Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Ampuh Agar Sukses Kuliah Kerja Nyata

24 Maret 2021 20:03 1572 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Setiap mahasiswa wajib mengikuti program Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Mungkin sekarang ada beberapa kampus yang gak mewajibkan KKN. Mahasiswa yang disebut sebagai agen perubahan, akan diterjunkan ke tengah masyarakat langsung untuk mengaplikasikan ilmunya. Sebagian besar KKN berada di desa dan wilayah-wilayah terpencil. Meski beberapa ada yang dilaksanakan di tengah kota. sebelum berangkat KKN, kamu wajib menguasai 5 hal di bawah ini biar semua program berjalan dengan lancar. Simak yuk!

 

  • Bangun pagi

Apa kata tetangga sekitar kalau mahasiswa yang berpendidikan tinggi bangunnya siang? Malu dong. Mending kamu bangun pagi, cuci muka, lalu jalan-jalan keliling kampung. Kamu bisa menghirup udara segar khas pedesaan sambil bercengkerama dengan warga sekitar.

 

  • Kumpul dengan warga sekitar

Beberapa lokasi KKN yang cukup pelosok mungkin membuatmu susah dapat sinyal dan gak akan ada kafe fancy di sana. Jadi lebih baik manfaatkan waktumu untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Kumpul bareng pemuda-pemudi yang sepantaran denganmu. Mengenal lebih dekat keterampilan warga yang susah kamu temui di kota.

 

  • Rebut hati anak-anak kecil

Skill yang satu ini wajib banget kamu kuasai! Jangan salah, justru anak-anak kecil inilah yang jadi jurus ampuh untuk sukseskan program KKN. Kamu bisa membuka bimbel dadakan di posko untuk mengundang minat para anak-anak. Sediakan sedikit camilan dan mainan. Bimbing mereka belajar, lalu ajak bermain setelahnya. Dalam sekejap, kamu akan menjelma jadi Kakak-kakak Mahasiswa idaman mereka.

 

  • Siap berbagi ruang pribadi

Selama menjalani KKN nanti, kamu akan tinggal di rumah warga bersama teman-teman satu regu, kamu harus siap berbagi ruang pribadimu dengan teman yang lain. Kamu juga harus siap berbagi waktu, tenaga, dan lain-lain. Setiap interaksi dengan warga atau teman seregu akan meninggalkan kesan mendalam. 



Itu dia tips nya Sahabat TopKarir! Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir ya!

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Cara Agar Tetap Produktif saat Bekerja Di Rumah

Cara Agar Tetap Produktif saat Bekerja Di Rumah

Di era modern saat ini, bekerja di rumah tidak lagi menjadi hal yang aneh. Apalagi jika kamu seorang pengusaha, pekerja freelance, atau kamu bekerja di perusahaan yang tidak mengharuskan kamu untuk bekerja di kantor. Memang terlihat semakin mudah ketika kamu bisa kerja dari rumah, namun sejatinya kemudahan tersebut justru bisa menjadi bumerang jika kita tidak waspada, seperti bisa terganggunya produktivitas kamu. Untuk kamu yang bekerja di rumah, tips ini bikin kamu tetap produktivitas bekerja dari rumah. Yuk disimak ya! Jaga komunikasi dengan tim kerja dan atasan Komunikasi adalah kunci utama, baik dengan karyawan atau teman kerja yang lain maupun dengan atasan kamu. Karena komunikasi begitu penting, jangan sampai nantinya ada miskom dalam kerjaan ya. Ponsel & email mesti standby untuk tetap bisa update mengenai pekerjaan antar rekan kerja atau dengan atasan. Buat jadwal kerja Bekerja dari rumah bukan berarti tidak memiliki jam kerja. Kamu tetap membuat jadwal harian dan menuliskan goals setiap harinya yang ingin kamu kerjakan. Dengan begitu kamu akan tahu progres dari kerjaan yang sedang kamu kerjakan dan juga sebagai pembuktian tentang kerjaan yang telah kamu kerjakan.   Tetap teratur dan terorganisir Jangan sampai bekerja dari rumah justru membuat pekerjaan kamu berantakan dan kacau. arena biasanya ketika kita bekerja di rumah, rasa malas itu terasa lebih besar karena suasana kerja yang berbeda dengan di kantor. Untuk itu kamu harus bisa mengorganisir semuanya, seperti fasilitas penunjang yang sudah harus disiapkan.   Buat daftar prioritas Dengan membuat list prioritas, kamu bisa mengatur apa yang ingin kamu capai, baik jangka panjang atau harian. Buatlah daftar tugas dan prioritaskan berdasarkan tingkat urgensinya ya.   Nah itu dia beberapa tipsnya, Intinya kamu harus bisa mengkondisikan sendiri baik situasi, suasana maupun tempat bekerja kamu di rumah agar pekerjaan tidak terbengkalai. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!  .
Komentar