Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

24 Maret 2021 20:03 4194 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kamu pasti pernah bertemu teman lamamu yang sekarang sudah sukses berkarir, atau melihat kehidupan mewah teman-temanmu di media sosial, lalu kamu langsung merasa down. Kamu pun terus bertanya kenapa di umur yang sama orang bisa sukses dan hidup bahagia? Padahal kamu juga terus-terusan berusaha. Alhasil kamu cuma bisa membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Kalau gak bisa menjadikannya sebagai motivasi yang ada malah muncul rasa iri dan dengki, gak mau kan? Nah cara berikut ini bisa kamu terapkan untuk bebas dari sifat membanding-bandingkan.

 

 

  • Yakin bahwa diri kamu ada di jalan terbaik

 

Setiap orang menjalani proses hidup yang berbeda-beda. Tidak adil rasanya kalau kamu membandingkan hidupmu dengan orang lain, karena mimpi dan kondisi hidup setiap orang juga berbeda. Lihatlah pencapaianmu saat ini belum tentu orang lain bisa merasakan pengalaman yang sama.

 

 

  • Syukuri sekecil apapun pencapaianmu

 

Keberadaanmu sampai saat ini punya pengaruh baik untuk diri kamu sendiri dan orang lain, meski dalam hal kecil. Syukuri apa yang kamu miliki. Berikan apresiasi atas usaha yang sudah kamu jalani sampai detik ini ya.

 

 

  • Fokus pada proses, bukan hasil

 

Nikmati setiap proses yang kamu jalani, karena hidup bukanlah kompetisi. Jadikan setiap perjalanan sebagai pelajaran berarti untuk masa depan kamu nanti. Belajarlah dari banyak orang dalam mencapai kesuksesan, bukan hanya membandingkan.

 

 

  • Cobalah hal baru

 

Jangan pernah berhenti belajar. Jika kamu merasa gagal dan sulit mencapai kesuksesan dengan pilihan karir kamu sekarang, coba deh mulai hal baru. Temukan passion kamu dan nikmati hal-hal yang kamu suka.

 

 

  • Cintai diri sendiri

 

Hal yang membuat kita gak bahagia, salah satunya karena rasa iri. Hidup akan selalu tertekan dan gak percaya diri. Cintai diri kamu sendiri, pandang kehidupan orang lain sebagai motivasi untuk berusaha lebih baik lagi. Percayalah bahwa setiap kerja keras yang kamu lakukan akan berbuah hasil yang memuaskan.

 

 

Itu tadi 5 jurus jitu untuk berhenti membandingkan diri sendiri. Cinta diri kamu apa adanya ya, dan jangan berhenti berusaha mewujudkan mimpi, semua ada waktunya kok. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Membangun Percaya Diri Dalam Karir

Cara Membangun Percaya Diri Dalam Karir

Masih banyak orang yang merasa minder dan membandingkan diri dengan orang lain kalau mereka tidak bisa menjadi orang yang percaya diri. Kepercayaan diri tidak datang secara alami ke semua orang. Mencapai rasa kepemilikan diri yang mendalam dapat menjadi sulit bagi banyak individu yang berjuang dengan masalah harga diri atau kurangnya inspirasi. Untungnya, ada beberapa cara yang mudah dan dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada karier kamu, cara ini bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya dirimu. Fokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan Cobalah fokus pada bagaimana kamu dapat belajar dari pengalaman itu. Ini akan memungkinkan kamu untuk melanjutkan karier kamu dengan cara yang lebih kuat dan lebih sadar diri.   Tonjolkan kelebihan Ketika kamu merasa memiliki kelebihan yang pantas untuk diperlihatkan, maka tonjolkanlah. Fokus pada kekuatan, keterampilan, serta bakat yang kamu miliki. Hindari memikirkan segala kelemahan dalam diri, karena hal itu hanya akan membuat kamu kehilangan percaya diri dan menghambat karir kamu.   Jangan berhenti melatih kepercayaan dirimu Tidak ada keberhasilan yang dibangun dalam sekejap mata, begitupun dengan kepercayaan diri. Lakukan langkah demi langkah secara konsisten untuk mengasah kepercayaan dirimu Sahabat Topkarir.   Jangan pernah berpikir kalau kamu tidak bisa menjadi percaya diri Jika kamu masih memiliki pola pikir pesimistis tersebut, maka akan semakin sulit bagimu untuk percaya diri, entah seberapa keras kamu berusaha menjadi percaya diri. Itu dia tips nya Sahabat TopKarir, terus berlatihlah untuk menjadi percaya diri ya. Temukan tips lainnya di www.topkarir.com.  
Komentar