5 Tanda Tubuh Kamu Butuh Istirahat dari Penatnya Kerja

12 MAR 2020 11:07 SEPUTAR KARIR 535 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
5 Tanda Tubuh Kamu Butuh Istirahat dari Penatnya Kerja | TopKarir.com

Rutinitas pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk berjam-jam didepan komputer sambil berpikir, membuat tubuh menjadi lelah. Namun terkadang semangat kerja dan kecintaan kamu pada pekerjaan yang kamu tekuni membuat kamu mengabaikan kesehatan. Ketahanan fisik setiap orang berbeda-beda, mungkin kamu orang yang terlihat selalu bergairah dan gak mudah lelah. Tapi perlu kamu sadari beberapa tanda fisik ini jadi peringatan kalau tubuh kamu sudah kewalahan, dan butuh istirahat.

 

Gangguan mata

Jika tubuh lelah, mata juga bisa lelah lho. Terlalu lama di depan komputer menjadikan mata berair, berdenyut, dan pandangan sedikit kabur, ini jadi tanda kalau mata kamu mulai lelah. Lepaskan pandanganmu dari layar komputer, pandanglah benda-benda jauh, misalnya pergi ke halaman kantor untuk melihat sekitar. Cara lain untuk menangani mata lelah adalah dengan sering berkedip, mengompres dengan handuk hangat, atau memeriksa kondisi mata ke dokter ketika pandangan sudah mulai terganggu. Ingat ya, mata juga butuh istirahat!

 

Sariawan dan bibir pecah-pecah

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC juga bisa bikin bibir kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya sering-sering minum air putih, sediakan botol minum di atas meja kerjamu. Atau kalau sariawan sudah terlalu serius, periksakan ke dokter dan beristirahat. 

 

Mudah emosi

Kelelahan juga mempengaruhi emosi seseorang, kamu jadi lebih sensitif. Kalau sudah emosi kinerja kamu juga akan terganggu. Ambilah waktu untuk berlibur, menyegarkan pikiran dan lupakan sejenak pekerjaan. Kembalikan energimu dengan mencari suasana dan aktivitas baru.

 

Insomnia

Pola tidur yang tidak teratur sering dialami para pekerja, karena mengorbankan waktu istirahatnya. Orang yang mengalami insomnia akan kesulitan terlelap dan mempertahankan lelapnya. Selain itu fungsi tubuh dan konsentrasi juga akan menurun. Sebaiknya mulai atur kembali jadwal tidurmu, jika sudah lelah jangan paksakan tubuh untuk terus bekerja.

 

Penurunan / kenaikan berat badan

Saat dalam kondisi lelah, tubuh mulai bereaksi secara abnormal. Hal ini akan membuat tubuh gemetar, mual, dan sulit untuk fokus. Jika kondisi ini berlangsung lama, perubahan berat badan secara drastis bisa terjadi. Karena itu jangan lupa menjaga pola makan saat bekerja ya, dan biasakan rutin berolahraga.

 

Efek dari kelelahan kerja bisa kasat mata. Karenanya kamu harus lebih peka dengan kondisi fisikmu juga ya. Jangan biarkan tubuh kelelahan, ambil waktu untuk memejamkan mata, berikan tubuhmu kesempatan beristirahat agar selalu sehat. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.