Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Manfaat Mengikuti Acara Webinar untuk Karir Kamu

25 Maret 2021 11:03 17528 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Webinar, istilah ini makin sering nih kita dengar. Tiap kali buka media sosial, poster webinar berseliweran, materi yang diangkat juga sangat beragam. Webinar sendiri diartikan sebagai web based seminar atau seminar yang berbasis internet.

 

Di situasi yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak sosial, webinar menjadi alternatif belajar dan pelatihan berbasis online yang peserta dan narasumbernya nggak perlu bertemu secara langsung. Terlebih banyak banget webinar yang diadakan secara cuma-cuma alias gratis, cuma butuh laptop dan notes untuk mencatat materi webinar.

 

Tentu, adanya webinar ini harus bisa dimanfaatkan untuk memperluas pengetahuan yang terus berkembang. Apalagi buat kamu yang lagi mempersiapkan karir, banyak manfaat positif yang bisa kamu ambil jika mengikuti acara webinar. Apa aja ya manfaatnya? Yuk simak ulasan lengkapnya.

 

Memperdalam wawasan di berbagai bidang

Webinar mengangkat berbagai topik yang menarik tanpa syarat peserta harus berasal dari bidang tertentu. Alhasil, kamu bisa mengikuti berbagai webinar dengan materi yang berbeda-beda.

 

Saat ini industri membutuhkan pekerja yang spesifik pada satu bidang, tapi nggak ada salahnya juga memahami dasar bidang lain. Lewat webinar kamu bisa memperluas wawasan keilmuan yang bisa diterapkan dan bermanfaat buat kehidupan karir.

 

Menghemat waktu dan pengeluaran

Mengikuti acara webinar menjadi alternatif kegiatan belajar yang fleksibel. Tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak waktu dan biaya, kamu sudah bisa mendapat materi lewat siaran online. Pastinya bikin kamu punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan aktivitas produktif lain.

 

Beberapa webinar bisa disaksikan lagi siaran ulangnya, jadi kalau kamu ketinggalan webinar langsung, kamu bisa mengikutinya di lain waktu. Sekarang akses belajar makin gampang, kan? Modal kuota internet dan perangkat digital kamu udah bisa belajar sambil rebahan.

 

E-sertifikat yang mendukung karir

Beberapa webinar juga menyediakan e-sertifikat untuk para peserta. Sertifikat pelatihan dan seminar dibutuhkan untuk masuk ke dunia kerja. E-sertifikat akan menjadi bukti, juga nilai tambah saat melamar kerja, kamu akan dinilai memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang bidang tersebut.

 

Namun nggak semua e-sertifikat harus dilampirkan saat melamar pekerjaan ya. Pilih yang sekiranya berhubungan dengan bidang kerja yang kamu lamar. Perlu diingat juga, e-sertifikat dari webinar hanya tambahan, yang terpenting kamu benar-benar memahami materi webinar dengan baik.

 

Memperluas jaringan

Dalam sesi webinar, kamu akan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk berinteraksi dan memperluas koneksi. Beberapa webinar seperti webinar dari Program APINDO UMKM Akademi bisa memberikanmu akses untuk bergabung menjadi anggota APINDO UMKM. Disana kamu bisa bertemu dengan pelaku UMKM lain dan para pakar di bidang usaha yang berpengalaman.

 

Kesempatan sharing dan diskusi dengan pakar ternama

Webinar seringkali diisi oleh pemateri/narasumber berpengalaman di suatu bidang yang selain berkompeten juga punya nama. Saat webinar tersebut memberikan sesi diskusi/QnA, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk bertanya dan sharing langsung dengan pakarnya.

 

Itu tadi beberapa ulasan manfaat webinar untuk karir kamu. Informasi seputar webinar dengan topik pembahasan yang up to date di era industri sekarang ini bisa kamu ikuti Instagram TopKarir @topkaririndonesia. Temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store ya!

Artikel Terkait
Lihat Selengkapnya
Webinar Mencetak Pahlawan Ekonomi, UMKM yang Berkarakter Bangsa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Webinar Mencetak Pahlawan Ekonomi, UMKM yang Berkarakter Bangsa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Di tahun 1998 Indonesia dihantam badai krisis moneter, saat itu UMKM mampu menjadi penyelamat ekonomi dengan keberhasilan menambah devisa lewat peningkatan ekspor dan menyerap 64,31 juta tenaga kerja. Di tahun 2008 saat Indonesia ikut terseret krisis keuangan global, lagi-lagi UMKM mampu berkontribusi besar bagi ketahanan ekonomi nasional. Namun di tahun 2020 ini, saat wabah virus corona menyebar secara global, UMKM menjadi sektor paling awal yang terkena dampak.   Daya beli masyarakat menurun, belum lagi pembatasan sosial berskala besar yang membuat UMKM sulit bergerak. Era adaptasi kebiasaan baru menjadi harapan bagi para pelaku UMKM untuk kembali bangkit menghadapi krisis dan mengulang sejarah sebagai pahlawan yang menyelamatkan denyut perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, UMKM membutuhkan bimbingan dan arahan guna menyusun strategi, memperkuat karakter kebangsaan, mampu memanfaatkan teknologi dan beradaptasi di tengah perubahan.   Dalam kapasitas IKAL Komisariat Provinsi Jatim yang berfungsi sebagai wadah perhimpuan para anggota untuk mengembangkan potensi dan pemikiran dalam pemecahan masalah aktual bangsa, memandang penting untuk membuat sebuah kegiatan diskusi kritis terkait upaya “Mencetak Pahlawan Ekonomi, UMKM yang Berkarakter Bangsa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”. Lantaran itu IKAL Komisariat Provinsi Jawa Timur merencanakan kegiatan WEBINAR Penguatan UMKM 2020.       Keynote Speaker : Teten Masduki - Menteri Koperasi dan UKM RI   Pembuka Acara : Rachmat Harsono   Narasumber : Ronald Walla – Ketua Bidang UMKM / IKM APINDO Mas Purnomo Hadi, MM - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Supomo - Direktur Utama LPDB Laksda TNI (Purn) Dicky Yunianto - Lemhannas RI Raka Bagus - CEO Ladang Lima   Moderator : Dr. Arif Budiman – Dekan FE Uwika Surabaya _   Catat Tanggalnya Rabu, 14 Oktober 2020 Pukul 15.00-17.00 WIB Live on Zoom & TopKarir   Link Registration https://bit.ly/daftarUMKM-akademi   GRATIS!!!!   Buat kamu yang hadir dalam acara akan mendapatkan E-Sertifikat Ilmu Kewirausahaan Relasi
Komentar