Cara Sukses Walk In Interview, Perhatikan 5 Hal Ini | TopKarir.com

Cara Sukses Walk In Interview, Perhatikan 5 Hal Ini

Cara Sukses Walk In Interview, Perhatikan 5 Hal Ini | TopKarir.com
26 APR 2021 10:49 LULUSAN BARU 1280 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Walk in interview adalah wawancara terbuka yang dilakukan perusahaan untuk posisi tertentu dalam waktu dan skala khusus. Biasanya, proses penerimaan karyawan ini berlangsung lebih singkat dari wawancara pada umumnya dan menawarkan lowongan pekerjaan yang lebih bervariasi.

 

Untuk sukses walk in interview, ada sejumlah hal penting yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari cara bersikap hingga cara berpenampilan.

 

Tips sukses walk in interview

Agar sukses dalam wawancara terbuka, ini yang perlu diperhatikan:

 

1. Bangun kesan pertama yang positif

Sapa pewawancara dengan senyum dan jabat tangan yang tegas dengan memberikan kontak mata. Cobalah untuk berbasa-basi saat berjalan dari area resepsionis ke ruang wawancara. 

 

Kamu harus menjual diri sendiri sebelum menjual apapun, dan 30 detik pertama adalah saat pewawancara secara tidak sadar membuat keputusan tentang apakah mereka menyukaimu atau tidak dan apakah kamu akan cocok dengan tim.

 

2. Mengapa mereka harus mempekerjakan kamu?

Sebagian besar iklan lowongan kerja akan mencantumkan kualifikasi yang mereka cari untuk pekerja tim hingga komunikator yang baik. Jadi terserah kamu untuk memikirkan contoh bagaimana kamu dapat mendemonstrasikan keterampilan ini. 

 

Bersiaplah untuk berbicara tentang pengetahuan, pengalaman, kemampuan, dan keterampilanmu. Miliki setidaknya tiga poin kuat tentang dirimu yang dapat kamu hubungkan dengan perusahaan dan pekerjaan yang ditawarkan.

 

3. Bersikaplah positif

Pewawancara akan memikirkan bagaimana rasanya bekerja dengan kamu, jadi hal terakhir yang mereka ingin dengar adalah membicarakan atasan atau kolega kamu saat ini di belakang mereka. Pewawancara senang melihat seseorang yang menyukai tantangan dan antusias.

 

4. Ingat bahasa tubuh kamu

Ini bukan tentang apa yang kamu katakan, tetapi bagaimana kamu mengatakannya. Selama wawancara, jangan melipat tangan dan bersandar ke belakang atau melihat ke lantai. Duduk tegak dan usahakan untuk menjaga kontak mata. 

 

Gunakan tangan kamu dan condongkan tubuh ke depan saat menyampaikan maksud. Banyak orang tidak dapat berpikir dan mengontrol bahasa tubuh mereka pada saat bersamaan, itulah mengapa kamu perlu bersiap.

 

5. Ingat sopan santun

Lebih baik memilih daripada dipilih. Beritahu pewawancara mengapa kamu tertarik dengan perusahaan dan peluang kerja.

 

Mintalah kartu nama dari mereka dan tindak lanjuti dengan mengirimkan email atau surat terima kasih, katakan betapa kamu senang bertemu dengan mereka dan betapa tertariknya kamu manfaatkan kesempatan ini untuk bergabung dengan tim.

 

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan saat kamu melakukan walk in interview. Dapatkan juga informasi dan tips karir menarik lainnya di sini. Download aplikasi TopKarir sekarang atau kunjungi topkarir.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja ter-update.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.