Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Membuat Cover Letter Fresh Graduate yang Menarik

23 Juni 2021 11:06 962 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 25 KALI DIBAGIKAN

Sebagai seorang fresh graduate tentu terkadang kamu merasa kurang percaya diri ketika melamar pekerjaan karena belum memiliki pengalaman. Namun, kekhawatiran ini bisa diatasi dengan membuat CV, surat lamaran kerja hingga cover letter fresh graduate yang menarik untuk HRD.

 

Memang, cover letter, surat lamaran kerja hingga CV yang menarik tidak akan bisa menjamin kamu diterima bekerja. Namun, memiliki CV hingga cover letter yang baik bisa meningkatkan peluangmu diterima dan menjadi nilai tambah untuk kamu dibandingkan pesaing.

 

Lantas, bagaimana cara membuat cover letter fresh graduate yang bisa menarik perhatian HRD? Yuk, ikuti panduan selengkapnya berikut.

 

Biar semakin rapi dan menarik, simak format cover letter yang baik berikut ini

Seperti membuat surat lamaran, pada cover letter-mu juga harus memperhatikan format penulisan. Adapun komponen yang secara berurutan harus ada dalam cover letter adalah sebagai berikut.

 

1. Perusahaan Tujuan

Hal pertama yang harus kamu tulis dalam bagan surat adalah nama perusahaan dan alamatnya serta permohonan terkait surat itu dibuat. Misal untuk melamar pekerjaan, maka tuliskan “Hal: Permohonan Melamar Pekerjaan”. 

 

2. Tulis bagian Pembuka

Bagan surat haruslah diawali dengan kalimat pembuka. Buatlah kalimat pembuka yang singkat dan sopan. Isi bagian pembuka ini dengan kalimat perkenalan diri yang singkat.

 

Tulis tentang siapa diri kamu, apa keahlian yang kamu punya, dimana kamu menemukan informasi lowongan kerja, dan alasan kamu melamar di posisi/perusahaan tersebut.

 

3. Perkenalan Diri dan Isi Surat

Paragraf selanjutnya diisi dengan bagian profil diri. Jelaskan mulai dari latar belakang pendidikan, kemudian pengalaman organisasi, pengalaman kerja (termasuk pengalaman magang) dan prestasi yang dicapai. 

 

Saat menjelaskan pengalaman kerja maupun organisasi, masukkan beberapa paragraf tentang ilmu atau pelajaran apa saja yang berhasil didapatkan atau dicapai. 

 

4. Penutup

Tutuplah bagian isi cover letter dengan bahasa yang sopan dan singkat. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan dan nama jelas di bagian akhir, serta cantumkan alamat email dan nomor telepon aktif.

 

Contoh cover letter untuk fresh graduate

Yang terhormat Bapak/Ibu (nama)

 

(nama perusahaan)

 

(alamat perusahaan)

 

Sehubungan dengan dibukanya lowongan untuk posisi (sebutkan posisi yang dibuka) di perusahaan yang Bapak/ibu pimpin, dengan ini saya bermaksud untuk melamar posisi tersebut.  

 

Sebagai seorang fresh graduated dari (jurusan) dari Universitas ABC, saya merasa posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan minat karir saya.

 

Selama menempuh pendidikan tinggi, saya tidak hanya mampu mempertahankan nilai yang baik namun juga tetap aktif menjadi anggota dari banyak organisasi baik tingkat kampus maupun nasional.

 

Latar  belakang organisasi yang saya miliki telah banyak memberikan saya pengalaman kepemimpinan, bekerja sama dalam tim, bekerja dalam tekanan hingga manajemen bisnis termasuk mengenalkan saya dengan dunia (masukan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar). Saya juga memiliki prestasi sebagai anggota organisasi yang berhasil dan sukses hingga diamanahi jabatan manajemen yang cukup tinggi, yakni sebagai (sebutkan jabatan selama di organisasi).

 

Sebagai seorang anggota dalam kelompok, saya juga sangat berkontribusi dalam meningkatkan semangat, dan solidaritas para anggota divisi  dalam berbagai kegiatan yang saya selenggarakan. 

 

(tambahkan pengalaman magang jika ada)

 

Meskipun ini akan menjadi yang pertama kalinya saya bekerja di bidang (bidang posisi yang dilamar) secara profesional, saya cukup percaya diri bahwa dengan keterampilan dan kemampuan yang saya miliki, saya bisa belajar dengan cepat dan berkontribusi langsung terhadap tim dan juga perusahaan.

 

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya berharap dapat mendengar kabar selanjutnya dari Anda. 

 

Hormat saya,

 

(nama lengkap)

 

(alamat email & nomor kontak)

 

Hal yang harus dihindari dalam membuat cover letter

Sebagai lulusan baru yang umumnya belum memiliki banyak pengalaman kerja, saat menulis cover letter fresh graduate, sebaiknya kamu turut memperhatikan hal berikut:

  • Jangan menulis surat terlalu panjang dan bertele-tele
  • Jangan mengulang informasi yang ada di CV. Sebutkan dan jelaskan secara singkat semua poin yang mungkin belum dijelaskan di CV
  • Jangan biarkan penutup tidak berkesan. Cobalah untuk membuat penutup yang singkat namun dapat meyakinkan HRD

 

Selain seputar cover letter fresh graduate, simak juga beragam tips karir lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi situs resminya di topkarir.com untuk segera mendapatkan pekerjaan impianmu!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tips Membuat Content Menarik yang Banyak Pengunjung

Tips Membuat Content Menarik yang Banyak Pengunjung

Pernah gak sih kamu kesal karena konten yang kamu buat sepi pengunjung? Atau konten kamu susah sekali buat diterbitkan? Kamu udah capek-capek bikin, eh ternyata viewers-nya kurang dari seribu  Nah, ini dia tips dan trik agar konten kamu lebih menarik. Simak yaa.   Buatlah konten yang sesuai dengan passion-mu Buatlah konten yang memang itu adalah passion-mu. Misalnya, jika kamu menyukai hal berbau makeup, maka kamu bisa mencoba membuat tutorial makeup. Karena sesuatu yang dibuat dengan hati pasti lebih enak dikonsumsi.   Ciptakanlah judul semenarik mungkin Hal yang paling menentukan dari sebuah konten akan dilirik oleh viewers adalah judul dari konten itu sendiri. Seseorang tidak akan tertarik melihat isi konten apabila judulnya tidak sesuai dengan apa yang dia suka. Maka, judul adalah nyawa dari sebuah konten.   Gunakan penjelasan yang straight to the point Millenial saat ini sulit sekali untuk fokus kepada suatu hal. Mereka hanya melihat sebuah konten dalam waktu sebentar yaitu sekitar 5-10 menit. Maka dari itu sebaiknya kamu memberikan penjelasan yang tidak berbelit-belit dan mudah untuk dimengerti.   Buatlah konten simpel Agar para pengunjung kontenmu membaca sampai akhir, kamu harus membuat konten yang simpel dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berguna untuk menarik pembaca yang akan berlangganan untuk melihat kontenmu.   Nah itu tips & triknya agar content yang kamu buat banyak pengunjungnya. Yuk simak tips lainnya seputar karir yang kamu inginkan di TopKarir & download aplikasinya.
Komentar