja Menjadi versi terbaik dari diri sendiri   Pembangunan SDM dan Pengembangan Karakter - Ludwig Suparmo  Untuk membangun SDM menuju produktivitas diri, banyak langkah-langkah yg harus kita pelajari, terutama di kalangan milenial seperti kita ini. Pengembangan untuk menciptakan karakter positif juga nggak kalah penting agar kita punya lebih siap berkontribusi nyata lewat karir. Kamu yang tertarik ikut pelatihan ini, webinar dilaksanakan di tanggal 24 Oktober 2020 pukul 10.00 - 12.00.   Itu tadi 4 pelatihan online di TopEdu yang bisa jadi bekal biar karir kamu makin meroket. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!
Tips Kerja Keras agar Karir Kamu Semakin Melesat

Tips Kerja Keras agar Karir Kamu Semakin Melesat

Pernahkah kamu merasa kesulitan dalam berkarir? Berbagai usaha telah dilakukan dan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita banyak melihat orang sukses diluar sana yang berhasil membuat karirnya melesat.   Hal itu justru membuat kita kagum dan di lain hal memicu timbulnya rasa iri, dan menganggap kesuksesan hanyalah keberuntungan semata. Agar karir semakin melesat, kamu perlu kemauan dan kerja keras untuk meraihnya.   Menetapkan Tujuan   Menetapkan tujuan dalam berkarir, merupakan hal yang paling penting dalam mencapai kesuksesan dalam berkarir. Berkarir dengan tujuan dapat membangun motivasi tersendiri agar semakin percaya diri dan semangat dalam mengejar sukses. Tentukan arah dan langkah apa yang harus kamu ambil dalam mencapai kesuksesan.   Bayangkan Kesuksesan   Membayangkan sesuatu yang ingin kita capai, mendorong kamu untuk berfokus pada tujuan dan berambisi untuk mewujudkannya. Jangan merasa aneh jika kamu menghayalkan sesuatu yang masih dalam proses, dengan membayangkan kesuksesan. Dapat membangun sisi positif dalam diri kamu, dan termotivasi dalam bekerja keras untuk mencapainya.   Jaga Kesehatan   Untuk menyeimbangi kerja keras, perhatikan juga kesehatan kamu. Terkadang kita terlalu sibuk pada pekerjaan sehingga kita lupa akan kesehatan kita. Walaupun kita telah meraih kesuksesan dan merasa hidup nyaman, tidak ada gunanya jika kondisi kita sakit-sakitan dan tidak bisa menikmati hasil dari yang kita kejar.   Menceritakan Tujuan Kamu   Menceritakan akan tujuan kamu pada orang lain dapat membuat kamu semakin termotivasi, dan bersemangat dalam menjalani proses agar kamu bisa membuktikan hasil dari kerja kamu. Kamu bisa membagi tujuan pada keluarga, teman terdekat dan lainnya. Di sisi lain, dengan bercerita dapat membuat kamu menjadi lebih ringan terhadap beban, dan orang disekitar mu juga bisa memberi kamu saran dan terus mendukung kamu dalam meraih kesuksesan.   Meneguhkan Hati   Kamu bisa melatih diri kamu untuk terus tetap tegar dan tidak mudah jatuh, ketika dihadapkan pada suatu masalah yang besar atau rintangan. Disaat masa dalam proses kamu mengejar kesuksesan kamu. Memperkuat mental dan tekat, bisa membangun kepercayaan diri agar kamu tidak mudah menyerah dalam usaha keras kamu.
Komentar