Pencari Karir Pencari Kandidat

Hari Pertama Magang? Pahami Dulu 5 Tips Suksesnya

24 Maret 2021 20:03 3423 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Magang adalah salah satu persiapan terbaik sebelum terjun ke dunia kerja profesional. Banyak perusahaan yang membuka lowongan magang. Selain untuk mengasah kemampuan magang juga umumnya diperuntukan untuk Mahasiswa sebagai salah satu persyaratan akademik sebelum memulai tugas akhir. Bisanya, karena belum ada pengalaman anak magang suka kebingungan apa yang harus dilakukan di hari pertama kerja. Nah nggak usah panik, TopKarir punya tipsnya, simak yuk ulasan lengkapnya!

 

Survei lokasi magang

Terdengar sepele sih, tapi nyatanya ini penting banget lho. Coba bayangkan kalau kamu belum tahu lokasi tempat kamu magang dan kesulitan menemukannya di hari pertama? Yang ada kamu akan telat masuk kerja. Jadi sebaiknya kamu survei dulu sebelum hari H, rute perjalanan mana yang bisa kamu ambil, transportasi apa yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi dan perkiraan jam berangkat dari rumah. Dengan begitu kamu nggak akan kebingungan atau bahkan nyasar saat hari pertama magang.

 

Ketepatan waktu

Hari pertama jadi impresi awal kamu di mata perusahaan, jadi pastikan kamu memberi kesan yang baik. Kamu harus datang tepat waktu saat hari pertama dan seterusnya, kalau bisa datang lebih awal untuk menghindari kemungkinan macet dan masalah lain di jalan. Begitu juga saat jam pulang, pulanglah tepat waktu jangan pulang lebih awal. Pastikan semua pekerjaan beres terlebih dulu, jangan lupa pamit dengan sopan ya.

 

Penampilan juga harus diperhatikan

Kamu harus cari tahu peraturan atau tata cara berpakaian di perusahaan tempat kamu magang. Perusahaan tentu punya peraturan tersendiri dan kamu harus mematuhinya. Beberapa perusahaan seperti startup dan industri kreatif biasanya membebaskan karyawannya dalam hal berpakaian, tapi untuk perusahaan BUMN, perbankan, atau pemerintahan kamu diwajibkan memakai pakaian rapi. Jadi cari tahu atau bertanya dulu ya bagaimana peraturan di kantor kamu.

 

Harus proaktif

Agenda hari pertama mungkin hanya berupa pengenalan perusahaan, tapi nggak menutup kemungkinan kamu langsung diberi pekerjaan. Nah, saat diberi tugas sebaiknya berusaha dulu sesuai kemampuanmu, jangan sedikit-sedikit bertanya dan meminta bantuan pada senior / atasan. Kalau sudah merasa kesulitan baru tanyakan, daripada nanti melakukan kesalahan. Begitu pula saat tugasmu sudah selesai, tawarkan bantuan mu ke rekan lain, apa yang bisa kamu bantu kerjakan. Dengan bersikap proaktif kamu akan dinilai siap dan serius bekerja kedepannya.

 

Menulis laporan harian

Buat kamu Mahasiswa magang, menulis laporan sangat penting dilakukan setiap akhir jam kerja. Karena semua pekerjaan akan dirangkum menjadi sebuah laporan untuk kemudian diujikan. Kalau nggak mencatat laporan perhari, kemungkinan kamu akan lupa saat program magang selesai. Jadi catat tugas apa saja yang diberikan supervisor-mu, apa yang sudah kamu selesaikan, dan simpan file dalam satu folder dengan rapi.

 

Itu tadi 5 tips hari pertama magang yang bisa kamu terapkan. Kalau kamu konsisten bekerja secara maksimal, mau belajar dan tersu berkembang siapa tahu kamu bisa diangkat jadi karyawan tetap di perusahaan. Cari tahu tips-tips karir dan fitur menarik lain yang akan membantu karir kamu di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasi TopKarir di App Store dan Play Store, gratis!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif & Produktif

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif & Produktif

Kondisi lingkungan kerja sangatlah mempengaruhi produktivitas dan kualitas kinerja karyawan. Di tambah lagi dengan waktu kita yang habis lebih banyak ditempat kerja. Nah untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif agar kamu lebih produktif, kamu bisa ikuti tips berikut ini, simak ya! Komunikasi yang efektif Komunikasi yang baik sangat mempengaruhi terciptanya lingkungan kerja untuk hubungan kerja yang positif. Karyawan perlu memahami apa yang ingin mereka capai, tetapi kamu juga perlu memiliki gagasan tentang apa yang mereka harapkan darimu. Dengan begitu antara perusahaan dengan pegawainya bisa sama sama nyaman.   Tunjukkan penghargaan Ketika seseorang melakukan hal yang baik untukmu atau membantumu, ucapkan lah 'terima kasih'. Dengan begitu rekan kerja akan mengira kamu orang yang dapat menghargai orang lain dengan baik.   Menyapa rekan kerja Ketika kamu sampai di kantor, mulailah harimu dengan menyapa rekan rekan kerjamu. Kamu bisa katakan 'Halo' dan jangan lupa panggil namanya dengan baik sambil tersenyum.    Dengarkan pendapat rekan kerja Seperti biasa setiap orang memiliki ide-ide yang bagus. Dalam sebuah tim rekan kerja pastilah mempunyai ide-ide masing-masing dan tergolong ide-ide hebat. Hari ini perputaran yang sangat cepat dan dituntut untuk mempunyai inovasi-inovasi terhebat jika tidak ingin tenggelam dimakan zaman. Jadi sebaiknya dengarkan ide-ide dalam tim rekan kerjamu. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dengan baik.  Nah, jadi penjelasan yang ada di atas dimanakah yang sudah pernah kamu lakukan? Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 
Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Nilai Pancasila Yang Di Terapkan Dalam Tempat Kerja

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda Indonesia, karena generasi muda Indonesia merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang. Berikut ini nilai pancasila yang bisa kamu terapkan dalam menggapai karir diri sendiri, simak ya! Ketuhanan Yang Maha Esa Mempraktekan prinsip sila ini yaitu adalah sebagai bentuk ibadah atau ikhtiar seperti selalu bersyukur atas setiap pekerjaan yang telah diamanahkan kepada kita & menjalankannya dengan ikhlas dan sepenuh hati.   Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Bersikap adil, yaitu tidak membedakan sesama rekan kerja, saling tolong menolong & Memiliki sikap saling berbagi baik ilmu maupun hal-hal positif lainnya yang dapat meningkatkan pengembangan diri.   Persatuan Indonesia Tidak membedakan antara suku, ras, & agama, saling membantu & mendukung dalam menggapai karir yang diinginkan.    Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Biasakan untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah & melaksanakan segala aturan maupun keputusan bersama dengan ikhlas dan bertanggung jawab.   Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Seorang pemimpin harus berani memberikan pujian kepada karyawan yang berprestasi, dan teguran/nasihat kepada karyawan yang malas/kurang berprestasi & peduli terhadap seluruh anggota tim, dari level terendah sampai tertinggi   Itu dia nilai pancasila yang bisa di terapkan di tempat kerja. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!   
Komentar