Pencari Karir Pencari Kandidat

Bukan Cuma Gaji Tinggi, Ini 5 Keuntungan Bangun Karir di Luar Negeri

24 Maret 2021 20:03 6835 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Banyak orang yang bermimpi kerja di luar negeri, alasannya karena ingin punya gaji yang tinggi, atau pengalaman kerja yang lebih menantang dibanding kerja di negeri sendiri. Tapi banyak juga yang masih ragu memulai karir di luar negeri, padahal peluangnya sudah banyak yang terbuka lebar.

 

Untuk masuk ke bursa kerja internasional emang nggak gampang, banyak hal yang harus disiapkan, selain mengasah kemampuan bahasa asing, beradaptasi dengan sistem kerja baru, kompetensi kerja sesuai bidang yang dipilih juga harus dikuasai. Nah, buat kamu yang masih ragu dan banyak pertimbangan, nih TopKarir kasih tau 5 keuntungan bekerja di luar negeri, biar kamu jadi makin yakin.

 

Tinggal sendiri bikin kamu lebih mandiri

Bekerja jauh dari orang-orang yang mendukung kegiatan kita sehari-hari emang cukup susah sih, tapi dengan begitu, kamu akan lebih siap mengerjakan pekerjaan tanpa tergantung orang lain. 

 

Kalau di rumah masih ada orang yang bangunin tiap pagi, di luar negeri kamu akan berusaha atur waktu tidur dan bangunmu sendiri. Bahkan ketika sakit, kamu harus bisa merawat diri dan mengatur pola makan sendiri. Dengan begitu kamu jadi lebih menghargai apapun yang kamu lakukan dan berusaha menjadi yang terbaik setidaknya untuk dirimu sendiri.



Belajar lebih disiplin dan profesional

Budaya kerja masyarakat luar kebanyakan nggak sesantai orang-orang Indonesia. Profesionalitas sangat dijunjung tinggi, bahkan banyak dari mereka yang mementingkan kehidupan karir dibanding pribadinya. Dengan lingkungan kerja dan budaya yang seperti itu kamu akan terbiasa disiplin baik waktu maupun pekerjaan. Jadi, nggak bisa deh kerja santuy dan kebanyakan leha-leha, bisa-bisa kamu malah kehilangan pekerjaan disana.

 

Kesempatan eksplore dan mengenal budaya lain

Niatnya emang ke luar negeri buat nyari rejeki, tapi nggak ada salahnya kan sambil menyelam minum air? Mumpung di luar negeri, kamu manfaatkan waktu luang saat libur kerja buat jalan-jalan menikmati lingkungan baru sambil berinteraksi dengan warga sekitar. Berada di lingkungan yang berbeda akan mengasah kemampuan beradaptasi. Praktik hidup dan kerja di negara lain tentu berbeda dengan di Indonesia, kamu akan banyak mendapat pelajaran hidup yang bermanfaat.

 

Membangun relasi yang lebih luas

Meski kamu sudah mandiri, bukan berarti kamu bisa hidup tanpa berinteraksi dengan orang lain. Kerja di luar negeri mengajarkan kamu bersosialisasi dan saling bertukar informasi. Tunjukkan keramahan khas orang Indonesia di negara lain, hal ini akan menguntungkan kamu bertemu jaringan yang lebih luas.

 

Makin jago berbahasa asing

Tinggal di luar negeri mendorong kamu untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional atau bahkan bahasa negara tempatmu kerja. Interaksi sehari-hari dengan rekan kerja dan warga lokal perlahan meningkatkan level bahasa asingmu. Tanpa sadar kamu belajar dari kebiasaan dan akhirnya bisa berbahasa asing dengan lancar.

 

Itu tadi 5 keuntungan kerja di luar negeri. Nah buat kamu yang sekarang mau mencoba mengembangkan karir di luar negeri, TopKarir dan Star4Hire lagi buka lowongan hospitality di berbagai Hotel Bintang 5 di Malaysia lho. Yuk mulai karir go international mu di sini. Temukan informasi dan tips-tips karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang ya!

Komentar