Pencari Karir Pencari Kandidat

Kunci Sukses Berkarir Sebagai Guru di Era Digital

24 Maret 2021 20:03 3830 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Memasuki era industri 4.0, dunia pendidikan turut serta menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Bagi seorang pengajar kondisi ini tentu menjadi sebuah tantangan, pasalnya posisi guru kemungkinan bisa tergantikan oleh teknologi. Hasil penelitian yang dilakukan Hole in the Wall oleh Sugata Mitra di India, menemukan bahwa anak muda sekarang bisa belajar sendiri menggunakan komputer dan internet. OECD juga menemukan bahwa siswa yang sudah memahami bagaimana mengoperasikan komputer dan internet untuk belajar, ternyata memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibanding anak lainnya.

 

Fenomena ini bisa menjadi ancaman bagi eksistensi guru, jika guru masih berkutik dan hanya fokus mengajar dengan metode pembelajaran konvensional. Namun, hal ini bukan berarti menjadi penghalang bagi guru untuk terus menebar ilmu. Sebaliknya, guru harus mempunyai semangat yang tinggi untuk beradaptasi dan meningkatkan kualitas diri dalam mengajar.

 

Untuk itu, guru sebagai pendidik harus paham bagaimana cara menjadi pengajar di era digital, berikut tips suksesnya.

 

Kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar

Ide kreatif yang muncul dari seorang guru sangat dibutuhkan untuk memberi perubahan pada proses belajar-mengajar menjadi lebih menarik dan mendorong semangat siswa. Di era teknologi digital, ide pembelajaran bisa dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi dan internet, karena umumnya generasi muda sekarang lebih menyukai hal-hal yang up-to-date. Anda dapat mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

 

Guru sebagai inovator pembelajaran

Sebagai inovator pembelajaran harus senantiasa meningkatkan kemampuan dirinya, meliputi : 1) kemampuan teknologi yang mendukung terbentuknya inovasi dan penyesuaian. 2) Adanya kreativitas yang muncul dari gagasan-gagasan baru. Seorang inovator adalah orang yang berhasil memanfaatkan peluang dan merealisasikan gagasan yang ada untuk dikembangkan.

 

Berikan contoh-contoh yang relevan

Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat para siswa memahami materi yang disampaikan. Salah satunya adalah dengan memberikan contoh-contoh yang berhubungan/relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Lakukanlah riset sederhana untuk mengetahui apakah ada hal yang bisa dijadikan contoh berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Materi yang interaktif akan membuat siswa lebih mudah dalam mencerna materi pemasaran yang ingin disampaikan.

 

Terbuka akan perubahan teknologi & informasi

Menggunakan teknologi tidak hanya efektif dalam kegiatan mengajar, tetapi juga untuk lebih memudahkan para siswa dalam hal komunikasi dengan guru. Generasi saat ini sangat cepat mempelajari teknologi, mereka mampu mengoperasikan berbagai perangkat untuk menunjang kegiatannya. Demi menyeimbangkan diri dengan perkembangan pola kegiatan anak yang aktif menggunakan teknologi, guru harus terus belajar dan memahami teknologi yang sifatnya dinamis.

 

Itu tadi 4 tips sukses berkarir sebagai guru di era digital. Dapatkan lebih banyak informasi dan tips seputar dunia pendidikan yang bermanfaat untuk menunjang profesi Anda sebagai pengajar di artikel Untuk Guru.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Ingin menjadi Digital Marketing Guru? 3 Hal Ini Perlu Dilakukan!

Ingin menjadi Digital Marketing Guru? 3 Hal Ini Perlu Dilakukan!

Pernah terpikir untuk menguasai ilmu digital marketing? Atau penasaran apa saja sih yang membuat seseorang sangat ahli dibidang digital marketing sampai menjadi pembicara di berbagai event?   Selain didukung oleh pengalaman, apa saja yang harus kamu lakukan? Berikut adalah tiga hal yang perlu diingat agar kamu berhasil menjadi seorang digital marketer guru.   Memilki digital roadmap Untuk Mencapai Tujuan Bisnis   Seorang digital marketer memiliki peran penting dalam memaksimalkan komunikasi antara brand dan konsumen. Digital marketer yang sukses akan secara efektif memanfaatkan marketing tools yang ada untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan. Seorang digital marketer memerlukan kesadaran dan pemahaman yang luas akan peran digital dan sosial yang sejatinya akan selalu berkembang. Maka dari itu, digital roadmap diperlukan untuk memberikan gambaran yang luang tentang bagaimana cara terbaik untuk mencapai tujuan bisnis dan mengevaluasi hasilnya.   Menyeimbangkan Kreativifas dan Pemikiran Analitis   Digital marketer yang sukses bertindak dan berpikir secara mandiri, kreatif, dan analitis. Selain mengembangkan strategi digital yang sesuai dengan tujuan bisnis, digital marketer perlu melibatkan konsumen dengan creative campaign. Diperlukan keseimbangan antara seni dan ilmu pengetahuan untuk membantu marketer berpikir analitis. Diperlukan juga pemahaman mendalam tentang konsumen dan kemampuan untuk memanfaatkan kondisi emosional konsumen.   Mengembangkan Pengalaman Teknis   Untuk dapat selangkah lebih maju, penting bagi kamu untuk memiliki keterampilan teknis agar dapat memahami teknologi baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah. Contoh sederhananya dengan mempelajari Photoshop yang akan membedakan kamu dengan digital marketer lain yang tidak mempunyai kemampuan tersebut. Digital marketer yang mampu mengedit desain secara cepat tanpa bergantung pada tim desain akan menjadi aset yang besar bagi perusahaan. Dengan mengembangkan keterampilan teknis, digital marketer dapat lebih mandiri dan memiliki dampak lebih besar terhadap perusahaan.   Akan tetapi terlepas dari 3 hal itu, kamu juga perlu melihat sampai mana pengetahuan digital marketing skills yang kamu miliki. Dan cara terbaik mengetahuinya dengan mengikuti digital assessment dari Yscore. Yscore adalah online assessment untuk mendapatkan sertifikasi digital marketing sesuai level keahlian. Dengan dukungan partner-partner yang kredibel, Yscore telah memiliki kurikulum ter-up-to-date dan tervalisdasi oleh para industri player.   Coba dan cari tau keahlian kamu sekarang dan dapatkan sertifaksi digital marketing melalui assessment di Yscore. Akses link-nya di bit.ly/topkarir30  
Komentar