Kenali 7 Kriteria dalam Memilih Partner Bisnis yang Tepat

07 FEB 2020 11:31 PEMBEKALAN KARIR 185 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
Kenali 7 Kriteria dalam Memilih Partner Bisnis yang Tepat | TopKarir.com

Membangun sebuah bisnis dari awal menjadi sesuatu yang krusial dan penuh tantangan. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah memilih partner bisnis yang tepat. Masalahnya menemukan partner bisnis yang bisa bersinergi bukan hal yang mudah. Salah-salah bisnis bisa hancur di tengah jalan atau bermasalah sejak awal. Terus seperti apa sih orang yang tepat buat dijadikan partner bisnis? Biar nemu yang sehati dan sevisi simak kriterianya di bawah ini yuk.

 

Bisa Saling Melengkapi

Bekerja bersama orang dengan latar belakang yang sama memang membuat nyaman. Tapi ada baiknya kamu memilih orang yang bisa melengkapi kekurangan kamu, misal kamu mempunyai latar belakang Komunikasi Pemasaran, tentu kamu membutuhkan orang yang bisa mengatur keuangan, rekan bisnis lulusan Akuntansi / Manajemen bisa dijadikan pilihan.

 

Punya visi dan misi yang sama

Saat membangun bisnis, kamu dan partner bisnismu harus punya visi dan misi yang sama. Kesamaan ini akan jadi pondasi yang kuat dalam proses menuju sukses. 

 

Memiliki jiwa wirausaha

Partner  bisnis yang punya jiwa wirausaha nggak akan gampang putus asa. Mereka punya komitmen yang tinggi untuk sama-sama membangun usaha. Setiap pekerjaan akan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Hal ini akan jadi nilai positif yang bermanfaat untuk bisnis yang akan kamu jalani bersama.

 

Punya relasi yang luas

Partner bisnis yang punya networking luas akan menguntungkan bisnis kamu kedepannya. Kamu akan lebih mudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak yang membantu bisnismu semakin berkembang pesat. Jaringan yang luas akan memudahkan kamu untuk memperluas bisnis, menawarkan produk dan mendapatkan investor untuk menanamkan modalnya untuk keberlangsungan bisnis kamu.

 

Bertanggung jawab dan bisa dipercaya

Dalam berbisnis jalan yang ditempuh tidak sepenuhnya mulus. Akan ada rintangan dan tantangan yang menghadang. Karenanya partner yang punya semangat kerja tinggi sangat dibutuhkan. Selain etos kerja yang tinggi hal yang juga penting ketika memilih partner bisnis adalah tanggung jawab dan bisa dipercaya. Partner bisnis yang tepat bisa memutuskan suatu hal dan bertanggung jawab dari awal sampai tujuannya berhasil atau permasalahannya selesai. Nggak lupa juga partner bisnismu harus jujur dan bisa dipercaya. Mengingat kejujuran jadi salah satu kunci keberhasilan usaha.

 

Terbuka akan kritik

Membangun bisnis bersama memerlukan keselarasan pikiran dan tujuan. Untuk bisa mencapai goals yang diinginkan, kamu perlu menyatukan pendapat dengan rekan kerjamu. Karena itu pastikan partner mu adalah orang yang bisa mengontrol egonya, dan terbuka pada saran dan kritik.

 

Memiliki standar moral yang baik

Etika juga termasuk poin penting dalam berbisnis. Memilih partner bisnis yang baik bukan sekedar mementingkan aspek kompetensi aja. Moral yang tinggi membuat hubungan kerja yang terjalin semakin erat dan hal ini juga akan berdampak bagi kesehatan bisnis kamu kedepannya.

 

Itu tadi 7 kriteria yang harus dimiliki seorang partner bisnis yang baik. Pastikan juga kamu sudah memiliki kelimanya ya, agar kamu dan partner bisnismu bisa saling bersinergi. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.