Lakukan Hal Ini Saat Merasa Bosan dengan Pekerjaan | TopKarir.com

Lakukan Hal Ini Saat Merasa Bosan dengan Pekerjaan

Lakukan Hal Ini Saat Merasa Bosan dengan Pekerjaan | TopKarir.com
03 SEP 2020 14:49 TINGKATKAN KARIRMU 4977 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bosan adalah proses yang wajar terjadi dalam kehidupan manusia, siapa sih yang nggak pernah mengeluh bosan selama hidupnya? Ketika bekerja, rutinitas kerja yang dilakukan setiap hari akan tiba pada satu waktu, dimana kita merasa jenuh melakukannya. Meskipun sudah lama kerja di kantor dan dikelilingi rekan super menyenangkan, bukan berarti kita bisa bebas dari rasa bosan.

 

Terkadang muncul pemikiran untuk resign dari pekerjaan yang dijalani dan coba mencari hal-hal baru. Tapi sadar nggak sih? Kamu bisa ada di pekerjaan ini bukan cuma didorong akan kebutuhan, tapi juga karena ingin terbebas dari rasa bosan. Bosan karena belum mendapat pekerjaan, bosan terlalu lama apply sana-sini dan bosan diam di rumah setiap hari.

 

Bisa jadi saat ini kamu hanya ingin berpindah dari kebosanan satu ke kebosanan lain. Atau mungkin bosan yang kamu rasakan hanya alasan untuk menyerah pada tantangan dan kesulitan. Jangan jadikan bosan sebagai penghambat kesuksesan, yang membuat kamu mudah menyerah dan lari dari setiap masalah.

Lawan rasa bosan itu dengan berlatih, terus mencoba dan nikmati setiap prosesnya. Nah, buat kamu yang sedang ada di fase bosan sama pekerjaan, simak berapa cara mengatasinya di bawah ini.

 

Nikmati setiap prosesnya

Jack Ma, sebelum mendirikan Alibaba, pernah membuat dua perusahaan internet yang gagal setelah empat tahun beroperasi. Jika rasa bosan mengendalikannya untuk berhenti, perusahaannya tidak akan menjadi raksasa seperti sekarang ini. Dari perjalanan karir Jack Ma, kita bisa belajar untuk menghargai setiap proses yang dijalani, beri apresiasi untuk diri kamu sendiri. Misal berwisata atau sesekali membeli barang yang kamu inginkan.

 

Sadari bahwa nggak ada yang instan di dunia ini, termasuk kesuksesan. Belajar dan bangkit dari kegagalan yang kamu alami akan membuat kamu jatuh cinta pada proses, dan terhindar dari rasa bosan tentunya.

 

Tentukan target sambil terus berjalan

Target yang belum bisa direalisasikan ketika melakukan pekerjaan bisa menjadi pemicu rasa bosan. Sebagai manusia kita didorong oleh stimuli berupa target untuk menjaga motivasi dan semangat kerja. Ketika target besar belum juga dipenuhi, rasa lelah dan bosan perlahan mulai menghampiri.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah buat goal-goal kecil yang hasilnya bisa kamu rasakan langsung saat selesai dikerjakan, dibanding fokus mencapai goal besar. Semua hal dalam hidup membutuhkan proses dan mulailah dengan mencapai tujuan-tujuan kecil yang bisa kamu syukuri. 

 

Selalu ingat tujuan dan usaha kamu

Tamat sekolah, menyelesaikan kuliah, mencari pekerjaan kesana-kemari, coba deh ingat lagi perjuanganmu sampai ada di posisi sekarang ini. Nggak lupa, selalu ingat tujuanmu dalam bekerja, entah itu untuk membahagiakan orangtua, membeli rumah atau membangun bisnis sendiri. Jadikan tujuanmu sebagai semangat dan dorongan untuk terlepas dari rasa bosan.

 

Jangan pernah membenci rutinitas

Kamu nggak akan menghasilkan apapun hanya dengan sekali percobaan, gagal, lalu berhenti. Untuk mencapai tujuan diperlukan proses yang dilakukan secara rutin, dan bosan adalah tantangan di dalam proses yang pasti kamu temui. Akhirnya yang akan membawa seseorang pada kesuksesan adalah kesungguhan untuk terus melangkah dan mampu melawan segala bentuk tantangan termasuk diantaranya, rasa bosan.

 

Itu tadi beberapa cara mengatasi rasa bosan dengan pekerjaan. Yuk baca tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

 

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.