KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Aplikasi Membuat CV Dari Handphone

29 Juni 2021 09:06 138687 KALI DIBACA 1 KOMENTAR 131 KALI DIBAGIKAN
 

Setelah menyelesaikan masa pendidikan tahap berikutnya apa lagi kalau bukan mulai meniti karir. Mencari pekerjaan jadi pilihan sebagian besar orang untuk mendapatkan penghasilan, sisanya memilih membangun usaha.

 

Buat kamu yang mulai cari-cari pekerjaan tentu dibutuhkan beberapa berkas yang harus dilampirkan, salah satunya CV. Ada yang belum tau apa itu CV?

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Pekanbaru? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

Pengertian CV

Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang berisi tentang data profil, latar belakang pendidikan, sampai pengalaman. Biasanya dibutuhkan ketika melamar pekerjaan, bahan referensi, atau untuk kepentingan lain. 

 

Dalam hal melamar pekerjaan, CV punya peranan penting agar perusahaan atau pihak lain mengenal diri kamu, mulai dari identitas, kompetensi, juga pengalaman. Nantinya HRD jadi lebih mudah mencocokkan CV-mu dengan kualifikasi yang mereka butuhkan.

 

Buat CV Semenarik Mungkin dengan Aplikasi Pembuat CV

Nah, agar CV kamu semakin bagus saat diterima HRD, tentunya kamu harus mengemas CV semenarik mungkin untuk mencuri perhatian. CV akan jadi langkah awal yang menentukan lolos atau tidaknya kamu ke tahap rekrutmen selanjutnya.

 

Perkembangan teknologi semakin mempermudah pembuatan CV, tanpa harus ribet membuka laptop ataupun PC, kamu juga bisa membuatnya dari smartphone lho. Ada banyak situs gratis atau aplikasi membuat CV yang bisa kamu manfaatkan untuk menyusun CV. Yuk simak beberapa rekomendasinya.

 

1. Canva

Canva merupakan salah satu platform desain gratis yang banyak menyediakan berbagai macam template desain, salah satunya template CV. Kamu bisa memilih template CV mana yang ingin kamu gunakan sesuai dengan karakter yang mau kamu tunjukkan.

 

Tinggal masukkan informasi diri yang dibutuhkan, CV-mu sudah bisa diunduh dalam berbagai format file. Kamu bisa mengakses Canva melalui web dan aplikasi pada iOS dan Android.

 

2. Resume Builder & CV Maker - PDF Template Editor

 

Aplikasi CV yang satu ini bisa kamu akses lewat smartphone. Aplikasi membuat CV ini mempunyai berbagai macam template yang bisa kamu coba.

 

Fitur yang disediakan aplikasi ini diantaranya yaitu lebih dari 100 template dan format resume, 250+ cover letter, berbagai pilihan jenis font, dan masih banyak lainnya. Salah satu kelebihannya kamu bisa membuat CV lebih dari 1 halaman.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Padang? Temukan selengkapnya di sini.

 

3. Easy Resume Builder

 

Aplikasi membuat CV lainnya yaitu Easy Resume Builder, aplikasi ini bisa kamu coba dari smartphone dan pastinya gratis. Untuk yang baru pertama kali membuat CV, aplikasi ini bisa kamu coba dan sangat cocok karena mudah digunakan.

 

Cocok banget buat para fresh graduate yang baru pertama kali membuat CV karena kemudahannya dan fitur-fitur pendukungnya yang lengkap.

 

4. PathSource Resume

 

Aplikasi pembuat CV yang satu ini diperuntukan hanya untuk pengguna iOS, jika kamu pengguna iOS, aplikasi ini bisa jadi pilihan mudah untuk mendesain CV.

 

Sama dengan aplikasi pembuat CV pada umumnya, aplikasi ini punya berbagai desain yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang kamu.  

 

Cari lowongan kerja di wilayah Palembang? Temukan selengkapnya di sini.

 

5. Resume Star

 

Pernah nyoba buat CV pakai Resume Star? Aplikasi ini jadi salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin membuat CV cuma lewat smartphone.

 

Kamu bisa membuat CV lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan kamu. File CV yang sudah kamu buat bisa langsung kamu bagikan melalui email dengan format PDF. 

 

Nah itu dia beberapa rekomendasi situs dan aplikasi membuat CV dengan mudah. Selamat mencoba ya Sahabat Topkarir! Yuk temukan informasi dan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya sekarang!

Komentar
RANDA SAPUTRA
RANDA SAPUTRA
1485 hari lalu
Terima kasih infonya, baru tau ternyata gampang banget buat CV pakai HP