Pencari Karir Pencari Kandidat

6 Hal Penting yang Bikin CV Fresh Graduate Dilirik Perusahaan

24 Maret 2021 20:03 5167 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 3 KALI DIBAGIKAN

Melamar kerja tujuannya sudah pasti diterima dan jadi karyawan tetap, tapi nyatanya dapetin pekerjaan nggak semudah yang kita bayangkan. Selain kualifikasi yang belum tentu memenuhi ekspektasi, kompetisi memperebutkan kursi kantor juga semakin ketat.

 

Apalagi buat para fresh graduate yang kebanyakan minim pengalaman, kalau dibanding karyawan yang sudah punya jam terbang tinggi tentu akan sangat sulit bersaing.

 

Karena itu kamu harus punya modal yang kuat nih, agar lamaran kamu bisa diterima perusahaan. Berikut 7 hal yang harus ada di CV biar makin dilirik perusahaan!

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Mataram? Temukan selengkapnya di sini.

 

 

1. Kelengkapan identitas diri

Pastikan perusahaan mengenal diri kamu dengan baik ya. Ibarat pertemuan pertama kamu harus bisa mendeskripsikan identitas kamu secara jelas dan padat. Lengkapi nama, alamat tinggal, nomor telepon, email yang bisa dihubungi sampai latar belakang pendidikan.

 

2. Deskripsi diri

Nggak lupa juga tulis deskripsi singkat yang menggambarkan diri kamu ya. Tulis deskripsi diri sebanyak tiga atau empat kalimat singkat, padat dan jelas untuk menarik perhatian HRD. Kamu bisa menceritakan siapa diri kamu, pendidikan terakhir, keahlian dan tujuan dalam berkarir.

 

3. Soft skill dan hard skill

Hard skill adalah keahlian yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan, hard skill biasanya tertera pada kolom deskripsi lowongan kerja, dan jadi gambaran pekerjaan kamu nantinya.

 

Dilansir dari laman The Balance Career, hard skill bisa kamu dapat dari kelas pendidikan, pelatihan dan sertifikasi, program magang atau pekerjaan.

 

Sedangkan soft skill adalah atribut personal yang berkaitan dengan kepribadian yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan. Seperti kemampuan berkomunikasi, adaptasi, team work, leadership, problem solving dll.

 

Di dalam CV kamu harus mencantumkan keduanya, baik hard skill dan soft skill, tapi yang benar-benar kamu kuasai ya. Kalau merasa belum mempunyai keduanya, kamu bisa belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang yang kamu inginkan lewat program Pelatihan dan Sertifikasi.

 

Atau kamu juga bisa ikut pelatihan / kelas online untuk menambah wawasan dan kompetensi mu melalui fitur TopEdu.

 

TopEdu merupakan platform belajar / pelatihan online yang dikemas dalam materi video yang disampaikan langsung oleh mentor-mentor berpengalaman di bidangnya dengan cara yang santai dan seru! Kamu jadi lebih mudah menyerap ilmu dan menerapkannya.TopEdu bisa kamu temukan langsung di aplikasi TopKarir.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Kota Kupang? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Pengalaman dan prestasi

Selanjutnya jangan lupa cantumkan poin pengalaman dan prestasi yang “menjual”. Ceritakan singkat dalam bentuk poin, project apa saja yang pernah kamu ikuti semasa sekolah / kuliah. Bisa kegiatan volunteer atau keanggotaan acara kampus / komunitas.

 

Lalu tambahkan juga prestasi yang berkaitan dengan bidang kerja yang kamu pilih. Keaktifan kamu di lingkungan sosial dan pendidikan akan menjadi nilai plus lho di mata HRD.

 

5. Sisipkan link portofolio

Buat kamu yang melamar di bidang kreatif, seni, desain atau penulisan, portofolio penting banget buat dicantumkan. Dengan begitu kamu akan dianggap siap memulai kerja.

 

HRD akan melihat seberapa jauh potensi kamu untuk bisa berkembang di perusahaan lewat portofolio. Kamu bisa memanfaatkan media digital untuk menyimpan portofolio kamu juga lho.

 

Cari lowongan kerja di wilayah Ambon? Temukan selengkapnya di sini. 

 

6. Perhatikan desain dan penulisan CV

Menurut Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia hal yang juga penting untuk diperhatikan saat menulis CV adalah desain dan penulisan.

 

Desain CV sebaiknya nggak menggunakan warna yang terlalu banyak, buat lebih simple tapi tetap menarik. Jangan ada typo atau kesalahan ketik, tata bahasa dan penulisan kalimat juga harus rapi karena CV sebagai bentuk first impression kamu ke HRD.

 

Itu tadi 6 poin penting dalam pembuatan CV buat para fresh graduate. Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

 

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Menulis CV yang Baik Untuk Magang

Anak magang pasti kesulitan untuk membuat CV yang menarik  hati HRD. Sahabat TopKarir harus memiliki keahlian dalam menulis CV sesuai dengan keahlian kamu. Usahakan untuk tidak membuat riwayat pekerjaan palsu karena HRD sudah tahu kapasitas kamu sebagai calon anak magang dan membutuhkan pengalaman. Untuk itu ada bebarapa kiat untuk menulis CV ala anak magang. Jelaskan Objektivitas dengan Menarik Sebagai anak magang kamu harus membuat dan menjelaskan dengan tepat objektivitas kamu untuk ikut dalam program magang. Kamu harus menjelaskan bahwa objektivitas kamu adalah untuk memahami industri yang kamu minati lebih dalam   Ada Sertifikat Pelatihan Softskill Lampirkan Perusahaan tidak begitu saja menerima anak magang dengan softskill yang seadanya. Anak magang juga memerlukan softskill yang dibutuhkan perusahaan. Nah, masih ada waktu untuk kamu mengikuti pelatihan softskill. Jangan pernah kamu memikir biayanya mahal, karena itu adalah aset yang berharga untuk kamu dikemudian hari. Dengan adanya kapasitas kamu dalam mengikuti pelatihan maka HRD sudah pasti memberikan penilaian yang beda.   Tulis Pengalaman Organisasi atau Event yang Kamu Tangani Kamu seharusnya dalam kegiatan kampus aktif. Artinya kamu akan terbiasa untuk mengenal struktur organisasi dan  kepemimpinan. Kamu juga akhirnya terbiasa dan terlatih dalam menjalankan event kampus. Perlu dicatat, setiap perusahaan tentunya selalu mengadakan event dan mungkin perusahaan membutuhkan keahlian kamu ini.   Sediakan Portofolio Kamu Portofolio pekerjaan bisa saja menggunakan tugas kuliah kamu yang dinilai sukses. Contohnya, tulisan kamu berhasil dimuat di tajuk wacana media nasional. Lampirkan tulisan tersebut dan ini juga bisa dijadikan senjata andalan kamu pada saat interview nanti.   Minta Surat Rekomendasi Setiap mahasiswa atau pelajar sudah psti memiliki catatan dan kesan tersendiri dari pengajarnya. Untuk itu kamu bisa meminta bantuna pengajar kamu dalam hal surat rekomendasi. Surat rekomendasi biasanya menceritakan diri kamu dalam keterampilan bidang akademik. Dengan adanya tambahan surat rekomendasi maka akan semakin membuat kualitas CV kamu semakin menarik. Itulah kiat membuat CV ala anak magang. Kamu jangan pernah menyerah dalam membuat CV yang baik. Buatlah CV sesuai dengan karakter kamu, jangan pernah menjiplak CV karya teman Sahabat TopKarir ya.    
Tips Membuat CV Menarik

Tips Membuat CV Menarik

Curiculum Vitae (CV) adalah hal yang paling penting jika kamu mau melamar kerja. Hal  pertama yang diminta oleh pihak perusahaan tentu saja CV yang kamu punya, apasih CV itu? CV adalah resume atau gambaran singkat diri kamu, lewat cv inilah perusahaan akan mendapatkan first impression tentang kamu. Itu tandanya kamu harus serius dalam membuat CV, karena CV adalah salah satu usaha untunk menjual kemampuan kamu yang akan menarik perusahaan. Untuk menarik pihak perusahaan, tentu aja kamu harus membuat CV yang menarik, terus gimana sih cara membuat CV yang menarik? Yuk disimak!   Sederhana Supaya pihak perusahaan lebih mudah untuk mengetahui tentang diri kamu, buatlah CV yang sederhana dan jelas. Biasanya CV pelamar kerja yang masuk ke perusahaan sangat banyak, dan perusahaan nggak punya banyak waktu untuk membacanya. Kalau CV kamu sudah terlihat bertele-tele dan merepotkan, tentu aja pihak perusahaan nggak akan tertarik.    Desain Menarik Jangan remehkan Desain yang ada pada CV kamu, dengan desain yang menarik bisa membuat pihak perusahaan tertarik dan tidak bosan melihatnya. Desain yang menarik juga akan membuat perusahaan berfikir kamu memang niat untuk melamar kerja. Kalau kamu bingung gimana membuat desain yang menarik untuk CV kamu, nggak perlu bingung sudah banyak yang menyediakan template desain CV yang menarik dan kamu tinggal cari di mbah google lalu mendownloadnya.    Jelas dan Padat Data-data tentang diri kamu yang ada di dalam CV harus jelas dan padat, masukan nomer telpon yang bisa dihubungi, email, alamat, dan akun sosial media kamu agar pihak perusahaan bisa gampang menghubungi kamu. Kalau kamu aja susah dihubungi udah pasti pihak perusahaan jadi nggak tertarik sama kamu.   Gimana? Udah siap bikin CV yang kece dan menarik? kalau CV kamu udah ready nggak perlu nunggu-nunggu lagi, langsung aja apply ke perusahaan yang kamu mau lewat website www.topkarir.com, sekarang apply pekerjaan nggak pake ribet.
Komentar