Pencari Karir Pencari Kandidat

Hari Pertama Magang? Pahami Dulu 5 Tips Suksesnya

24 Maret 2021 20:03 18712 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Magang adalah salah satu persiapan terbaik sebelum terjun ke dunia kerja profesional. Banyak perusahaan yang membuka lowongan magang. Selain untuk mengasah kemampuan magang juga umumnya diperuntukan untuk Mahasiswa sebagai salah satu persyaratan akademik sebelum memulai tugas akhir. Bisanya, karena belum ada pengalaman anak magang suka kebingungan apa yang harus dilakukan di hari pertama kerja. Nah nggak usah panik, TopKarir punya tipsnya, simak yuk ulasan lengkapnya!

 

Survei lokasi magang

Terdengar sepele sih, tapi nyatanya ini penting banget lho. Coba bayangkan kalau kamu belum tahu lokasi tempat kamu magang dan kesulitan menemukannya di hari pertama? Yang ada kamu akan telat masuk kerja. Jadi sebaiknya kamu survei dulu sebelum hari H, rute perjalanan mana yang bisa kamu ambil, transportasi apa yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi dan perkiraan jam berangkat dari rumah. Dengan begitu kamu nggak akan kebingungan atau bahkan nyasar saat hari pertama magang.

 

Ketepatan waktu

Hari pertama jadi impresi awal kamu di mata perusahaan, jadi pastikan kamu memberi kesan yang baik. Kamu harus datang tepat waktu saat hari pertama dan seterusnya, kalau bisa datang lebih awal untuk menghindari kemungkinan macet dan masalah lain di jalan. Begitu juga saat jam pulang, pulanglah tepat waktu jangan pulang lebih awal. Pastikan semua pekerjaan beres terlebih dulu, jangan lupa pamit dengan sopan ya.

 

Penampilan juga harus diperhatikan

Kamu harus cari tahu peraturan atau tata cara berpakaian di perusahaan tempat kamu magang. Perusahaan tentu punya peraturan tersendiri dan kamu harus mematuhinya. Beberapa perusahaan seperti startup dan industri kreatif biasanya membebaskan karyawannya dalam hal berpakaian, tapi untuk perusahaan BUMN, perbankan, atau pemerintahan kamu diwajibkan memakai pakaian rapi. Jadi cari tahu atau bertanya dulu ya bagaimana peraturan di kantor kamu.

 

Harus proaktif

Agenda hari pertama mungkin hanya berupa pengenalan perusahaan, tapi nggak menutup kemungkinan kamu langsung diberi pekerjaan. Nah, saat diberi tugas sebaiknya berusaha dulu sesuai kemampuanmu, jangan sedikit-sedikit bertanya dan meminta bantuan pada senior / atasan. Kalau sudah merasa kesulitan baru tanyakan, daripada nanti melakukan kesalahan. Begitu pula saat tugasmu sudah selesai, tawarkan bantuan mu ke rekan lain, apa yang bisa kamu bantu kerjakan. Dengan bersikap proaktif kamu akan dinilai siap dan serius bekerja kedepannya.

 

Menulis laporan harian

Buat kamu Mahasiswa magang, menulis laporan sangat penting dilakukan setiap akhir jam kerja. Karena semua pekerjaan akan dirangkum menjadi sebuah laporan untuk kemudian diujikan. Kalau nggak mencatat laporan perhari, kemungkinan kamu akan lupa saat program magang selesai. Jadi catat tugas apa saja yang diberikan supervisor-mu, apa yang sudah kamu selesaikan, dan simpan file dalam satu folder dengan rapi.

 

Itu tadi 5 tips hari pertama magang yang bisa kamu terapkan. Kalau kamu konsisten bekerja secara maksimal, mau belajar dan tersu berkembang siapa tahu kamu bisa diangkat jadi karyawan tetap di perusahaan. Cari tahu tips-tips karir dan fitur menarik lain yang akan membantu karir kamu di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasi TopKarir di App Store dan Play Store, gratis!

 

Komentar