5 Cara Mudah Mendapatkan Proyek Kerja Freelance Buat Pemula | TopKarir.com

5 Cara Mudah Mendapatkan Proyek Kerja Freelance Buat Pemula

5 Cara Mudah Mendapatkan Proyek Kerja Freelance Buat Pemula | TopKarir.com
22 FEB 2021 12:43 SEPUTAR KARIR 516 KALI DI BACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Profesi freelance semakin hari kian digandrungi. Apalagi kalau bukan karena fleksibilitas waktu dan tempat kerja yang diberikan bikin profesi satu tak lagi sekedar jadi pekerjaan sampingan.

 

Bagi kamu yang baru akan terjun ke dunia freelance tentu bertanya-tanya bagaimana seorang freelancer bisa mendapatkan pekerjaan. Sebagian freelancer yang telah memiliki banyak koneksi mungkin tidak terlalu sulit mendapatkan proyek. Lalu, bagaimana dengan mereka yang masih minim pengalaman seperti fresh graduate?

 

Baca Juga: Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Bekerja Freelance

 

Cara Mudah Mendapatkan Proyek Kerja Freelance

 

Di luar waktu dan tempat kerja yang fleksibel, bekerja freelance boleh dibilang gampang-gampang susah. Ya, menjadi pekerja lepas artinya kamu harus siap bekerja secara mandiri dan menggantungkan nasib pada dirimu sendiri.

 

Tidak ada atasan yang akan memberikan proyek kerja untukmu secara rutin. Namun, kondisi ini sebaiknya jangan membuatmu jadi takut untuk bekerja freelance.

 

TopKarir punya beberapa tips untuk mendapatkan proyek kerja freelance bagi para pemula. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

1. Bangun Personal Branding

 

Seperti yang telah disebutkan di atas, seorang freelancer menggantungkan nasib pada dirinya sendiri. Untuk itu, memiliki personal branding yang kuat adalah kunci utama menjadi pekerja lepas.

 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding. Salah satunya yakni memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, LinkedIn, atau Twitter. 

Perbarui profil akun media sosial milikmu, tuliskan di kolom deskripsi kamu adalah seorang freelancer. Cantumkan link portofolio onlinemu bisa jadi nilai plus. 

 

2. Buat Portofolio Online

 

Di era digital seperti sekarang sudah banyak platform dan website yang menyediakan fasilitas arsip. Atau kamu bisa memanfaatkan blog untuk memamerkan hasil karyamu seperti tulisan, gambar dan lainnya.

 

Portofoliomu ini akan menjadi bahan pertimbangan utama klien saat hendak mempekerjakan seorang freelancer. Mereka tentu tidak ingin mengambil risiko di kemudian hari jika ternyata mendapat pekerja freelance yang tidak mumpuni dalam bidangnya.

 

Baca Juga: 7 Pekerjaan Freelance dengan Penghasilan Tinggi

 

3. Bangun Jaringan Seluas Mungkin

 

Walau tidak bisa mengandalkan orang lain, setidaknya jangan lupa membangun relasi seluas mungkin. Tidak sedikit freelancer yang mendapatkan kerja pertama mereka dari orang-orang terdekat.

 

Kamu bisa menawarkan hasil kerjamu ke teman, keluarga, tetangga atau kolega kerja. Jika bukan mereka yang mempekerjakanmu, bisa jadi mereka akan membantumu mendapatkan klien dari mulut ke mulut. Untuk itu, jalin komunikasi dan silaturahmi yang baik dengan siapapun.

 

4. Bergabung dengan Komunitas Freelancer

 

Selain orang-orang terdekat, cara lain untuk memperluas jaringan adalah dengan bergabung di komunitas freelancer. Kamu bisa menemukannya di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

 

Di sana kamu bisa belajar dari freelancer lain yang mungkin sudah lebih berpengalaman. Tidak menutup kemungkinan relasimu dengan pekerja lepas lainnya akan mendatangkan proyek kerja untukmu.

 

Baca Juga: Strategi Mempekerjakan Karyawan Freelance

 

5. Mencari Lowongan Kerja Freelance

 

Jangan khawatir kesulitan mencari kerja ketika menjadi pekerja lepas. Karena kini sudah banyak wadah yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk para freelance, salah satunya TopKarir.

 

Untuk mendapatkan proyek freelance yang diinginkan kamu harus lebih dulu mengunduh aplikasi TopKarir di ponselmu. Setelah itu, isi profil sampai lengkap 100%.

 

Selanjutnya pilih kolom freelance dan klik “lihat akun”. Isi kolom 'Tentang Saya' dengan deskripsi diri semenarik mungkin. Mulai dari passion, kelebihan, pengalaman hingga keterampilanmu agar perusahaan atau calon klien bisa mengenali dirimu.

 

Di kolom 'Keahlian' pilih beberapa keahlian yang kamu miliki dan kuasai untuk meningkatkan kepercayaan calon klien padamu. Untuk semakin meyakinkan perusahaan dan calon klien, tambahkan hasil karya atau portofoliomu di kolom yang sudah tersedia.

 

Jika semua sudah lengkap, kamu dapat dengan mudah melamar proyek yang sesuai di TopKarir Freelance. Daftar di TopKarir Freelance  sekarang juga!

 


  • Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.