Pencari Karir Pencari Kandidat

7 Pekerjaan yang Nggak Pandang Jurusan Kuliah

24 Maret 2021 20:03 5573 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Mungkin saat ini kamu lagi bingung, pekerjaan apa ya yang sesuai dengan latar belakang pendidikanmu? Wajar sih kalau kamu memimpikan pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan kuliah. Tapi nggak sedikit lho yang justru baru menemukan minat dan bakatnya sesudah lulus. Tenang aja, ada kok pekerjaan yang terbuka untuk semua jurusan kuliah, yang terpenting keinginan untuk belajar dan mengembangkan diri. Nah, berikut 6 pekerjaan yang nggak pandang jurusan kuliah, yuk disimak.

 

 

  • Pegawai bank

 

Buat jadi seorang bankir yang selalu berurusan dengan uang, kamu gak harus lulus dari jurusan akuntansi, bisnis atau perbankan kok. Seorang teller atau customer service di bank banyak lho yang bukan berasal dari lulusan kuliah yang berhubungan sama keuangan. Biasanya sebuah bank mencari pegawai dengan kualifikasi seperti usia maksimal, tinggi badan, berat dan tinggi badan proporsional, berpenampilan menarik, dan berstatus single. Yang terpenting kamu punya skill komunikasi yang baik, dan mau belajar.

 

 

  • Sales

 

Pekerjaan sebagai sales seringkali diremehkan, padahal profesi ini punya jenjang karir yang menjanjikan. Buat kamu yang gak suka kerja di depan komputer dan duduk berlama-lama di kantor, sales person bisa dijadikan pilihan bagi yang suka bekerja di lapangan. Profesi ini nggak perlu jurusan kuliah atau pendidikan yang khusus, selama kamu punya kemampuan persuasi dan negosiasi yang bagus.

 

 

  • Customer service

 

Perusahaan yang mencari seorang customer service juga nggak membatasi pada satu jurusan. Yang terpenting kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan ekstra sabar buat dengerin keluhan dan kebutuhan pelanggan.

 

 

  • Tenaga pengajar

 

Biasanya menjadi tenaga pengajar SD nggak perlu latar belakang pendidikan yang spesifik. Kamu cuma butuh menguasai pelajaran basic dan punya metode belajar yang baik. Buat fresh graduate, pekerjaan ini bisa dijadikan pilihan mengawali karir nih.

 

 

  • Barista

 

Menjamurnya kedai-kedai kopi beberapa tahun belakangan membuat pekerjaan sebagai barista kian dicari. Profesi yang identik dengan kaum milenial ini cuma membutuhkan niat untuk belajar, dan kecintaan terhadap kopi. Gak ada jurusan kuliah sebagai spesifikasi. Oh ya, kamu juga harus punya pengetahuan yang luas seputar kopi karena banyak pelanggan yang juga tertarik mengenal kopi.

 

 

  • Management trainee

 

Posisi sebagai management trainee (MT) juga terbuka buat semua jurusan lho, umumnya mencari lulusan S1, tapi gak sedikit juga yang menerima lulusan D3. Kamu akan diberikan pengarahan dan pengetahuan tentang perusahaan, serta pengembangan karakter. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu kamu memperoleh posisi manajerial. Kamu cuma perlu belajar di semua divisi perusahaan.

 

 

  • Admin media sosial

 

Nah, kalau pekerjaan ini milenial banget nih, kamu hanya perlu menguasai tools media sosial dan belajar menyampaikan pesan dengan baik dan efektif. Perusahaan biasanya menerima hampir semua jurusan. Jadi admin media sosial punya tanggung jawab sebagai representatif perusahaan juga lho, kalau kamu bisa jalin hubungan yang baik dengan konsumen, citra perusahaan tempatmu bekerja juga akan baik.

 

 

Itu tadi 7 pekerjaan yang nggak pandang jurusan kuliah. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

4 Kegiatan Seru Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah di Luar Negeri

Sahabat TopKarir punya impian buat kuliah di luar negeri? Kamu harus coba wujudkan ya, mumpung usia masih muda, masih gampang dan semangat untuk terus belajar dan belajar. Sahabat TopKarir juga harus mengetahui ternyata kehidupan belajar ketika kamu di Indonesia dan luar negeri akan mengalami perbedaan. Perbedaan ini karena kamu bisa melaukan 4 kegiatan seru untuk mengisi masa indah kamu kuliah di luar negeri.   Berikut adalah 4 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat kuliah di luar negeri.   Belajar di perpustakaan   Kamu akan bingung jika melihat perpustakaan selalu penuh di seluruh sudut ruangan. Percayalah kuliah di luar negeri akan lebih banyak menyita waktu kamu untuk belajar di perpustakaan. Hal ini dikarenakan tugas dan tuntutan penyelesaian riset kamu harus segera diselesaikan. Kamu harus memanfaatkan waktu studi kamu dengan efisien karena kalau terlambat tentunya kamu akan menanggung konsekuensi sendiri dengan membengkaknya biaya kuliah. Hal ini dikarenakan penyelenggara beasiswa sudah menghitung biaya kuliah kamu sesuai dengan kebutuhan.   Jadi pekerja paruh waktu   Untuk menambah uang jajan, biasanya para mahasiswa Indonesia bekerja paruh waktu, mereka biasanya memiliki jatah sekitar 3- 4 jam dalam  seminggu untuk bekerja freelance. Kegiatan ini dilakukan untuk mengusir rasa bosan dan jenuh karena tinggal jauh dari orang tua.   Jelajah negara   Dalam waktu liburan singkat atau kamu yang ingin menghemat biaya untuk tidak pulang selama masa liburan, bisa melakukan aktifitas jelajah negara. Kamu bisa keliling negara yang sedang kamu diami. Selain mendapatkan foto-foto yang keren, kamu juga bisa menjadikan hal ini sebagai salah satu moodbooster . Kamu bisa melakukan hal ini disaat weekend atau masa jeda perkuliahan.   Belajar asimilasi kebudayaan   Tinggal di negeri orang tentunya ada kebudayaan baru yang belum kamu pahami. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam dan mengenal lebih jauh budaya tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui budaya setempat dan  belajar asimilasi budaya ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk kamu.   Yuk buruan apply beasiswa di luar negeri yang sesuai dengan pilihan kamu di www.topkarir.com,  supaya kamu bisa lakukan 4 hal seru diatas Sahabat TopKarir.     
Komentar