Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Pekerjaan Marketing Era Milenial

24 Maret 2021 20:03 3887 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Kecenderungan generasi mudah saat ini yang gak bisa lepas dari perangkat digital membuka peluang bagi para pelaku pemasaran. Memasarkan produk kini jauh lebih mudah dan jangkauannya bisa semakin luas. Selain mengutamakan kualitas, dibutuhkan juga strategi konten marketing yang mendukung sebuah produk agar lebih dikenal. Kebutuhan ini membuka peluang jenis-jenis pekerjaan marketing jaman sekarang. Apa saja pekerjaan itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

  • Social media specialist

 

Kegiatan berselancar di media sosial sudah biasa dilakukan generasi milenial. Kegiatan marketing lewat media sosial menjadi pilihan yang efektif, selain gratis jangkauannya juga lebih luas. Tugas seorang social media specialist yakni merancang strategi pemasaran, menganalisis tren pasar, dan mengidentifikasi penggunaan media sosial yang tepat untuk produk yang ditawarkan.

 

 

  • Copywriter

 

Tugas copywriter berkaitan dengan merancang pesan persuasif yang sesuai dengan target pasar. Jadi copywriter harus pandai merancang kata yang efektif agar konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan. Beberapa pekerjaan copywriter diantaranya membuat tagline sebagai identitas produk, dan membuat story line untuk kebutuhan konten video.

 

 

  • Account executive

 

Seorang AE dituntut untuk mempunyai kemampuan verbal yang baik, sebab tugasnya adalah bertemu dengan klien. AE akan bernegosiasi dan menentukan dealing demi keuntungan perusahaan. Gimana? Mau mengasah kemampuan komunikasimu sebagai account executive?

 

 

  • Content writer

 

Beberapa tahun belakangan ini pasti kamu sering banget lihat lowongan kerja bagian content writer. Content writer bertanggung jawab untuk merancang strategi konten lewat beragam media dengan tujuan mengenalkan dan mempromosikan produk. Buat kamu yang ngaku kreatif, content writer bisa jadi pilihan nih.

 

 

  • Graphic designer

 

Tampilan visual menjadi konten yang paling diminati terutama bagi generasi Y dan Z. Apapun software yang dipakai kamu bisa menciptakan karya yang bagus. Apalagi dalam dunia marketing, pekerjaan ini akan semakin dibutuhkan untuk memberikan pengalaman visual yang menarik pada konsumen.

 


Itu tadi 5 pekerjaan marketing di era milenial saat ini. Ranah marketing kedepannya akan semakin berkembang, jadi apa kamu sudah menentukan pilihan karir kamu sekarang? Sesuaikan dengan passion kamu ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya.

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Tekanan Pekerjaan Adalah Pelajaran Berharga Untuk Generasi Milenial

Menghadapi tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Hal ini dikarenakan secara karakteristik generasi milenial memiliki keunikan tersendiri dalam hal pekerjaan. Mulai dari kebiasaan hidup bergantung dengan sosial media hingga selalu pergi hangout selepas pulang kerja. Seharusnya sadar bahwa tekanan pekerjaan adalah pelajaran berharga untuk generasi milenial. Berikut adalah alasan mengapa tekanan pekerjaan mampu menjadi pelajaran berharga   Mampu Menjadi Pribadi yang Kuat   Kamu harus menyadari sebagai entry level masih banyak yang harus dipelajari. Jika dianalogikan kamu sebagai lembaran kertas putih yang harus setiap saat dituangkan tinta. Artinya kamu sebagai individu yang belum memahami industri dan siap menjadi ekspertise dalam industri.   Jiwa yang Sabar Dalam Segala Hal   Kamu sangat cocok untuk mendapatkan tekanan pekerjaan. Fungsinya adalah untuk menjadikan kamu individu yang memiliki jiwa yang sabar. Jangan pernah melawan tekanan pekerjaan, ikutilah layaknya arus air mengalir. Tanpa tantangan, tidak akan terbentuk jiwa yang sabar.   Mampu Keluar Dari Zona Nyaman   Kamu akan merasakan sebuah proses keluar dari zona nyaman kamu. Sebenarnya proses tekanan pekerjaan merupakan therapy shocked  yang diberikan agar menjadi pribadi yang baru dan mampu menemukan ritme pekerjaan sesungguhnya.   Belajar Time Management   Kamu tentunya akan semakin lihai dalam menyusun waktu. Tekanan pekerjaan biasanya mengarah terhadap efektif dan efisiensi dalam penggunaan waktu. Dengan ini kamu mampu mengatur waktu dengan baik untuk memulai seluruh pekerjaan yang akan kamu kerjakan   Mengajak Kamu Berpikir Positif   Dalam menghadapi tekanan pekerjaan, alangkah baiknya kamu menghadapinya dengan memiliki pemikiran yang positif. Artinya kamu dapat menerimanya tanpa ada keluhan dan berpikiran negatif tentang sikap atasan kamu. Dengan selalu berpikir positif kamu bisa menerapkan dalam segala hal.   Mampu Beradaptasi dan Berkoordinasi   Dengan adanya tekanan pekerjaan kamu juga belajar dan mampu untuk beradaptasi sekaligus berkoordinasi dengan teman kerja. Apalagi sistem pekerjaan kamu saling berkaitan dengan divisi yang satu dengan divisi yang lainnya. Dengan ini kamu juga akan mampu menjalin hubungan baik dengan teman kerja.     
Komentar