Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Sukses Ikuti Job Fair Untuk Mencari Kerja

24 Maret 2021 20:03 16697 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

 

Job fair atau yang biasa disebut dengan career fair atau career expo adalah sebuah tempat yang mewadahi perusahaan-perusahaan untuk bertemu dengan pencari kerja profesional. Adakalanya, momen job fair menjadi ajang unjuk bakat antar pencari kerja. Nah berikut ini tips agar kamu bisa sukses mengikuti job fair untuk dapat mencari pekerjaan. Yuk di simak ya!

 

  • Pilih dresscode yang tepat

Dresscode yang umum digunakan saat Job fair adalah pakaian formal.  Hindari penggunaan celana jeans bagi pria maupun wanita. Hal ini sangat mengganggu dan mengurangi nilai formal acara Job fair. Intinya, pakaian harus mencerminkan wibawa. Selain itu, pakaian akan menjadi citra diri masing-masing personal.

 

  • Cari info yang akurat

 

Kamu wajib cari tahu dulu, di tempat A benarkah ada Job Fair atau tidak. kamu perlu tahu juga perusahaan mana saja yang ikutan nampang dan menyebarluaskan lowongan pekerjaan tersebut. Siapa tahu ada perusahaan incaran kamu yang pekerjaannya kamu impi-impikan sejak lama. 

 

  • Siapkan dokumen

 

Biasanya kalau di Job Fair sejumlah peserta akan mengosongkan posisi dan membawa sejumlah amplop lamaran bersifat template yang bisa diserahkan ke perusahaan mana saja, tapi akan lebih baik kalau kamu memberikan CV dan lamaran kamu dengan nama perusahaan dan posisi yang spesifik. Tunjukkan kalau kamu serius!

 

  • Datang lebih pagi

Ini super penting! Karena biasanya para pelamar lebih memilih untuk datang siang hari, justru bisa menjadi bencana buat mereka sendiri. Mengapa? Karena biasanya para penyedia lapangan kerja akan menyediakan representasi perusahaan mereka yang harus berhadapan dengan ribuan orang. Ya kalau udah sore, pasti mereka capek dong. Makanya, lebih pagi, lebih baik! 

 

Dengan adanya Job Fair menunjukkan bahwa cari kerja itu sebetulnya tidak susah, apalagi kalau kamu orangnya punya tekad dan tidak mau menyerah. Nah kamu bisa nih untuk datang ke TopKarir festival. TopKarir festival adalah festival karirnya anak muda indonesia, akan ada banyak aktivitas seperti jobs fair , TopKarir klinik untuk kamu yang mau berkonsultasi mengenai karir dan masih banyak lagi lho. Ada banyak perusahaan perusahaan juga yang ada di TopKarir festival. Yuk segera persiapkan dirimu untuk datang ke TopKarir festival yaa Sahabat TopKarir! 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

  Setiap mahasiswa wajib mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Mungkin sekarang ada beberapa kampus yang gak mewajibkan KKN. Mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan, akan diterjunkan ke tengah masyarakat langsung untuk mengaplikasikan ilmunya. Sebagian besar KKN berada di desa dan wilayah-wilayah terpencil. Meski beberapa ada yang dilaksanakan di tengah kota. sebelum berangkat KKN, kamu wajib menguasai 5 hal di bawah ini biar semua program berjalan dengan lancar. Simak yuk!   Bangun pagi Apa kata tetangga sekitar kalau mahasiswa yang berpendidikan tinggi bangunnya siang? Malu dong. Mending kamu bangun pagi, cuci muka, lalu jalan-jalan keliling kampung. Kamu bisa menghirup udara segar khas pedesaan sambil bercengkerama dengan warga sekitar.   Kumpul dengan warga sekitar Beberapa lokasi KKN yang cukup pelosok mungkin membuatmu susah dapat sinyal dan gak akan ada kafe fancy di sana. Jadi lebih baik manfaatkan waktumu untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Kumpul bareng pemuda-pemudi yang sepantaran denganmu. Mengenal lebih dekat keterampilan warga yang susah kamu temui di kota.   Rebut hati anak-anak kecil Skill yang satu ini wajib banget kamu kuasai! Jangan salah, justru anak-anak kecil inilah yang jadi jurus ampuh untuk sukseskan program KKN. Kamu bisa membuka bimbel dadakan di posko untuk mengundang minat para anak-anak. Sediakan sedikit camilan dan mainan. Bimbing mereka belajar, lalu ajak bermain setelahnya. Dalam sekejap, kamu akan menjelma jadi Kakak-kakak Mahasiswa idaman mereka.   Siap berbagi ruang pribadi Selama menjalani KKN nanti, kamu akan tinggal di rumah warga bersama teman-teman satu regu, kamu harus siap berbagi ruang pribadimu dengan teman yang lain. Kamu juga harus siap berbagi waktu, tenaga, dan lain-lain. Setiap interaksi dengan warga atau teman seregu akan meninggalkan kesan mendalam.  Itu dia tips nya Sahabat TopKarir! Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir ya!  
Komentar