Pencari Karir Pencari Kandidat

Manfaat Kegiatan Volunteer untuk Menunjang Karir

24 Maret 2021 20:03 22212 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Saat memasuki dunia kerja kita seringkali dituntut punya banyak pengalaman. Pengalaman ini bisa dianggap sebagai kesiapan kita memasuki dunia kerja.

 

Tapi bentuk pengalaman bukan cuma pekerjaan aja lho ya, pengalaman bisa berupa kegiatan magang, event atau juga volunteer. Volunteer bisa jadi salah satu bekal kamu sebelum memulai karir.

 

Volunteer merupakan bentuk keikutsertaan individu dalam kegiatan sosial yang didasari keinginan pribadi. Melalui kegiatan volunteer kamu akan mendapat koneksi baru dengan banyak orang, berbagi manfaat untuk lingkungan sosial dan punya dampak buat kesehatan mental juga lho.

 

Kalau kamu masih ragu ikutan kegiatan volunteer, coba yuk cek 5 manfaat menjadi volunteer untuk karir kamu berikut ini.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kabupaten Semarang? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Membangun dan memperluas jaringan sosial

Jadi volunteer bikin kamu terhubung dengan banyak orang di dalam komunitas juga masyarakat yang menjadi target sosial. Nggak cuma memperluas jaringan pertemanan karena sama-sama satu tujuan untuk saling bantu, tapi bisa jadi orang-orang dalam komunitaslah yang membantu kamu menemukan jalan karir.

 

Di luar kegiatan volunteer kamu dan anggota lain bisa saling berbagi informasi tentang berbagai hal termasuk kesempatan karir.

 

2. Membantu menemukan nilai dalam hidup

Menjadi relawan sosial kamu akan diajak untuk lebih peduli terhadap sesama. Dari situ kamu akan bisa menemukan arti kehidupan sebenarnya, bahwa kita sebagai manusia memang seharusnya saling membantu sebab di dunia ini individu saling membutuhkan.

 

Kamu juga akan belajar lebih ikhlas membantu masyarakat yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kabupaten Tangerang? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Membuat kita lebih peka terhadap permasalahan lingkungan

Di luar sana banyak sesama yang kesulitan dan membutuhkan bantuan, dengan menjadi volunteer kita diajarkan untuk membuka mata bahwa lingkungan membutuhkan kita untuk turut serta mensejahterakan manusia.

 

4. Mengembangkan kemampuan kerjasama tim

Saat memasuki dunia kerja kamu akan dituntut untuk bisa bekerja baik independen maupun kerja tim. Nah, kalau kamu punya pengalaman sebagai volunteer, kamu akan belajar bagaimana bekerja bersama sebagai satu tim untuk mencapai tujuan.

 

Kamu akan terlatih berkomunikasi, berkoordinasi dan menyampaikan pendapat. Kegiatan volunteer bisa menjadi gambaran lingkungan kerja profesional juga.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kabupaten Serang? Temukan selengkapnya di sini. 

 

5. Membantu mengembangkan keterampilan teknis

Mengikuti kegiatan volunteer kamu akan mendapat tugas yang sesuai dengan kebutuhan dan keahlianmu. Misalnya kamu ditunjuk sebagai divisi media dan dokumentasi, kamu akan belajar bagaimana mendapatkan momen yang bagus selama kegiatan dan merangkumnya menjadi video yang menarik.

 

Kemampuan fotografi dan editing kamu jadi makin terasah. Atau kamu masuk sebagai staf medis yang harus menangani pasien yang terkena wabah atau korban bencana alam. Dengan begitu volunteer bisa dijadikan sebagai sarana mengembangkan kemampuan dan keterampilan sebelum masuk ke dunia kerja.

 

6. Membuat kita selalu mensyukuri hidup

Keinginan dari dalam hati untuk membantu sesama menyadarkan kita bahwa diluar sana masih banyak yang membutuhkan uluran tangan kita.

 

Banyak anak-anak yang putus sekolah karena terhalang biaya dan kondisi daerah yang tidak memungkinkan untuk pergi sekolah, atau masyarakat yang kesulitan mendapat bantuan kesehatan karena biaya rumah sakit yang mahal.

 

Menjadi relawan kita akan semakin mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan, dan sadar bahwa nikmat itu juga bisa dirasakan dan dibagi pada sesama.

 

Kondisi sekarang ini dimana Indonesia sedang terkena wabah virus Corona membuat masyarakat bahkan Pemerintah kesulitan menangani dampaknya. Untuk meredam penyebaran virus, selain menjaga kesehatan dan kebersihan diri, masyarakat kini juga sadar bahwa kepedulian harus lebih ditingkatkan untuk membantu sesama.

 

Salah satu caranya adalah dengan volunteer, ribuan anak muda sudah ikut berkontribusi menjadi relawan sosial di beberapa bidang khususnya kesehatan untuk memerangi dampak Corona.

 

Kamu tertarik bergabung menjadi salah satu pahlawan? TopKarir mempertemukan kamu dengan instansi/perusahaan/lembaga sosial yang membutuhkan relawan melalui program Volunteer di fitur TopKarir Freelance. Caranya gampang, download aplikasi TopKarir dan isi profilmu sampai 100%, kamu sudah bisa mencari program volunteer yang kamu mau.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Manfaat Bahasa Inggris Untuk Karirmu

Manfaat Bahasa Inggris Untuk Karirmu

Salah satu bahasa yang wajib dikuasai adalah bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang banyak digunakan di beberapa negara maju. Percaya atau tidak, seseorang dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik ternyata lebih mudah diterima di dunia kerja. Bahkan, sepak terjang kariernya cukup gemilang lho. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris mereka agar bisa bersaing di pasar tenaga kerja. Nah berikut ini manfaat kalo kamu jago bahasa Inggris, simak ya!   Prospek kerja yang indah Kalo kamu jago Bahasa Inggris, prospek pekerjaan yang kamu dapatkan akan semakin luas karena, semua perusahaan tertarik dengan karyawan yang mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan.   Meningkatkan rasa percaya diri Berbekal kemampuan bahasa Inggris, biasanya kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi, baik ketika melamar pekerjaan ataupun sedang dihadapkan pada tantangan baru dalam bekerja.   Potensi untuk mendapatkan lebih banyak uang Karyawan yang berbicara lebih dari 1 bahasa memiliki kecenderungan untuk menghasilkan lebih banyak uang daripada yang hanya berbicara 1 bahasa saja, karena mereka berpotensi untuk mendapatkan promosi dan tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan.   Untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi Kalau kamu ingin meningkatkan jenjang pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, seperti S2 atau S3 maka syarat wajib untuk itu adalah dengan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Maka dari itu, ada baiknya Bahasa Inggris harus mulai kamu giatkan belajarnya mulai dari sekarang, terutama bagi kamu yang masih minim pengetahuan bahasa inggrisnya.   Menjadi lebih pintar Siapa sangka, orang-orang yang pintar identik dengan orang-orang yang menguasai Bahasa Inggris. Hal itu menjadi wajar karena orang pintar mendapatkan referensi untuk belajar dari berbagai buku yang berbahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris yang kamu kuasai, sudah pasti akan mengantarkanmu menuju kepintaran.   Itu dia manfaat belajar bahasa inggris yang akan kamu dapatkan Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar