5 Resolusi Milenial Agar di 2020 Bisa Merdeka Finansial

07 JAN 2020 10:15 SEPUTAR KARIR 210 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN
5 Resolusi Milenial Agar di 2020 Bisa Merdeka Finansial | TopKarir.com

Awal tahun jadi waktu yang tepat untuk mulai memperbaiki masalah keuangan. Bagi kaum milenial, masa produktif harus dimanfaatkan untuk menyusun dan merencanakan keuangan dari sekarang. Merdeka finansial bisa dimaknai berbeda, tergantung kebutuhan. Ada yang menganggap merdeka secara finansial itu lepas dari jeratan hutang, bisa mengatur keuangan dengan baik, atau keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran. Agar di masa depan kamu bisa hidup tenang dan nyaman, kamu harus sudah merdeka secara finansial. Nah, buat kamu yang mau merdeka secara finansial di tahun 2020, kamu bisa menerapkan 5 resolusi ini.

 

 

  • Alokasikan 50% gajimu untuk kebutuhan pokok

 

Kalau sudah gajian, jangan gunakan uangnya cuma buat foya-foya. Prioritaskan 50% penghasilanmu untuk kebutuhan pokok. Nih ya, kebutuhan pokokmu itu termasuk biaya makan, listrik, air, kos buat yang ngekos, membeli peralatan mandi, bayar BPJS, dan asuransi kesehatan. Hindari untuk menambah 50% itu ya, kalau bisa kurang lebih bagus lagi.

 

 

  • Sisihkan untuk dana darurat

 

Jangan sepelekan hal yang satu ini ya. Dana darurat perlu kamu punya, ya namanya juga darurat, kamu gak akan tau kapan terjadinya. Daripada harus berhutang karena saat kejadian darurat kamu lagi gak punya uang. Setidaknya kamu harus punya dana darurat hingga 6 kali anggaran kebutuhan pokok bulananmu. Misalnya nih kamu punya gaji 5 juta, 2,5 juta dialokasikan untuk kebutuhan pokok, artinya kamu harus punya 15 juta untuk dana darurat.

 

 

  • Mulailah berinvestasi

 

Mulai sekarang buang jauh-jauh pemikiran kalau investasi itu ribet. Kamu bisa pilih tabungan emas, deposito, atau tabungan berjangka. Biarpun keuntungan dari emas gak secepat investasi lain, nilai emas jarang sekali turun. Sementara itu deposito dan tabungan berjangka bisa memberi bunga 3-6 persen per tahun. Deposito dan tabungan berjangka juga sudah dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

 

 

  • Sebelum berbelanja tanyakan pada diri “perlu gak ya?”

 

Kalau punya uang rasanya susah banget menahan keinginan untuk belanja, kalau udah ludes baru deh berasa. Mulai saat ini sebelum ngeluarin uang dari dompet lebih baik tanyakan lagi pada diri sendiri “perlu gak ya”, dengan begitu kamu bisa lebih selektif dan bijak lagi menggunakan uang.

 

 

  • Menambah sumber pendapatan

 

Kalau 4 resolusi diatas belum bisa memerdekakan finansialmu, artinya kamu perlu penghasilan tambahan. Bisa dengan mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar, atau menambah pekerjaan sebagai seorang freelancer. Selain bisa menambah penghasilan portofolio kamu juga semakin banyak.

 

 

Itu tadi 5 resolusi keuangan yang bisa membantu mencapai kemerdekaan finansial. Tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.