KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Tips Pompa Semangat Kerja Saat Berpuasa

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 5502 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Bekerja di bulan puasa memang berbeda dibanding hari-hari biasa, kita harus menahan lapar dan dahaga sampai adzan Maghrib tiba. Terlebih buat kamu yang masih harus bekerja, baik yang bekerja dari rumahwork from home maupun yang berangkat ngantor, rasa haus dan lapar kadang bisa membuyarkan konsentrasi kerja alhasil rasa malas datang menggoda. Padahal puasa nggak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, justru bekerja menjadi salah satu sumber pahala. Nah, buat kamu yang merasa lesu saat bekerja di waktu puasa, ikuti tips memompa semangat kerja di bawah ini yuk! Biar hasil kerja juga tetap maksimal.

 

Waktu tidur yang cukup

Hindari begadang, selain dapat mengganggu kesehatan, waktu kerja juga bisa terganggu karena rasa kantuk yang nggak tertahan. Tidurlah lebih awal selama bulan puasa karena kamu akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan dan makan sahur, jika sudah terbiasa, di bulan-bulan berikutnya waktu tidurmu bisa lebih teratur. 

 

Jangan sampai melewatkan sahur

Sahur akan menjadi pengganti sarapan kamu, dengan makan sahur energimu akan mampu bertahan sampai adzan Maghrib berkumandang. Saat bekerja kamu juga nggak akan cepat lemas dan mengantuk. Kamu bisa mengkonsumsi menu sahur yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, pasta, roti ataupun oat agar kenyang lebih lama. Tambahkan juga dengan sumber protein lain seperti telur, keju atau daging rendah lemak agar kebutuhan energi tercukupi. Nggak lupa, imbangi dengan makan sayur dan buah untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

 

Manfaatkan jam istirahat

Kamu harus bisa memakai waktu jeda kerja untuk beristirahat, sekedar berkumpul dengan keluarga dengan bercerita, meregangkan badan atau tidur siang untuk mengembalikan energi setelah beribadah. Kalau tubuh dan pikiran sudah segar kamu jadi bisa kembali fokus bekerja.

 

Berinteraksi dengan rekan kerja

Untuk sekedar menyegarkan pikiran sesekali menyapa rekan kerjamu juga nggak masalah. Terlebih buat kamu yang masih harus kerja di rumah, rasa bosan pasti sering menghampiri, karena itu jaga interaksi dengan lingkungan sosialmu juga. Obrolan ringan berisi informasi ataupun hiburan bisa jadi penyegar dikala rutinitas kerja yang melelahkan.

 

Berpikir positif dan niatkan untuk hal baik

Biar puasa jadi lebih bermakna, lakukan pekerjaan dengan niat yang baik dan ikhlas. Berpuasa merupakan kewajiban umat Islam dan bekerja merupakan kewajiban manusia untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi keduanya harus dilakukan beriringan dengan tujuan dan niat untuk mencapai ridho-Nya. Jika bekerja dengan semangat kebaikan di bulan Ramadan, bukan nggak mungkin Allah memberikan keberkahan dan nikmat yang berlipat.

 

Itu tadi 5 tips memompa semangat kerja di bulan puasa. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar