Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Pilihan Karir untuk Kamu yang Menguasai Bahasa Korea

24 Maret 2021 20:03 3241 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

Kepopuleran musik dan drama Korea di Tanah Air menumbuhkan minat banyak orang untuk mempelajari budaya dan Bahasa Korea. Melihat antusias generasi muda terutama, belakangan ini banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan Bahasa dan Sastra Korea, juga kemunculan lembaga pelatihan/kursus yang mengajarkan materi bahasa asal negeri Ginseng ini.

 

Kebutuhan akan tenaga kerja yang fasih berbahasa Korea juga semakin tinggi, beberapa perusahaan hiburan Korea sudah membuka cabangnya di Indonesia. Kerjasama antar kedua negara juga semakin banyak dilakukan. Melihat hal tersebut, peluang dan kesempatan karir bagi kamu yang lancar berbahasa Korea semakin beragam, untuk membantu kelancaran komunikasi dan kerjasama yang dilakukan. Nah, buat kamu yang lagi belajar atau sudah lancar Bahasa Korea berikut ini 5 pilihan karir yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Interpreter dan Penerjemah

Beberapa tahun belakangan banyak banget selebriti/idol Korea yang mengunjungi Indonesia untuk mengadakan konser, atau sekadar meet and greet. Untuk membantu komunikasi antar penonton/penggemar dengan sang idola, dibutuhkan jasa seorang interpreter. Interpreter sendiri merupakan seorang juru bahasa yang menerjemahkan bahasa lisan dari bahasa satu ke bahasa lain secara langsung dan saat itu juga atau “on the spot”. Selain itu, berbagai kegiatan pemerintahan atau kerjasama perusahaan Indonesia dengan Korea juga membutuhkan kehadiran interpreter ini.

 

Sedangkan untuk penerjemah, tugasnya adalah melakukan transfer teks dari bahasa sumber ke dalam bahasa tujuan, dengan waktu yang lebih fleksibel. Hasil pekerjaannya biasa berupa tulisan yang dimuat di media, seperti buku, penerjemah acara televisi, drama, film dan lainnya.

 

Pemandu wisata

Profesi ini cocok banget buat kamu yang hobi jalan-jalan. Dengan memanfaatkan kemampuan Bahasa Korea yang kamu punya, kamu bisa mengunjungi banyak tempat wisata, khususnya di Korea Selatan. Atau bisa juga sekaligus mengenalkan kekayaan budaya dan pariwisata Indonesia ke wisatawan Korea saat mengunjungi Indonesia.

 

Indonesia sudah banyak dikenal lho oleh masyarakat di sana, karena gencarnya promosi wisata dan banyaknya acara televisi/drama populer yang syuting di Indonesia. Saat libur musim dingin tiba, orang Korea banyak yang mengunjungi Indonesia untuk berwisata. Begitupun sebaliknya, Korea Selatan juga menjadi negara tujuan wisata orang-orang Indonesia untuk mengunjungi tempat-tempat populer. Melihat potensi wisata kedua negara, keberadaan pemandu wisata kini makin dicari-cari. Tinggal bekali pengalaman, rajin-rajin belajar kebudayaan dan mengasah kemampuan bahasa.

 

Penulis

Pilihan karir lainnya buat kamu yang lancar berbahasa Korea adalah sebagai penulis, terlebih kalau kamu sudah menguasai linguistik dan teknik penulisan. Kamu bisa menjadi seorang penulis novel/cerita fiksi, penulis kreatif, atau penulis konten. Kamu bisa mulai mengasah kemampuan menulismu dengan mengikuti program magang, menjadi freelancer, atau rajin menulis di blog pribadi. 

 

Pengajar

Kalau kamu punya latar belakang pendidikan Bahasa/Sastra Korea menjadi pengajar bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa menambah pengalaman mengajar dengan menjadi guru les, mentoring, atau menjadi relawan pengajar.

 

Buat kamu yang mau jadi guru di sekolah, setidaknya kamu harus menempuh pendidikan keguruan. Sementara, untuk menjadi dosen Bahasa/Sastra Korea, kamu perlu menyandang gelar master atau doktor. Menjamurnya lembaga pelatihan dan mentoring juga jadi kesempatan kamu untuk berkarir sebagai pengajar Bahasa Korea. 

 

Staf kedutaan besar

Pilihan karir berikutnya buat kamu yang lulusan/menguasai Bahasa Korea adalah bekerja sebagai staff di Kedutaan Besar Korea Selatan yang ada di Indonesia. Kemampuan berbahasa Korea yang kamu punya tentunya akan menjadi nilai plus ketika kamu melamar kerja.

 

Selain kemampuan bahasa, kamu juga perlu memiliki pengalaman dan kompetensi sesuai bidang pekerjaan di kedubes tersebut. Kamu bisa mencoba mengikuti program internship terlebih dulu untuk mengenal pekerjaan dan lingkungan kerja yang ada.

 

Itu tadi 5 pilihan profesi buat kamu yang menguasai Bahasa Korea. Nah, bahasa memang menarik untuk dipelajari, terlebih Bahasa Korea yang sekarang ini populer akibat demam Korean Wave beberapa tahun belakangan. Buat yang tertarik belajar Bahasa Korea tapi bingung menemukan metode belajar dan tutor yang tepat, TopEdu punya pelatihan khusus yang bisa kamu ikuti. Yuk, mulai belajar Bahasa Korea di sini, dan temukan materi pelatihan lain yang bermanfaat untuk pengembangan karir kamu!

 

Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Gunakan Imajinasimu Untuk Menghadapi Momen Interview Kamu

Gunakan Imajinasimu Untuk Menghadapi Momen Interview Kamu

Pernah merasa bosan saat berkali-kali mengikuti interview tanpa hasil? Atau merasa takut dan deg-degan saat akan menghadiri interview pertama kamu? Jangan biarkan rasa ‘negatif’ itu merusak interview kamu yang berharga, padahal kamu sudah mempersiapkan segalanya dengan sunguh-sungguh. Coba bayangkan pengalaman interview kamu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Anggap saja interview itu, kamu:   Sedang Piknik Tips ini berlaku saat kamu datang interview bersamaan dengan beberapa kandidat lainnya selain kamu. Anggap saja ruang tunggu di kantor tempat kamu akan interview sebagai lokasi piknik kamu. Bawalah cemilan dan minuman kesukaan kamu yang bisa kamu konsumsi sambil menunggu giliran interview kamu. Jangan lupa bawa juga buku atau novel favorit kamu ya.   Sedang Study Tour Anggap perusahaan yang kamu datangi sebagai museum tempat study tour kamu. Perhatikanlah setiap detail yang kamu temui saat menuju ruang HRD. Kalau perlu, bawa buku catatan dan catatlah hal-hal yang kamu anggap penting. Mungkin nanti informasi-informasi yang kamu catat tersebut, akan membantu kamu saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pihak interviewer.   Sedang Main Kerumah Teman Hal ini udah pasti sering kamu lakukan. Kamu pasti akan merasa santai saat main ke rumah teman kamu, kan?! Lakukanlah hal yang sama saat datang interview. Anggap saja HRD perusahaan yang akan menginterview kamu itu teman kamu. Kamu bisa mengganggap proses interview sebagai momen ‘ngobrol’ kamu dengan temanmu. Siapa tau mungkin nanti HRD memang akan jadi teman di kemudian hari.   Sedang Jalan-Jalan Buat kamu yang senang jalan-jalan, baik itu jalan ke mall ataupun ke tempat wisata. Lakukanlah hal yang seperti saat kamu sedang jalan-jalan. Nikmatilah perjalanan kamu menuju perusahaan tempat kamu interview. Perhatikanlah sekeliling kamu selama perjalanan, seolah-olah ini pertama kalinya kamu melewati jalan tersebut (ya meski sebenarnya kamu sudah ribuan kali lewat jalan itu). Perhatian gedung serta berbagai sudut ruangan dari kantor tersebut, seperti halnya kamu pertama kali dapat ke sebuah tempat wisata. Tentu saja, hal ini dapat membuat kamu lebih santai dan mengurangi ketegangan kamu.   Sedang Melamar Pacar Kamu Buat kamu para cowo, anggaplah ini ajang kamu bertemu dengan calon mertua untuk melamar pacar kamu tercinta. Pastinya kamu akan melakukan hal tersebut dengan meyakinkan dan percaya diri,, namun tetap dengan pembawaan santai kan?! Apapun pasti akan kamu lakukan demi sang pacar tercinta tentunya.     Jadi Sabahat Topkarir, buatlah pengalaman interview sebagai hal yang menyenangkan. Karena saat kamu melakukan sesuatu dengan hati dan pikiran ‘positif’, yakinlah kamu ada mendapatkan hasil yang positif juga.   Oleh : Yudha Prawira
Komentar