7 Tips Interview Kerja agar Sukses Memikat HRD | TopKarir.com

7 Tips Interview Kerja agar Sukses Memikat HRD

7 Tips Interview Kerja agar Sukses Memikat HRD | TopKarir.com
24 MAR 2021 20:17 PEMBEKALAN KARIR 1464 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Menghadapi wawancara mungkin akan membutuhkan tips interview kerja jitu yang bisa sukses memikat HRD. Ya, pasalnya, sesi yang kerap dianggap paling mendebarkan ini menjadi salah satu gerbang terakhir untuk selanjutnya diterima menjadi karyawan.

 

HRD mungkin akan menanyakan pertanyaan yang menjebak atau membuat rasa percaya diri kamu turun. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena interview kerja rupanya tidak sesulit itu jika kamu tahu rahasia sukses menghadapi HRD saat wawancara kerja.

 

Nah, dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah deretan tips interview kerja yang bisa kamu ikuti untuk menghadapi HRD.

 

Persiapkan Semua Persyaratan dan Dokumen Yang Diperlukan

 

Hal pertama yang perlu dipersiapkan ketika menghadapi wawancara adalah mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Jika dalam sesi wawancara kamu diminta untuk melampirkan dokumen tertentu atau mengisi form, sebaiknya jangan sampai terlupa.

Kemudian, penting juga untuk mempersiapkan alat tulis atau perlengkapan lain yang penting untuk interview. Meskipun tidak tertulis untuk dibawa, namun sebaiknya kamu tetap mempersiapkan alat apa saja yang sekiranya akan dibutuhkan seperti alat tulis, identitas diri, hingga dokumen lain yang membantu seperti portfolio. Dengan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan baik, mungkin akan memberikan nilai lebih untuk kamu dibandingkan pesaing.

 

Baca juga: Pertanyaan Saat Interview Kerja Yang sering muncul

 

Berpenampilan Rapi dan Menarik

 

Meski penampilan bukan menjadi poin utama seorang karyawan diterima bekerja, namun memakai pakaian yang rapi dan menarik bisa menambah nilai lebih saat wawancara. HRD akan lebih menyukai kandidat yang datang wawancara dengan pakaian rapi dan sopan. Kalaupun posisi atau perusahaan yang dilamar tidak begitu memiliki aturan ketat tentang cara berpakaian, ada baiknya kamu tetap memakai pakaian yang sesuai seperti kemeja hingga setelan kerja lainnya.

 

Melakukan Penelusuran

 

Tips interview kerja yang tidak boleh kamu lewatkan adalah melakukan penelusuran tentang posisi dan perusahaan tempat kamu melamar kerja. Dengan melakukan penelusuran, kamu lebih bisa mempersiapkan data tentang produk atau layanan dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, saat HRD menanyakan perihal perusahaan dan posisi yang dilamar, kamu sudah tidak perlu bingung dalam menjawabnya.

 

Baca juga: Cara Menjawab Kelemahan Saat Interview Kerja

 

Jawab pertanyaan dengan jujur dan antusias

 

Recruiter akan lebih menyukai kandidat yang menjawab pertanyaan dengan jelas dan antusias. Hindari menjawab pertanyaan dengan singkat dan pendek karena bisa menambah kesan negatif seperti kurang menghargai pewawancara. Namun, ada baiknya juga tidak menjawab pertanyaan terlalu panjang hingga keluar dari inti pertanyaan itu sendiri.

 

Selain itu, jawablah pertanyaan dengan jujur dan jelas. Jika kamu berbohong, tentu akan menambah nilai buruk yang justru bisa menggagalkan kandidat lolos wawancara. Untuk itu, tetaplah menjawab dengan jujur dan senatural mungkin agar dapat terlihat tenang dan percaya diri.

 

Jelaskan berbagai hal yang mendukung kamu untuk diterima

 

Sebagian HRD akan menyukai kandidat yang memiliki latar belakang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Untuk itu, jangan ragu untuk menjelaskan pada recruiter tentang pengalaman kerja, pengalaman organisasi hingga pengalaman karier lainnya yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

 

Paparkan juga prestasi yang sudah kamu capai sejauh ini. Ada baiknya jika saat wawancara kamu memperlihatkan bukti dari pencapaian tersebut. 

 

Baca juga: Kesalahan Besar yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

 

Jangan gugup

 

Cara menghindari gugup saat wawancara kerja adalah dengan senantiasa percaya dan mengenal diri sendiri. Jangan biarkan recruiter melihat sisi gugup atau rasa tidak percaya dirimu. Untuk itu, cobalah untuk mengenal diri sendiri terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara. Pikirkan bagaimana cara mengatasi ketakutan dan gugup mu selama ini kemudian terapkan juga saat kamu hendak wawancara. 

 

Latihan wawancara

 

Tips interview kerja terakhir untuk sukses wawancara adalah dengan berlatih. Kamu harus mulai berlatih dengan banyak menonton video di YouTube atau membaca tips interview lainnya untuk memperkaya wawasan.

Jika memungkinkan, ajaklah orang terdekat untuk melatih mu dengan berperan sebagai HRD dan membuatmu menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan.

 

Ingin sukses wawancara? Yuk simak tips wawancara menarik lainnya di sini. Jangan lupa download aplikasi TopKarir sekarang dan  mendapatkan info lowongan keja terbaru, info magang, tips karir, topkarir Klinik, Pelatihan online Topedu, dan sebagainya.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.