Pencari Karir Pencari Kandidat

Cara Agar Terhindar Dari Stress Pekerjaan

24 Maret 2021 20:03 1857 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Ada banyak sekali alasan yang mungkin menjadi penyebab stres kerja. Baik itu faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari dirimu sendiri. Jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres kamu bisa semakin besar akan berakibat fatal. Kalo dari pihak perusahaan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat karyawan nyaman adalah dengan memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan tersebut. Sedangkan untuk kamu sendiri, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja. Kamu bisa coba cara berikut ini untuk mengatasi stres kerja, simak ya!

 

  • Mengatur pola tidur 

Setiap orang yang sedang mengalami stres kerja cenderung akan memiliki pola makan yang berantakan dan juga mengalami gangguan tidur. Jika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, maka hal ini akan berlarut dan mengganggu kesehatan fisikmu. Kamu bisa memulai dengan menetapkan jam tidur maupun membereskan tempat tidur agar lebih nyaman saat tidur, melakukan kegiatan yang bisa bikin rileks agar dapat cepat tertidur. 

 

  • Mendengarkan musik

Jika sedang penat dengan pekerjaan, ambilah waktu sejenak, kamu bisa dengarkan musik kesukaanmu. Dengan mendengarkan selama 15 menit sampai 30 menit, maka konsentrasi kamu akan meningkat. Cobalah dengarkan Musik tanpa lirik, karena music jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres.

 

  • Buka obrolan positif di tempat kerja

Membuka suatu pembicaraan yang positif dengan rekan kerja akan menumbuhkan rasa mood kamu meningkat. Dengan bersikap positif dan optimis, kamu tidak hanya akan mengurasi stres kerja namun kamu kamu bisa membangun kembali lingkungan kerja yang nyaman.

 

Itulah beberapa cara unik yang bisa kamu lakukan ya. Boleh banget dicoba nih. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 




Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Kiat Agar Mendapat Promosi Jabatan dari Bos

Kiat Agar Mendapat Promosi Jabatan dari Bos

Menginginkan jabatan dan gaji yang lebih tinggi memang sangat dinanti, karena bertambahnya gaji dan juga bertambahnya pula tanggung jawab kamu terhadap pekerjaan. Naiknya jabatan bukan hanya sekedar pencapaian yang biasa, disini kamu harus ekstra siap dan kerja dalam menduduki posisi jabatan diatas.   Mengincar poin penilaian   Memperoleh banyak angka penilaian merupakan penentuan bagi perusahaan untuk menentukan seberapa pantas kamu mendapat promosi jabatan. Perusahaan bisa menilai cara kerja kamu dari bidang yang bersangkutan seperti, melampaui target pekerjaan, pekerjaan cepat selesai, memperoleh nilai bagus, dan sebagainya.   Selalu siap menerima tugas   Selalu siap dalam menerima tugas dalam kondisi apapun, membantu kamu menjadi kandidat promosi dari bos. Menangani setiap tugas dan mengerjakannya dengan sempurna merupakan nilai lebih yang dimiliki karyawan. Selain itu, jangan terburu-buru untuk pulang. Perusahaan bisa mengetahui mana karyawan yang menunjukkan dedikasi dan tidak terhadap pekerjaannya.   Selalu memberi solusi   Jangan hanya selalu memberikan komplain dan mengeluh pada perusahaan. Sebaiknya kamu juga rajin memberikan solusi yang jelas dan efektif ketika perusahaan sedang dalam situasi dan kondisi yang rumit. Seorang atasan dapat menilai seberapa jauh kamu bisa menangani berbagai situasi, dan hal ini dapat menjadikan kamu sebagai kandidat promosi jabatan.   Berbagi pengetahuan   Sebagai karyawan yang merasa diandalkan dari segi pengetahuan, kamu bisa memberikan gambaran dan membagikan pengetahuan kamu kepada rekan kerja lain yang sedang dalam situasi sibuk atau tertekan. Mau membagi pengetahuan merupakan cikal bakal seorang pemimpin, dan dipandang mampu mengemban tanggung jawab dan membimbing karyawan lain yang di bawahnya.   Mengembangkan kemampuan   Cara kerja yang monoton tidak dapat membuat kamu menjadi kandidat promosi jabatan. Kamu harus berinovatif dalam mengembangkan kemampuan kamu dalam mengangani setiap pekerjaan, kamu bisa melatih diri dengan memegang banyak tugas yang harus diselesaikan dan mencari cara bagaimana agar tugas tersebut selesai secara keseluruhan dan sempurna.   Mempunyai gagasan dan menerima kritikan   Mempunyai gagasan yang menarik dan selalu memperhatikan kinerja mereka terhadap perusahaan merupakan nilai tambah bagi perusahaan. Selain itu, sebagai seorang karyawan yang diharuskan berkembang untuk menduduki posisi yang lebih tinggi. Diharuskan bisa menerima kritikan dari atasan maupun rekan, jadikan kritikan sebagai dorongan kamu untuk terus berkembang dan siap menerima promosi jabatan dari perusahaan.
Komentar