Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Efektif Menyampaikan Kritik ke Rekan Kerja

24 Maret 2021 20:03 1973 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam ekosistem kerja, berbeda cara pandang sudah jadi hal yang biasa. Terkadang rekan kerja atau kita sendiri melakukan kesalahan yang bisa mempengaruhi visi perusahaan. Memberi dan menerima kritik sudah jadi makanan sehari-hari, tapi seringkali kritik malah memunculkan konflik. Tidak mau kan hal itu terjadi? Sebelum menyampaikan kritik ke teman kerja, yuk perhatikan tips berikut ini.

 

 

  • Pahami permasalahanya berdasarkan fakta

 

Sebelum menyampaikan kritik, kamu harus paham dulu apa kesalahan teman kantor kamu berdasarkan fakta yang logis. Jangan cepat menyimpulkan mana yang benar dan salah, karena setiap orang punya latar belakang masalah yang berbeda, telusuri dulu akar masalahnya. Cermati kinerja rekanmu, jangan membawa penilaian pribadi, sampaikan kritik secara objektif.

 

 

  • Tahan emosi dan atur intonasi

 

Kenali dulu karakter rekan kerja kamu, kalau dia orangnya sensitif dan lembut kamu bisa memakai intonasi yang halus, kalau dia orang yang keras kamu bisa menyampaikan kritik dengan nada lebih tegas. Kontrol juga emosi kamu, sebesar apapun kesalahannya, sampaikan kritik dengan tenang, kalau kamu berapi-api bisa jadi dia semakin gak peduli. Buat suasana kantor tetap nyaman tanpa mancing permusuhan.

 

 

  • Berikan saran positif

 

Jangan buat rekan kerjamu merasa terpojok dengan tuduhan dan kata-kata yang menjatuhkan. Coba deh kamu kasih saran dan masukan yang membangun, itulah yang sebenarnya dia butuhkan.

 

 

  • Beri semangat dan dukungan

 

Bagaimanapun juga kamu dan rekan kerjamu saling membutuhkan, usahakan agar dia tidak down. Di akhir pembicaraan kamu bisa memberikan semangat dengan menepuk bahunya, mengajaknya berpelukan, dan jangan lupa kasih senyuman. Semangati dia dengan kata-kata yang memotivasi agar permasalahannya bisa segera teratasi.

 

Itu tadi 4 cara yang bisa kamu coba sebelum menyampaikan kritik ke rekan kerja. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Berlatih Bicara Untuk Dapet Kerja, Dengan Cara Ini!

Berlatih Bicara Untuk Dapet Kerja, Dengan Cara Ini!

Pede atau rasa percaya diri adalah hal pertama yang harus kamu punya kalau ingin mendapatkan pekerjaan. Percaya diri yang kamu punya akan mendapatkan nilai plus dari pihak perusahaan yang sedang menginterview kamu. Salah satu bentuk dari rasa percaya diri adalah berbicara dengan baik, kata-kata mengalir lancar, dan punya bahasa tubuh yang baik juga.   Percaya diri dalam berbicara nggak didapatkan secara instan loh Sahabat TopKarir, semua butuh proses dengan cara berlatih sungguh-sungguh. Mau tau tips latihan supaya kamu pede berbicara? Yuk disimak!   Lawan Rasa Malu Malu adalah faktor utama kamu takut berbicara, lawan rasa malu kamu dengan yakin pada diri kamu sendiri kalau kamu bisa dan punya kesempatan yang sama dengan yang lainnya. Jangan pernah takut salah karena dari kesalahan itulah kamu akan belajar banyak dari pengalaman.   Banyak Berdiskusi Berdiskusi dengan oranglain atau teman-tema merupakan cara jitu untuk mengasah kemampuan bicara kamu Sahabat TopKarir. Bicarakan berbagai macam topik yang sedang hangat dan jangan pernah ragu utarakan pendapat kamu. Karena dimulai dari berdiskusi percaya diri kamu akan sedikit demi sedikit akan terbentuk.   Berlatih di Depan Cermin Melihat diri sendiri di depan cermin sambil berbicara bisa kamu lakukan sebagai salah satu metode supaya percaya diri dalam berbicara Sahabat TopKarir. bicaralah di depan cermin dan anggap kamu yang ada di cermin adalah lawan bicara, selain itu kamu juga bisa mengkoreksi kekurangan-kekurangan yang ada mulai dari kata-kata hingga ekspresi wajah saat berbicara.   Rekam Suara Kalau kamu lagi berlatih bicara coba rekam suara kamu dengan menggunakan perekam suara Sahabat TopKarir. setalah latihan bicara kamu bisa memutarnya ulang dan mengkoreksi kesalahan-kesalahan seperti intonasi saat bicara karena gugup atau kosakata yang tidak benar. Ulang dan terus putar berkali-kalia agar kamu terbiasa mendengarnya. Hal ini bisa jadi salah satu cara menghilangkan gugup juga loh.   Minta Penilaian Orang Lain Coba tes kemampuan kamu hasil dari latihan dengan ajak keluarga atau teman-teman untuk dengerin dan menilai kita bicara. Masukan-masukan yang mereka kasih bisa jadi pembelajaran kita untuk memperbaiki kesalahan untuk bisa lebih baik lagi.   Latih percaya dirimu dalam berbicara dari sekarang Sahabat TopKarir, pede berbicara bagus untuk menunjang karir kamu loh. Yuk buka www.topkarir.com untuk dapetin banyak tips seputar karir menarik.
Komentar